Wisatawan melintasi kuburan batu di Situs Megalitik Bori di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (23/4). /Antara-Adwit B Pramono
Travel

Jangan Sampai Ketinggalan, Ini Jadwal Toraja Highland Festival

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 29 Juni 2021 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam rangka membangkitkan kembali pariwisata Toraja, akan ada acara Toraja Highland Festival pada 12-18 Juli 2021. Tahun ini menjadi debut pertama Toraja Highland Festival untuk menyapa seluruh masyarakat Indonesia.

Meksipun di tengah pandemi, pihak penggagas acara yaitu Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Geopark Toraja tetap optimistis acara Toraja Highland Festival akan berlangsung sukses.

Ketua panitia Toraja Highland Festival sekaligus dari pihak Geopark Toraja, Prana Rama menyebutkan festival ini akan selalu mementingkan protokol kesehatan guna mencegah virus Covid-19.

Toraja Highland Festival mengusung tema Sinergitas Antarlini untuk Membangkitkan Pariwisata dari Desa sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Bangsa. Oleh karena itu, terdapat beberapa rangkaian acara yang berbeda dengan tujuan yang sama.

"Ada berbagai perlombaan, seminar, pameran UMKM, pentas seni, experiential learning atau TOT outbound dan acara musik Torajazz," ujarnya Prana pada Bisnis, Selasa (29/6/2021).

Perlombaan dibagi menjadi dua kategori. Pertama, untuk kategori lokal seperti lomba foto wisata, lomba musik tradisional, dan lomba tari tradisional, dan lomba vlog wisata.

Kedua adalah lomba untuk kategori nasional, yaitu lomba foto dan blogger. Lomba-lomba tersebut telah dibuka dan saat ini sedang dalam tahap penjurian.

Prana juga mengatakan acara akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Dan bagi para pengunjung dari luar Toraja bisa mengikuti rangkaian acara ini dengan syarat menunjukkan telah di vaksin dan diizinkan oleh wilayahnya untuk keluar. Namun, khusus untuk acara seminar di gelar tertutup, seminar hanya diperuntukkan bagi pihak berkepentingan saja.

“Kami berharap acara ini bisa berjalan lancar nanti dan semoga nantinya akan menjadi kegiatan tahunan di Toraja. Dengan begitu bisa membantu pariwisata dan UMKM di Indonesia, khususnya di Toraja," tutup Prana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro