Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Air Terjun Tertinggi di Dunia, Tingginya 979 Meter

Angels Water Falls disebut sebagai air terjun tertinggi di dunia dan berada di Venezuela.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Juni 2021  |  19:20 WIB
Ini Dia Air Terjun Tertinggi di Dunia, Tingginya 979 Meter
Air terjun Angel Falls

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda dimana air terjun tertinggi di dunia?

Yah, itu adalah Angel Falls di Venezuela yang dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di dunia, dengan ketinggian total 3.212 kaki (979 meter).

Ketinggian total ini termasuk satu setetes tak terputus dari 2648 kaki (807 meter), ditambah 564 kaki (172 meter) riam curam dan tetesan kecil di hilir dari air terjun utama.

Air terjun diukur pada tahun 1949 oleh surveyor Perry Lowrey, selama ekspedisi yang didanai oleh National Geographic dan dipimpin oleh Ruth Robertson.

Kejatuhan tunggal tanpa gangguan dari 2648 kaki juga merupakan yang tertinggi di dunia. Angel Falls memegang dua rekor dunia: Pertama, air terjun dengan total ketinggian tertinggi, dan, kedua air terjun dengan penurunan tak terputus terbesar.

Angel Falls terletak di Taman Nasional Canaima, yang terletak di dalam Negara Bagian Bolivar di tenggara Venezuela. Taman ini sangat berharga sehingga dinobatkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. [2]

Air terjun ini berada di Rio Kerepacupai Meru. Rio Kerepacupai Meru adalah anak sungai dari Rio Churn, yang merupakan anak sungai dari Rio Carrao, yang merupakan anak sungai dari Rio Orinoco. Rio Orinoco adalah sungai terbesar keempat di dunia, dan mengalir ke Samudra Atlantik.

Dilansir dari Geology.com, Angel Falls dinamai James Angel, seorang pilot Amerika, yang pada tahun 1933 adalah penerbang pertama yang terbang di atas air terjun. Dalam beberapa tahun, cerita Angel tentang "air terjun setinggi satu mil" telah dipublikasikan secara luas melalui cerita dan hal-hal sepele di media populer. Ini terjadi sebelum ketinggian air terjun diukur dengan benar dan sebelum nama Air Terjun Angel digunakan secara populer.

Penggunaan resmi pertama nama Malaikat yang terkait dengan air terjun tersebut adalah pada peta yang diterbitkan pada tahun 1939 oleh pemerintah Venezuela sebagai bagian dari laporan mereka yang berjudul Exploración de la Gran Sabana ("Eksplorasi Sabana Besar").

Angel menjabat sebagai pilot dan pemandu bagi para pemimpin proyek antara tahun 1933 dan 1939. Dia senang menunjukkan kepada mereka "My Waterfalls".

Pada peta dalam laporan proyek, nama "Salto ngel" tercetak di lokasi air terjun.  Nama itu masih digunakan untuk air terjun di negara-negara berbahasa Spanyol.

Ekspedisi Ruth Robertson ke air terjun, dan survei Perry Lowrey tentang ketinggiannya, tidak terjadi sampai tahun 1949.

Pada tahun 2009, Hugo Chávez, Presiden Venezuela, menyatakan bahwa Kerepakupai-merú harus menjadi nama resmi negara untuk air terjun tersebut. Ini adalah nama asli dari penduduk asli Pemón yang berarti "jatuh dari tempat terdalam".

Sebagian besar air Angel Falls memulai perjalanannya di Samudra Atlantik. Di sana, angin pasat timur laut mengirimkan massa udara kering dari Gurun Sahara Afrika. Angin ini menguapkan air dari permukaan laut dan membawanya menuju Amerika Selatan.

Saat massa udara yang sarat kelembaban mencapai Venezuela tenggara, mereka naik melintasi dataran tinggi Auyán-Tepuí - hulu Angel Falls. Massa udara mendingin saat naik, menyebabkan uap air mengembun dan jatuh sebagai hujan.

Sebagian air hujan meresap ke dalam tanah dan memasuki jaringan rekahan bawah permukaan dan gua-gua di bawah Auyán-Tepuí. Air lainnya mengalir dan mengalir ke anak-anak sungai Rio Kerepacupai Meru, sungai yang memberi makan air terjun. Sungai berkelok-kelok melintasi puncak Auyán-Tepuí, menuju tebing di tepi utaranya.

Sebagian besar air menguap selama musim gugur, dan berputar sebagai kabut di udara yang bergejolak. Sisa air terjun setengah mil ke bebatuan di bawah. Air yang menguap turun dalam hujan ke bebatuan di bawahnya.

Saat mendarat, air mulai mengalir di atas, di bawah, dan di sekitar puing-puing batu yang jatuh dari tebing di atas. Kemudian mengalir menuruni lereng yang curam, melewati air terjun yang lebih kecil, dalam perjalanannya ke Rio Churn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

venezuela air terjun
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top