Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antusias, Warga Masyarakat Ikuti Pelatihan Bikin Mochi Rumput Laut

Banyak cara dilakukan untuk memulihkan ekonomi. Salah satu di antaranya adalah melatih warga masyarakat menguasai keterampilan dalam bidang kuliner berupa pembuatan mochi rumput laut.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 27 Juni 2021  |  03:00 WIB
Antusias, Warga Masyarakat Ikuti Pelatihan Bikin Mochi Rumput Laut
KKP mendorong ibu rumah tangga untuk mulai membangun usaha sampingan untuk menopang ekonomi rumah tangga. - KKP
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak cara dilakukan untuk memulihkan ekonomi. Salah satu di antaranya adalah melatih warga masyarakat menguasai keterampilan dalam bidang kuliner berupa pembuatan mochi rumput laut.

Mochi merupakan salah satu jenis kue asal Jepang yang terbuat dari tepung ketan yang dicampurkan dengan air dan gula, kemudian dimasak hingga membentuk adonan yang lembut dan lengket, dibalur dengan tepung maizena atau tapioka, lalu dipotong-potong berbentuk bulat ataupun persegi.

Terbaru, pelatihan pembuatan mochi rumput laut digelar di oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, Kamis (24/6/2021). Pelatihan yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh 695 peserta dari 31 provinsi di Indonesia.

Kepala BPPP Banyuwangi Achmad Subijakto menyampaikan bahwa pelatihan pembuatan mochi rumput laut dianggap sebagai salah satu upaya dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

“Kami melihat mochi rumput laut sebagai salah satu komoditas usaha yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dengan begitu, pelatihan ini dapat membuka peluang usaha baru ataupun menambah komoditas usaha bagi masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19, pemerintah terus mengupayakan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Totok dalam keterangan pers KKP, Sabtu (27/6/2021).

Saat ini, tren makanan diet tengah melesat di kalangan masyarakat. Mochi rumput laut dinilai sebagai salah satu alternatifnya lantaran rumput laut dinilai rendah kalori, tinggi serat, dan bebas pengawet sehingga memperlancar pencernaan.

Melalui pelatihan ini, KKP mendorong ibu rumah tangga untuk mulai membangun usaha sampingan untuk menopang ekonomi rumah tangga. Nantinya mochi rumput laut yang dibuat dapat dikemas dengan menarik seperti produk yang ada di pusat perbelanjaan, dengan mencantumkan nomor izin usaha dan logo halal MUI, serta dipasarkan melalui e-commerce dan media sosial.

Terakhir, para peserta juga dilatih menghitung harga pokok penjualan (HPP) mochi rumput laut.

Salah satu peserta latih, Sartana yang merupakan pelaku usaha di Semarang bersyukur dapat mengikuti pelatihan ini. Dia berminat untuk menambah komoditas usahanya.

“Ini pertama kalinya saya membuat mochi dengan komposisi rumput laut, ternyata selain sehat, mochi rumput laut juga memiliki tampilan yang cantik dan rasa yang lezat,” ucap Sartana.

Sartana berharap usaha kulinernya semakin melesat pasca mengikuti pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkp kementerian kelautan dan perikanan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top