KKP mendorong ibu rumah tangga untuk mulai membangun usaha sampingan untuk menopang ekonomi rumah tangga. /KKP
Kuliner

Antusias, Warga Masyarakat Ikuti Pelatihan Bikin Mochi Rumput Laut

Fatkhul Maskur
Minggu, 27 Juni 2021 - 03:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak cara dilakukan untuk memulihkan ekonomi. Salah satu di antaranya adalah melatih warga masyarakat menguasai keterampilan dalam bidang kuliner berupa pembuatan mochi rumput laut.

Mochi merupakan salah satu jenis kue asal Jepang yang terbuat dari tepung ketan yang dicampurkan dengan air dan gula, kemudian dimasak hingga membentuk adonan yang lembut dan lengket, dibalur dengan tepung maizena atau tapioka, lalu dipotong-potong berbentuk bulat ataupun persegi.

Terbaru, pelatihan pembuatan mochi rumput laut digelar di oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, Kamis (24/6/2021). Pelatihan yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh 695 peserta dari 31 provinsi di Indonesia.

Kepala BPPP Banyuwangi Achmad Subijakto menyampaikan bahwa pelatihan pembuatan mochi rumput laut dianggap sebagai salah satu upaya dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

“Kami melihat mochi rumput laut sebagai salah satu komoditas usaha yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dengan begitu, pelatihan ini dapat membuka peluang usaha baru ataupun menambah komoditas usaha bagi masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19, pemerintah terus mengupayakan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Totok dalam keterangan pers KKP, Sabtu (27/6/2021).

Saat ini, tren makanan diet tengah melesat di kalangan masyarakat. Mochi rumput laut dinilai sebagai salah satu alternatifnya lantaran rumput laut dinilai rendah kalori, tinggi serat, dan bebas pengawet sehingga memperlancar pencernaan.

Melalui pelatihan ini, KKP mendorong ibu rumah tangga untuk mulai membangun usaha sampingan untuk menopang ekonomi rumah tangga. Nantinya mochi rumput laut yang dibuat dapat dikemas dengan menarik seperti produk yang ada di pusat perbelanjaan, dengan mencantumkan nomor izin usaha dan logo halal MUI, serta dipasarkan melalui e-commerce dan media sosial.

Terakhir, para peserta juga dilatih menghitung harga pokok penjualan (HPP) mochi rumput laut.

Salah satu peserta latih, Sartana yang merupakan pelaku usaha di Semarang bersyukur dapat mengikuti pelatihan ini. Dia berminat untuk menambah komoditas usahanya.

“Ini pertama kalinya saya membuat mochi dengan komposisi rumput laut, ternyata selain sehat, mochi rumput laut juga memiliki tampilan yang cantik dan rasa yang lezat,” ucap Sartana.

Sartana berharap usaha kulinernya semakin melesat pasca mengikuti pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro