Petugas Balai Konservasi Borobudur menyemprotkan disinfektan pada sebuah stupa Candi Borobudur untuk mengantisipasi Virus Corona (COVID-19)./Antara-Heru Suyitno
Travel

9 Peninggalan Tertua di Dunia yang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup, Ada Borobudur

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 30 Juni 2021 - 15:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap tempat memiliki kisah dan sejarahnya yang panjang, bahkan ada yang hingga kini masih bertahan.

Beberapa tempat di setiap negara menunjukkan bahwa dulu terdapat beradaban dari masa lampau.

Dan tentunya tempat-tempat tersebut wajib dikunjungi oleh para traveler.

Melansir dari timesofindia, Rabu (30/6/2021), berikut tanda peninggalan paling tua di setiap negara :

1. Sigiriya, Sri Lanka

Dibangun lebih dari 1500 tahun yang lalu, kompleks Sigiriya berdiri sebagai salah satu contoh paling awal dari perencanaan kota kuno.

2. Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza adalah monumen tertua dari tujuh keajaiban dunia kuno. Tempat ini memiliki banyak alasan mengapa harus dikunjungi dan melihat tempat ini sekali seumur hidup Anda.

3. Cenotes, Meksiko

Cenote adalah lubang alami untuk berenang di Meksiko. Catatan menyatakan bahwa bangsa Maya biasa melakukan upacara dan ritual di cenote suci untuk meminta panen dan hujan yang baik.

4. Borobudur, Indonesia

Dibangun pada abad ke-9, situs yang dilindungi UNESCO ini merupakan tempat ikonik Indonesia. Ini adalah kompleks enam platform persegi, dihiasi dengan 504 patung Buddha.

5. Moai, Pulau Paskah

Pulau Paskah terkenal dengan patung batu sosok manusia yang dikenal dengan moai atau patung. Para ilmuwan belum yakin bagaimana sosok raksasa ini dibawa ke sini. Fakta yang belum ditemukan menambah misteri tempat ini.

6. Sawah Tegallalang, Bali

Ini adalah keajaiban kuno di Ubud yang terkenal dengan pemandangan sawahnya, dan sistem irigasinya yang inovatif. Teras sawah ini adalah salah satu daya tarik terbaik Bali yang harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

7. Al-khazneh, Jordan

Ini adalah landmark ikonik paling terkenal di Petra, dan merupakan salah satu keajaiban arsitektur terbesar di dunia. Terbuka untuk pengunjung, Anda wajib melihatnya untuk mempercayai keindahan tempat ini.

8. Forum Roma, Italia

Anda akan menemukan reruntuhan Kekaisaran Romawi yang megah di jantung kota kuno Roma. Kunjungi tempat ini untuk melihat langsung fragmen arsitektur dan reruntuhan kuno yang telah ditinggalkan.

9. Stonehenge, Inggris

Dibangun sekitar 5000 tahun yang lalu, itu mungkin monumen paling prasejarah di dunia. Meskipun sedikit yang diketahui tentang Stonehenge, namun diyakini bahwa mengunjungi lingkaran batu ini menawarkan pengalaman spiritual sejati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro