Sejumlah wisatawan berjalan di halaman Candi Borobudur di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (13/2/2020)./ ANTARA - Anis Efizudin
Travel

Proyek Borobudur Highland Dipercepat, Ini Atraksi Wisata Disiapkan

Ni Luh Anggela
Jumat, 25 Juni 2021 - 12:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno melakukan rapat koordinasi untuk membahas pembangunan kawasan pariwisata Borobudur Highland.

Kawasan yang terletak di perbukitan Menoreh, perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D. I. Yogyakarta dan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki luas wilayah kurang lebih 309 hektare.

Luas lahan 50 hektare akan bersertifikat HPL (Hak Pengelolaan). Sementara luas lahan 259 hektare dikelola dalam bentuk kerja sama antara BOB dengan Perhutani, dengan prinsip Single destination, single manajemen.

Melansir laman resmi kemenparekraf, Jumat (25/6/2021), Borobudur Highland mengusung tema cultural adventure eco-tourism, memberikan ruang bagi wisatawan yang datang untuk bersantai, menghirup udara segar di alam yang asri dan indah, serta melepas lelah dan penat dari hiruk-pikuk aktivitas perkotaan.

Untuk nilai investasi resort diproyeksikan sebesar Rp1,5 triliun, sedangkan untuk nilai infrastruktur dasar diproyeksi sebesar Rp350 triliun.

“Percepatan pembangunan Borobudur Highland meliputi rencana pembangunan jalan untuk memudahkan akses menuju Borobudur Highland. Pembangunan jalan akan dilakukan oleh Kementerian PUPR, pada Agustus, dan ditargetkan selesai akhir 2021. Kita harapkan ini dapat menggeliatkan ekonomi, membangkitkan harapan, semangat masyarakat untuk pulih ditengah pandemi dan tantangan ekonomi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, Rabu (23/6/2021).

Turut hadir Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Bupati Purworejo Agus Bastian, dan sejumlah pejabat daerah.

Menparekraf juga mengusulkan untuk menghadirkan even-even yang berbasis eco-tourism dan sport tourism. Tentunya gelaran even tersebut dilakukan dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.
 
Direktur Utama BOB Indah Juanita menjelaskan atraksi wisata yang dihadirkan nantinya meliputi amphitheater, mountain biking, tree top cycling, spa, forest tracking, off road, dan berbagai atraksi menarik lainnya. Indah memproyeksikan Borobudur Highland akan menyerap kurang lebih 1.800 tenaga kerja.

Selain itu, BOB juga telah menggandeng Bobobox untuk menghadirkan penginapan di alam terbuka, dengan menggunakan teknologi yang maju. “Targetnya, akhir 2021 ini sudah dirampungkan,” kata Indah.

Indah juga mengatakan, sudah ada beberapa investor yang menyatakan minat serius membangun fasilitas resort di dalam Borobudur Highland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro