Pantai Patong, Phuket. /Reuters
Travel

Thailand Buka Program Phuket Sandbox : Wisata Tanpa Karantina!

Ni Luh Anggela
Jumat, 2 Juli 2021 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Pariwisata Thailand telah mengirimkan surat kepada orang-orang di industri pariwisata yang mengatakan bahwa Phuket dibuka untuk turis asing yang divaksinasi mulai 1 Juli.

Wisatawan tidak perlu melakukan karantina tetapi harus tinggal di Phuket setidaknya selama 14 hari dan selanjutnya diperbolehkan mengunjungi  destinasi lain yang ada di Thailand.

Dinamai Phuket Sandbox,program ini terbuka untuk pengunjung dari 63 negara dan tiga wilayah, termasuk AS, yang tinggal selama dua minggu. Menurut Otoritas Pariwisata Thailand, wisatawan harus siap dengan Sertifikat Masuk yang dikeluarkan oleh Kedutaan/Konsulat Thailand dan bukti asuransi hingga US$100.000 yang akan mencakup perawatan Covid-19.

Mengutip laman Thai Embassy, Jumat (2/7/2021), Asuransi Covid-19 menjadi persyaratan wajib bagi para pelancong. Ini bertindak sebagai tingkat keamanan lain untuk memastikan bahwa Anda dapat menutupi semua biaya jika Anda didiagnosis dengan Covid-19 selama Anda tinggal di Thailand.

Wisatawan juga harus telah divaksinasi lengkap setidaknya 14 hari sebelum mereka tiba di Phuket dan mereka harus memiliki tes Covid-19 negatif yang diambil dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Melansir Travel + Leisure, Jumat (2/7/2021), setelah masuk ke Thailand, pengunjung harus kembali mengikuti tes Covid-19 dan akan diminta untuk mengambil dua tes lagi selama mereka tinggal di Phuket. Semua masa inap harus di hotel SHA+ ( yang disetujui di mana staf divaksinasi Covid-19). Wisatawan juga harus menginstal aplikasi Thailand Plus dan Morchana ke ponsel mereka untuk pelacakan kesehatan dan lokasi.

Meskipun banyak orang di Phuket yang ingin memulai kembali sektor pariwisata, tidak semuanya akan langsung buka saat program diluncurkan.

Setelah periode 14 hari, pengunjung kemudian diizinkan untuk bepergian ke seluruh Thailand di bawah batasan yang sama yang saat ini berlaku untuk penduduk Thailand.

Perlu dicatat bahwa Anda harus terbang ke Phuket dari luar negeri dan tidak diizinkan untuk melakukan transit di Bangkok. Jika Anda tinggal di Phuket kurang dari 14 hari, Anda harus terbang dari Phuket ke tujuan internasional.

Saat ini, maskapai tertentu diizinkan untuk mengoperasikan semi-komersial ke Thailand. Maskapai seperti British, Cathay, Qatar, Emirates, Etihad, THAI dan Singapore Airlines mengoperasikan penerbangan ke Phuket setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro