Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Bangunan Religi di Indonesia, Unik dan Ikonik Banget!

negara Indonesia menjadi negara yang kaya, baik dari segi sumber daya alam maupun keberagamannya. Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, salah satunya keberagaman agama.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 28 Juni 2021  |  20:44 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi pemain barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng Sam Poo Kong, sabtu (25/1/2020). - Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi pemain barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng Sam Poo Kong, sabtu (25/1/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa. Fakta ini menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang kaya, baik dari segi sumber daya alam maupun keberagamannya. Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, salah satunya keberagaman agama.

Pada 2019, mengutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, Senin (28/6/2021), toleransi antarumat umat beragama di tengah pluralisme masyarakat yang sangat kompleks di Indonesia mendapat pengakuan dari Jerman.

Berbicara tentang tempat beribadah, Indonesia ternyata memiliki banyak bangunan religi yang unik dan ikonik. Melansir dari Wonderful Indonesia, Senin (28/6/2021), berikut 10 bangunan religi unik dan ikonik yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi wisata yang menarik untuk dicoba.

1. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Sejarah Laksamana Cheng Ho  sangat erat dengan Indonesia, salah satunya bisa Anda temukan dalam sebuah bangunan religi ikonik bernama Klenteng Sam Poo Kong yang berada di Semarang. Tempat ini sukses menjadi spot berburu foto instagramable di kalangan wisatawan, dikarenakan nuansa merah klenteng dengan lampion dan pepohonan hijau di sekitarnya. Tidak hanya keunikan bangunannya, berbagai festival unik seperti festival barongsai juga menjadi daya tarik klenteng bagi para wisatawan.

2. Pagoda Avalokitesvara Watugong, Semarang

Pagoda ini bisa Anda temui ketika berkunjung ke Semarang. Dengan ketinggian bangunan mencapai 45 meter, menjadikannya salah satu pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. Pagoda yang punya nama lain yakni Pagoda Dewi Kwan Im tersebut memiliki 7 tingkat dengan patung Bodhisattva Avalokitesvara yang menghiasi bagian dalam pagoda dan patung Buddha tertidur yang bisa Anda temukan di area belakang pagoda.

3. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Tanjungpinang

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau yang lebih dikenal Vihara 1.000 wajah atau 1.000 patung ini termasuk ke dalam salah satu vihara terbesar di Asia Tenggara. Tempat beribadah umat Buddha ini memiliki 1.000 ekspresi berbeda pada setiap wajah dari patung yang ada  dan tersusun rapi di sepanjang komplek vihara yang terletak tidak jauh dari Bintan.

4. Candi Borobudur, Magelang

Sebagai salah satu candi Buddha terbesar di dunia, bangunan religi satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Candi Borobudur sendiri merupakan salah satu destinasi favorit para solo traveler sekaligus tempat suci bagi umat Buddha ini diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke-9.

5. Pura Besakih, Karangasem

Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali yang super ikonik. Pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu terbesar di Pulau Dewata. Lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Agung, semakin indah berkat latar gunung tertinggi di Pulau Bali itu.

6. Pura Tanah Lot, Tabanan

Kehadiran banyak wisata religi yang autentik dan menarik untuk dikunjungi seperti Pura Tanah Lot bisa Anda temui ketika berkunjung ke Tabanan. Selain pemandangannya yang indah dan memikat hati, pura yang bisa dicapai dengan menyebrangi pesisir pantai ini juga menyimpan cerita yang melegenda. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pura Tanah Lot adalah saat matahari terbenam.

7. Gereja Katedral, DKI Jakarta

Letaknya yang berseberangan dengan Masjid Istiqlal ini menjadi salah satu daya tarik wisata di kota Jakarta, khususnya bagi umat Katolik. Gereja Katedral yang diresmikan pada 1901 ini mengusung desain klasik bergaya neogotik khas Eropa.

8. Graha Maria Annai Velangkanni, Medan

Gereja yang terletak di Medan ini memiliki desain arsitektur bergaya India. Saking megah dan besarnya, banyak wisatawan yang berasal dari luar Medan rela jauh-jauh datang untuk melihat keunikan bangunan ikonik dengan bentuk tangga melingkar dan gedung berundak  yang satu ini.
 
9. Masjid Dian Al Mahri, Depok, Jawa Barat

Tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, tepatnya di Depok, terdapat masjid berkubah emas yang sangat indah. Masjid ini dikenal juga sebagai Masjid Kubah Emas. Nama ini lahir karena lapisan emas setebal 2 sampai 3 milimeter pada bagian kubah masjid dan relief di dalamya yang terbuat dari emas 18 karat. Bagian halaman masjid sangat luas dan cocok dijadikan destinasi wisata religi bersama keluarga.
 
10. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Tidak hanya Jam Gadang yang melegenda, masjid ini pun menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Padang. Jangan terkejut ketika Anda melihat masjid paling besar di Sumatera Barat ini. Pasalnya kubah Masjid Raya Sumatera Barat tidak berbentuk setengah lingkaran, melainkan berupa bangunan gonjong ala rumah gadang khas Minangkabau yang kokoh berdiri di bagian atas bangunan utama. Ukiran khas Sumatera Barat pun ikut melengkapi detail arsitektur masjid yang baru diresmikan pada 2019 ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

candi borobudur masjid kubah emas rumah ibadah
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top