Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Perpustakaan Paling Indah di Dunia

Namun, kata membosankan tidak tepat untuk deretan perpustakaan menawan ini. Bukan hanya sekedar tempat baca buku, namun perpustakaan dari berbagai belahan dunia ini akan memanjakan mata Anda.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 23 Juni 2021  |  11:22 WIB
Perpustakaan Tianjin Binhai, Tiongkok
Perpustakaan Tianjin Binhai, Tiongkok

Bisnis.com, JAKARTA— Perpustakaan umumnya dikenal sebagai tempat yang membosankan bagi sebagian orang.

Namun, kata membosankan tidak tepat untuk deretan perpustakaan menawan ini. Bukan hanya sekedar tempat baca buku, namun perpustakaan dari berbagai belahan dunia ini akan memanjakan mata Anda.

Melansir dari tatlerthailand, Rabu (23/6/2021) berikut deretan perpustakaan indah di seluruh dunia :

1. Perpustakaan dan Museum Morgan, Amerika Serikat

Terletak di jantung Kota New York, bangunan megah ini mencakup perpustakaan, museum, ruang pertunjukan, dan merupakan rumah bagi koleksi buku pribadi pemodal JP Morgan.

Terdapat rak buku yang terbuat dari perunggu menyimpan manuskrip asli Sir Walter Scott dan Honoré de Balzac. Ini juga merupakan rumah bagi banyak koleksi cetakan, gambar, dan incunabula seniman Eropa seperti Leonardo, Michelangelo, dan Rembrandt.

2. Perpustakaan Kota Stuttgart, Jerman

Modern, minimalis, dan estetis, ini hanya beberapa kata untuk menggambarkan Perpustakaan Kota Stuttgart.
Dibuka pada tahun 2011, tempat tersebut menyerupai piramida terbalik untuk menawarkan tempat unik. Pengunjung bisa membaca dengan ruang terbuka atau di tangga yang menghubungkan perpustakaan bertingkat.

3. Perpustakaan Biara Strahov, Praha

Dibangun pada tahun 1679, Perpustakaan Biara Strahov memainkan peran penting dalam sejarah Ceko. Perpustakaan tersebut juga merupakan rumah bagi beberapa ribu cetakan buku yang dibuat antara abad ke-16 dan ke-18.
Terkenal dengan lukisan dinding alkitabiah yang menakjubkan, perpustakaan ini memiliki dua aula yaitu Aula Teologi dan Aula Filsafat. Dan yang semua sudutnya didekorasi dengan indah.

4. Perpustakaan Biara Admont, Austria

Perpustakaan Biara Admont adalah salah satu biara tertua dan terbesar di dunia. Ini adalah rumah bagi 70.000 volume dan interior putih dan emas yang dihiasi dengan lukisan dinding dan patung oleh dua seniman besar dari periode Baroque, Bartolomeo Altomonte dan Joseph Stammel.

5. Perpustakaan Tianjin Binhai, Tiongkok

Dijuluki sebagai Mata karena lingkaran di tengah perpustakaan serta pemandangan unik dari luar yang menyerupai mata raksasa. Perpustakaan lima lantai ini dirancang oleh firma arsitektur Belanda MVRDV dan merupakan rumah bagi 200.000 buku.

6. Perpustakaan Umum Stockholm, Swedia

Dirancang oleh arsitek Swedia terkenal Gunnar Asplund dan didirikan pada tahun 1928, Perpustakaan Umum Stockholm adalah ikon kota yang paling dikenal karena struktur silindernya.

Asplund paling dikenal sebagai salah satu perwakilan utama gaya Klasikisme Nordik pada 1920-an, dan Perpustakaan Umum Stockholm adalah contoh prototipikal gerakan tersebut.

Perpustakaan umum juga merupakan perpustakaan pertama di Swedia dengan rak terbuka yang memberi pengunjung kebebasan mengakses tanpa bantuan staf. Itu adalah sebuah konsep yang terinspirasi oleh perpustakaan Amerika.

7. Perpustakaan Trinity College Dublin, Irlandia

Perpustakaan Trinity College Dublin terdiri dari beberapa bangunan perpustakaan, tetapi yang paling terkenal adalah Perpustakaan Lama. Perpustakaan ini dirancang oleh Thomas Burgh dan dibangun antara tahun 1712 dan 1732.

Perpustakaan Trinity College Dublin menampung terdiri dari ruangan megah yang dihiasi dengan patung marmer filsuf dan penulis terkenal oleh pematung Peter Schemakers.

Perpuastakaaan Ini menyimpan 200.000 buku tertua di rak buku kayu eknya, serta artefak dan manuskrip sejarah, seperti Kitab Kells dan Kitab Durrow. kemudian ada harpa Brian Boru, salah satu dari tiga harpa Gaelik abad pertengahan yang tersisa.

8. Bibliotheca Alexandrina, Mesir

Perpustakaan ini memiliki fasad mencolok dari dinding granit Aswan yang diukir dengan karakter dari 120 skrip berbeda. Keindahannya dirancang oleh perusahaan Norwegia Snøhetta.

Bibliotheca Alexandrina terletak di tepi Laut Mediterania di Alexandria, Mesir, di sebelah kolam refleksi besar.

Bangunan tersebut bertujuan menjadi sebuah penghormatan kepada The Great Library of Alexandria, yaitu bangunan yang pernah dianggap sebagai salah satu perpustakaan terbesar dan paling signifikan di dunia kuno.

Perpustakaan tersebut menjadi pusat budaya yang memiliki ruang rak untuk delapan juta buku dan juga memiliki pusat konferensi, empat museum, empat galeri seni, 15 pameran permanen, planetarium, dan laboratorium restorasi manuskrip.

9. Biblioteca Vasconcelos, Meksiko

Dikenal juga sebagai Megabiblioteca atau Mega-perpustakaan di Meksiko, bagunannya hadir dengan desain unik. Ada rak buku dan balkon Biblioteca Vasconcelos yang ditumpuk secara asimetris, serta dinding transparan yang memancarkan ilusi rak buku yang melayang di labirin futuristik.

Dan tak ketinggalan instalasi seni permanen oleh Gabriel Orozco, yaitu kerangka paus yang melayang di atas aula tengah perpustakaan. Perpustakaan ini dirancang oleh arsitek Meksiko Alberto Kalach dan Juan Palomar.

10. Perpustakaan Universitas Seni Tama, Jepang

Perpustakaan Universitas Seni Tama di Tokyo, Jepang terdiri dari dua perpustakaan akademik di dua kampus, tetapi Perpustakaan Hachioji yang lebih barulah yang paling menarik perhatian karena arsitekturnya.

Dirancang oleh firma arsitektur Toyo Ito & Associates, Perpustakaan Hachioji diakui dunia sebagai pencapaian arsitektur untuk konsepnya yang jenius. Selesai pada tahun 2007, desain modernnya tetap abadi, dengan lengkungan beton, dinding kaca, dan furnitur minimalis.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku perpustakaan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top