Kondisi jalan di Islandia/therichest
Travel

Islandia Jadi Negara Eropa Pertama yang Copot Protokol Kesehatan, Mulai Hari Ini

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 1 Juli 2021 - 11:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Islandia menjadi negara pertama di Eropa yang mencopot semua pembatasan usai penanganan pandemi Covid-19.

Negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa tersebut menyatakan hal itu karena keberhasilan program vaksinasi dan prinsip panduan tes, pelacakan, karantina, dan isolasi yang mereka terapkan dalam penanganannya.

Keberhasilan tersebut membuatnya menjadi negara pertama di Eropa yang membatalkan semua pembatasan pada Sabtu (26/6/2021).

Dilansir dari lonelyplanet, Kamis (1/6/2021) jarak sosial, pemakaian masker, dan pembatasan pada pertemuan dan jam operasional telah dibebaskan.

Hal itu menyusul diumumkannya 87 persen dari populasi orang dewasa telah menerima setidaknya satu dosis vaksin di Islandia. Dan sekitar 60 persen telah divaksinasi sepenuhnya.

Menteri Kesehatan Islandia, Svandís Svavarsdóttir mengatakan, komunikasi yang terus-menerus dan jujur antara masyarakat dan ilmuwan tepercaya telah berkontribusi besar.

“Dan juga peran penduduk dalam upaya meminimalkan bahaya pandemi," ujarnya.

Svavarsdóttir juga mengatakan negara tersebut tetap fokus waspada, tanpa meremehkan atau melebih-lebihkan risikonya.

Pelonggaran pembatasan protokol kesehatan itu mulai berlaku hari ini, 1 Juli 2021.

Bagai para wisatawan yang menunjukkan sertifikat vaksinasi digital atau kertas yang disetujui dari negara mana pun kini dibebaskan masuk negaranya.

Wisatawan yang masuk bebas dari menjalani pemeriksaan atau tes virus saat tiba di negara tersebut.

Anak-anak di bawah 16 tahun dan pelancong yang dapat menunjukkan bukti pemulihan Covid-19 atau surat sehat juga bebas masuk ke Islandia tanpa harus menyerahkan hasil tes negatif. Dan mereka tidak harus menjalani pemeriksaan atau karantina.

Pelancong yang tidak divaksinasi masih akan diminta untuk menjalani pengujian dan karantina lima hari saat memasuki negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro