Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaga Tekanan Darah hingga Kesehatan Tulang, Ini 7 Manfaat Buah Durian

Dikenal sebagai si raja buah dari hutan tropis, durian sangat disukai oleh banyak orang. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari makan buah duren.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 28 Juni 2021  |  21:15 WIB
Durian pelangi - Istimewa
Durian pelangi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Dikenal sebagai si raja buah dari hutan tropis, durian sangat disukai oleh banyak orang. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari makan buah duren.

Penggemar durian tidak akan pernah puas dengan dagingnya yang kaya dan teksturnya yang lembut, sementara bagi Anda yang tidak menyukai durian bisa mendeteksi baunya yang menyengat beberapa meter jauhnya.

Daging dan teksturnya yang lembut  kemudian membuat banyak orang mengolahnya menjadi aneka jenis panganan berbahan durian.  Sebut saja pancake durian, ketan durian,  sop durian, es krim durian, bubur dan masih banyak lagi olahan berbahan durian ini.

Suka atau tidak suka, durian memiliki manfaat lebih dari yang Anda kira.

Melansir Her World, Senin (28/6/2021), berikut manfaat kesehatan dari makan durian.

1. Durian membuat Anda bahagia

Daging durian yang lezat bukan satu-satunya alasan untuk senyum di wajah Anda. Buah dekaden ini sebenarnya memiliki bahan kimia bahagia untuk membuat perasaan Anda lebih baik.

Durian mengandung asam amino triptofan yang diubah menjadi serotonin, neurotransmitter yang menginduksi perasaan bahagia dan rileks. Jadi mood Anda membaik secara alami setelah makan durian.

2. Durian membantu mengatur tidur

Raja buah-buahan bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Triptofan (asam amino esensial) dalam durian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur Anda. Semakin tinggi kadar melatonin Anda, semakin mudah untuk tertidur. Jika Anda kesulitan tidur, ganti camilan sebelum tidur dengan durian – cukup satu biji saja.

3. Durian membantu mengontrol tekanan darah

Durian kaya akan potasium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

4. Durian adalah sumber energi yang sangat baik.

Durian sangat bagus sebagai camilan sebelum berolahraga. Ini tinggi karbohidrat, yang memberikan pelepasan energi dengan cepat untuk membuat Anda tetap kuat selama berolahraga.

Dua biji berukuran sedang (54 gram) mengandung 89 kalori, dan memberi Anda jumlah karbohidrat yang hampir sama dengan pisang ukuran sedang.

5. Durian meningkatkan kesehatan tulang

Besi dan tembaga adalah mineral yang penting untuk tulang yang kuat. Dan durian kaya akan mineral tersebut. Sebuah studi oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional menunjukkan bahwa memiliki asupan zat besi yang lebih tinggi membantu meningkatkan kepadatan tulang, sedangkan asupan kalsium yang lebih tinggi memiliki efek yang dapat diabaikan pada tulang.

6. Durian bisa member Anda  kulit yang bagus

Dengan 11.6mg vitamin C per porsi (dua biji ukuran sedang), durian mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis. Vitamin C memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh Anda, sehingga mengurangi munculnya pigmentasi dan kerutan.

7. Durian meningkatkan gairah seks

Durian dikenal sebagai makanan penambah libido di kalangan orang Asia. Bahkan, ada pepatah tradisional Indonesia yang terkenal: Ketika durian jatuh, sarungnya naik.

Bahkan jika durian tidak meningkatkan libido Anda secara signifikan, durian mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

durian tekanan darah libido
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top