Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buku LIPI Keren! Bedugul dari Angkasa Pakai Foto Udara

Terkenal dengan udara dingin, kabut, pasar sayur, stroberi, Danau Beratan, Kebun Raya Bedugul dan Pura Ulun Danu, Bedugul, menjadi wisata tujuan di favorit di Bali.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 22 Juni 2021  |  13:35 WIB
Buku Bedugul dari Angkasa.  - LIPI
Buku Bedugul dari Angkasa. - LIPI

Bisnis.com, JAKARTA — Terkenal dengan udara dingin, kabut, pasar sayur, stroberi, Danau Beratan, Kebun Raya Bedugul dan Pura Ulun Danu, Bedugul, menjadi wisata tujuan di favorit di Bali.

Bedugul menjadi kawasan penting untuk di kaji para peneliti. Oleh karena itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupaya mengemas informasi geospasial dari kawasan Bedugul tersebut dalam sebuah buku.

Buku Bedugul dari Angkasa merupakan karya dari para peneliti laboratorium spasial ekologi Kebun Raya Bali LIPI, Sutomo, Rajif Iryadi, dan Wawan Sujarwo. Ini merupakan buku pertama yang mendeskripsikan kawasan Bedugul baik dari citra maupun on-ground.

Buku tersebut mengkompilasi foto udara dan foto on-ground yang dikompilasi selama lebih dari sepuluh tahun dengan menggabungkan narasi kondisi sosial-ekonomi masyarakat. Lalu, menyajikan foto point of interest yang ada di Bedugul dan sekitarnya.

Dicetak menjadi 70 halaman, Bedugul dari Angkasa juga mengenalkan tentang pengindraan jauh dan sistem informasi geografis.

Menurut Sutomo, pengindraan jauh dan sistem informasi geografis merupakan instrumen yang penting di dalam perencanaan tata ruang yang berkelanjutan.

”Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial mendorong pengunaan informasi geospasial dalam penyelenggaraan pemerintahan dan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Sehingga, jelas bahwa informasi geospasial sangat penting dalam mendukung perencanaan, pembangunan, dan pengembangan wilayah,” ujar Sutomo pada keterangan resmi, Selasa (22/6/2021).

buku Bedugul dari Angkasa disusun dengan tujuan memperkenalkan kawasan Bedugul lebih luas lagi melalui penggunaan citra satelit, foto-foto on-ground objek wisata dan objek alam menarik lainnya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan informasi dan keterangan singkat dan menarik dari setiap lokasi atau objek yang ditampilkan.

Sutomo berharap buku ini dapat menarik minat para pembaca yang berencana mengunjungi Bali, terutama ke kawasan Bedugul untuk mendapatkan gambaran keruangan atau spasial yang utuh mengenai geografis, pemanfaatan lahan dan beragam aktivitas serta fenomena alam menarik di kawasan dataran tinggi yang beriklim sejuk dengan pemandangannya yang indah tersebut.

Buku Bedugul dari Angkasa diterbitkan oleh LIPI Press pada 2019. Masyarakat umum dapat membaca buku ini dengan gratis melalui situs lipipress.lipi.go.id.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku lipi pariwisata bali
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top