Fasilitas protokol kesehatan di loby hotel di Kota Bogor. ANTARA/Bisnis/dok hotel
Travel

Liburan Semakin Nyaman, Hotel dengan Standar CHSE Dicari

Newswire
Rabu, 30 Juni 2021 - 10:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat lebih tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, hotel dan restoran yang sudah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) karena merasa lebih aman dan nyaman.

Pemerintah telah memberlakukan protokol kesehatan berbasis pada CHSE untuk pada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang mencakup tempat wisata, hotel, restoran, toilet umum, penjualan oleh-oleh, dan lainnya.

Ketua Umum Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan sertifikat ini sangat mempengaruhi penjualan hotel. Kini hal tersebut menjadi pertimbangan pertama untuk memilih hotel dan destinasi wisata.

"Iya pasti. Orang untuk merasa lebih yakin, itu pengaruh banget, pengaruhnya besar. Contohnya di Medan, yang ramai malah hotel bintang lima padahal lebih mahal, tapi mereka lebih percaya kalau mereka akan menerapkan CHSE dengan benar," kata Hariyadi, dikutip dari Antara, Rabu (30/6/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Pauline Suharno yang mengatakan agen travel lebih percaya diri dalam menjual produk jika rekanannya sudah memiliki standar CHSE. Para konsumen pun rata-rata selalu menanyakan perihal penerapan CHSE pada destinasi yang akan dituju.

"Dengan standar CHSE, kita jadi lebih nyaman untuk menjual [produk pariwisata] dan klien juga jadi merasa lebih nyaman," jelas Pauline.

Pauline juga mengatakan alasan Bali menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi selama pandemi Covid-19. Menurutnya, kebanyakan hotel di Bali sudah menerapkan standar CHSE.

"Di Bali mereka lebih convenience aja dan rata-rata sudah memenuhi standar CHSE jadi lebih nyaman. Sekarang kalau liburan kan lebih ke keluarga inti, untuk family Bali lebih banyak dipilih karena ada pantai, udara terbuka, biarupun cuma di hotel pun hotel-hotel di Bali lebih nyaman buat staycation aja," imbuhnya.

#ingatpesanibu, #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua #ingatpesanibu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro