Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Kota Unik Paling Penuh Warna di Asia, Termasuk Kampung Pelangi Indonesia

Di Asia, ada 9 kota unik yang penuh warna dan menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Kampung Pelangi di Indonesia.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 01 Juli 2021  |  14:25 WIB
9 Kota Unik Paling Penuh Warna di Asia, Termasuk Kampung Pelangi Indonesia
Kampung Pelangi Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Setiap tempat atau wilayah pada setiap negara memiliki daya pikatnya tersendiri. Begitu juga dengan rangkaian kota atau tempat yang memancarkan warna-warna yang indah.

Karena begitu berwarna, kota-kota tersebut menjadi tampak mencolok dan terkenal di negaranya.

Melansir dari travelawaits, Kamis (1/6/2021) berikut adalah kota-kota paling berwarna di Asia:

1. Hoi An - Vietnam

Hoi An adalah salah satu tempat tercantik di Vietnam, dan tak perlu diragukan lagi. Arsitektur di kota Hoi An adalah percampuran dari Jepang, Prancis, Cina, dan Vietnam. Setiap gaya design sangat berbeda satu sama lainnya, tetapi mereka bekerja dengan sangat baik agar semua terlihat bersama.

Kota ini terletak di sepanjang muara sungai yang lambat namun bercabang, dan hanya beberapa mil dari pantai yang menakjubkan di sepanjang Laut Cina Selatan.

Tak hanya sebagian besar rumah di kota ituyang berwarna-warni, lentera yang mengantung di kota juga menjadikan tempat ini luar biasa penuh warna, dan sangat ajaib.

Lentera diperkenalkan ke Hoi An pada abad ke-16 oleh Jepang, dan penduduk setempat sejak itu membuat produksi dan desain lentera menjadi sebuah bentuk seni.

Di sepanjang sungai, kota ini diterangi dengan lentera warna-warni, menghasilkan suasana yang benar-benar unik.

Tips : Di malam hari, seberangi Sungai Thu Bon dari kota tua melalui Bridge of Lights ke pasar malam di pulau An Hoi di sungai. Temukan restoran lokal kecil yang menghadap ke tepi sungai dan nikmati warna-warni di sekitar Anda.

2. Jodhpur - India

Jika Anda ke India, jangan lupa berhenti di Benteng Mehrangarh. Dari bangunan yang megah itu dapat memandang kota Jodhpur yang terbentang di bawahnya.

Mata Anda akan disajikan sebuah pemandangan kota berwarna biru. Begitu banyak rumah yang dicat dengan warna biru lembut, sehingga keseluruhan kota seakan menyatu menjadi satu awan biru.

3. Jaipur, India

Jika Jodhpur adalah kota biru India, Jaipur adalah kota merah muda India. Kota Jaipur telah disebut-sebut sebagai tujuan merah muda yang sempurna. Jaipur adalah ibu kota Rajasthan dengan pemandangan luar biasa dari bangunan yang berwarna merah muda.

Tapi jangan terkecoh dengan warna pink, karena merah muda ini bukan termasuk ke dalam tone warna pink. Masyarakat disana menyebutnya warna tanah yang indah antara merah dan pink. Pemandangan yang paling banyak dikunjungi adalah Istana Angin.

Mengapa Jaipur berwarna merah muda? Itu adalah simbol keramahan. Pada tahun 1875, untuk menyambut Pangeran Wales, maharaja kemudian memutuskan untuk mengecat kota itu dengan warna merah muda.

Tips: Chand Baori, salah satu tangga paling megah di dunia, hanya berjarak sekitar 60 mil dari Jaipur. Ini adalah perhentian yang berharga dalam tur Anda di sekitar Rajasthan.

4. Kampung Pelangi-Indonesia

Kampung Pelangi di Semarang akan menyajikan pemandangan warna-warni dari setiap rumah penduduk. Setelah sebelumnya menjadi daerah kumuh, pemerintah setempat memutuskan untuk menata lingkungan tersebut untuk menjadi penuh warna.

Tidak hanya atap yang dicat dengan warna pelangi, tetapi juga dindingnya dihiasi dengan lukisan dinding dan mural. Warna-warna tersebut telah mengubah bekas area kumuh ini menjadi objek wisata.

Bahkan, Kampung Pelangi menjadi spot instagramable. Banyak yang datang ke sana mencari dinding paling berwarna untuk berpose.

5. Gua Batu, Selangor - Malaysia

Ada 272 anak tangga yang mengarah ke candi Hindu dan patung raksasa Dewa Murugan di Gua Batu, Selangor.
Tangga tersebut diberi warna pelangi pada tahun 2018.

Sebelumnya tempat tersebut telah berwarna-warni dengan banyak emas di sekitarnya, kini pemandangannya kian berwarna dengan hadirnya tangga pelangi.

Mulai dari oranye, ungu, berbagai warna hijau, biru, merah mewarnai tangga yang mengarah ke kuil megah tersebut..

Tips : Berhati-hatilah dengan monyet di sana. Mereka mungkin terlihat lucu, tetapi mereka adalah pencuri yang sangat blak-blakan dan terampil. Gantung kacamata hitam, dompet, dan apa pun yang longgar atau berkilau.

6. Persimpangan Shibuya, Tokyo - Jepang

Tokyo adalah salah satu kota paling menarik di dunia. Kerumunan, kebisingan, kejutan budaya, sensasi, semuanya menjadi paket lengkap di Shibuya.

Ini menjadi penyeberangan pejalan kaki terbesar di dunia. Semua lalu lintas dihentikan agar gelombang pejalan kaki bergeser ke segala arah. Dan di sekeliling Anda ada neon raksasa, papan reklame dengan gambar dan suara bergerak, ditambah ratusan dan ribuan orang yang bergegas melewati Anda. Efeknya adalah begitu banyak warna dan semangat yang membuat Times Square malu.

7. StoBoSa - Filipina

StoBoSa adalah contoh luar biasa lainnya tentang bagaimana warna dan seni dapat menyuntikkan kehidupan baru dan kepositifan ke lingkungan miskin.

StoBoSa adalah singkatan dari kota Stonehill, Botiwtiw, dan Sadjap, lokasinya terletak diantara Baguio dan La Trinidad di Filipina.

Pada tahun 2016 pemerintah bersama dengan dinas pariwisata negara itu memutuskan untuk meluncurkan proyek karya seni komunitas pertama dan terbesar di Filipina. Ide itu terinspirasi dari Favelas di Rio de Janeiro, Brasil, Desa Budaya Gamcheon Busan di Korea Selatan , dan Kampung Pelangi yang telah disebutkan sebelumnya.

Hasilnya lanskap kota itu berubah menjadi ceria penuh seni, dan juga menjadi daya tarik wisata.

8. Desa Pelangi, Taichung - Taiwan

Sekitar 100 mil dari ibu kota Taipei, Rainbow Village layak untuk dikunjungi. Setiap rumah memilki pancaran berbeda dari rumah lainnya, dan seluruhnya berhiaskan gambar.

Ini seperti melangkah ke buku mewarnai raksasa. Kisah di balik desa tak kalah inspiratif. Dilaporkan, desa tersebut awalnya merupakan rumah murah bagi para veteran. Tetapi seiring berjalannya waktu, rumah-rumah tersebut menjadi rusak, dan desa tersebut terancam dirobohkan.

Tetapi seorang warga, Tuan Huang, yang dikenal sebagai Kakek, mulai mengecat rumahnya dengan beragam karakter dan warna-warna cerah. Kemudian yang lain mengikutinya. Akhinya, desa itu terselamatkan, meskipun sebagian besar rumah aslinya telah diganti dengan bangunan yang lebih kokoh.

9. Little India - Singapura

Singapura adalah kota dan negara dengan begitu banyak yang harus dilakukan dan dilihat. Di sana banyak yang berwarna-warni, baik itu ruko Cina kuno atau pasar. Tapi lingkungan yang paling berwarna adalah Little India. Kemudian ada panacarn dari warna kuil-kuil Hindu Rumah Tan Teng Niah, hingga kios-kios yang menjual sari dalam semua warna, dan toko emas yang menambahkan sedikit bling ke sekitarnya. Ini benar-benar daerah yang semarak.

Tetapi seluruh Singapura juga menawarkan beberapa warna yang luar biasa. Telusuri Jembatan Alkaff di Robertson Quay, yang dihiasi 55 warna berbeda, dan Haji Lane, yang penuh dengan seni jalanan. Dan kunjungi Joo Chiat Lane dan sekitarnya, disana dipenuhi dengan ruko berwarna pastel yang indah.

Tips : Singapura terkenal dengan jajanan pinggir jalan, jadi pergilah langsung ke pusat jajanan, yaitu food court besar, atau, lebih baik lagi, ikuti tur jalan kaki dan makan sambil jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unik wisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top