Nihi Sumba
Travel

Yuk, Intip 8 Green Hotel di Indonesia Ini

Ni Luh Anggela
Senin, 5 Juli 2021 - 20:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Meski belum bisa bepergian dikarenakan tingginya kasus corona virus di Indonesia, tidak ada salahnya untuk sekedar melihat-lihat atau mencari informasi seputar tempat penginapan.

Selain bisa menambah referensi saat akan berlibur (tentunya jika pandemi sudah berakhir), Anda juga bisa menghibur diri dengan melihat-lihat keunikan dari tempat penginapan tersebut.
 
Jika Anda bosan dengan konsep tempat penginapan yang itu-itu saja, Anda perlu sesekali mencoba sensasi menginap di green hotel. Green hotel atau eco hotel merupakan hotel atau akomodasi ramah lingkungan yang telah melakukan perbaikan lingkungan penting pada strukturnya untuk meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan alam.
 
Selain mengusung konsep ramah lingkungan dan kelestarian lingkungan, biasanya green hotel memiliki suasana lingkungan yang asri, menggunakan bahan baku yang dapat di daur ulang, hemat energi  dan juga sudah didukung dengan pengelolaan limbah yang baik.
 
Apabila Anda tertarik, berikut delapan hotel berkonsep ramah lingkungan yang ada di Indonesia, seperti dilansir dari Indonesia Travel.
 
1. Hyatt Regency Yogyakarta

Hyatt Regency Yogyakarta adalah salah satu hotel di Indonesia yang sudah mengantongi banyak penghargaan, salah satunya adalah ASEAN Green Hotel Standard Award pada tahun 2018. Suasana yang ditawarkan hotel bintang lima ini begitu asri, ditambah dengan kehadiran lapangan golf dan kebun seluas 22 hektar. Pemandangannya kian lengkap dengan latar belakang Gunung Merapi. Selain pemandangan yang memanjakan mata, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti pusat kebugaran, spa dan juga sauna.
 
2. Kamojang Green Hotel & Resort Garut, Jawa Barat

Anda ingin mendapatkan pengalaman menginap di hotel yang menyuguhkan suasana pedesaan? Kamojang Green Hotel bisa menjadi pilihan yang tepat. Di hotel yang terletak di Garut, Anda akan merasakan sensasi menginap di cottage yang terletak di tengah danau dengan latar belakang pegunungan yang menjulang tinggi. Seluruh bangunan hotel dibuat dari material kayu yang didesain sedemikian rupa, sehingga menghasilkan sebuah penginapan yang cantik dan ramah lingkungan. Udara di dalam penginapan akan terasa lebih hangat di malam hari karena didominasi oleh material kayu.
 
3. Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta

Satu lagi rekomendasi green hotel di Yogyakarta, yaitu Greenhost Boutique Hotel. Selama berada di sini, Anda akan dimanjakan dengan aneka tanaman hidroponik yang dibuat berderet secara vertikal. Fasilitas yang ada di hotel ini juga sangat menarik. Bagaimana tidak, sebanyak 96 kamar menghadirkan suasana yang terasa berbeda berkat sentuhan artsy para seniman. Selain itu hotel ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti akses internet, kolam renang, pusat kebugaran dan masih banyak lagi.
 
4. Alila Villa Uluwatu, Bali

Alila Villa Uluwatu menjadi resor Indonesia pertama yang mendapatkan sertifikat dari Green globe dalam kategori Environmentally Sustainable Design berkat penerapan Alila Zero Waste to Landfill. Konsep tersebut merupakan bentuk komitmen Alila untuk berusaha semaksimal mungkin dalam mengelola limbah agar tidak merusak lingkungan di sekitar hotel. Resor ini juga meminimalisasi penggunaan listrik dengan cara memaksimalkan pencahayaan dan ventilasi secara alami.
 
Tidak hanya ramah lingkungan, resor yang terletak di Bali ini juga mampu memanjakan Anda dengan berbagai fasilitas istimewa yang dimiliki. Sebut saja fasilitas private pool di setiap kamar, fasilitas spa dan pemandangan ke lautan lepas. Ketika matahari terbenam, Anda bisa bersantai dengan menikmati pemandangan lembayung senja di Sunset Cabana Bar.
 
5. Kila Senggigi Beach, Lombok

Anda bisa menikmati keindahan pantai Senggigi dengan menginap di Kila Senggigi Beach. Hotel ini merupakan nominasi Green Hotel Award pada tahun 2017 dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Berbeda dengan hotel kebanyakan yang berbentuk gedung-gedung yang menjulang tinggi, Kila Senggigi justru berbentuk bungalow sederhana. Meski berbentuk bungalow sederhana, pemandangan yang ditawarkan mampu membuat Anda betah berlama-lama di sana. Kamar-kamar yang langsung menghadap ke arah taman dan lautan lepas, semakin membuat Anda tidak ingin kembali.
 
6. Alila Solo, Jawa Tengah

Ketika Anda menginap di Alila Solo, Anda akan menemukan atap hotel yang dipenuhi oleh tanaman atau sering disebut green roof. Desain dan interior kamar yang modern minimalis serta penggunaan fasilitas elektronik yang hemat energi, hotel ini pasti nyaman untuk Anda.
 
7. Mercure Resort Sanur, Bali

Mercure Resort Sanur mungkin bisa menjadi pilihan menginap bagi Anda yang ingin berlibur di Bali. Resor ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk Anda yang ingin berjemur dan bersantai di pantai pribadi. Karena mengusung konsep hotel yang ramah lingkungan, tidak heran jika nanti selama Anda berada di sini, Anda akan menemukan banyak ruang terbuka hijau yang luas. Menariknya lagi, atap resor ini terbuat dari alang-alang sehingga saat siang hari, suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk dan pada malam hari akan terasa lebih hangat.
 
8. Nihi Sumba, Nusa Tenggara Timur

Berada di tanah seluas 530 hektar yang berisi 33 billa, resor mewah ini mengusung tema kembali ke alam dan dibuat sealami mungkin. Dibangun di atas tebing dengan konsep villa tiga kamar berbentuk rumah pohon, resor ini sudah dilengkapi dengan kolam renang pribadi dengan pemandangan menghadap ke lautan lepas.
 
Nihi Sumba pernah menyabet gelar sebagai Hotel Terbaik di Dunia versi majalah Travel Leisure dua tahun berturut-turut yakni pada tahun 2016 dan 2017. Uniknya lagi, Anda akan diajak untuk melakukan kegiatan sosial di sekitar area hotel untuk membantu masyarakat lokal ketika menginap di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro