Ada banyak kampanye seru yang bisa teman-teman ikuti untuk lebih bisa mengenal Jakarta dari berbagai macam aspek. /Helo
Travel

4 Cara Rayakan HUT ke-494 Jakarta secara Virtual ala Aplikasi Helo

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 21 Juni 2021 - 13:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kota Jakarta memiliki sejuta kisah bagi masyarakatnya. Di huni oleh penduduk asli suku Betawi dan juga para pendatang, Jakarta menorehkan sejumlah kesan dan kenangan bagi penduduknya.

Memasuki usia ke 494 tahun pada 22 Juni 2021, ibu kota masih berada di tengah situasi pandemi yang membatasi kegiatan di luar rumah. Namun, untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) kota DKI Jakarta kini dilakukan secara digital.

Seperti halnya paltform Helo yang bisa dijadikan media untuk merayakan kemeriahan ulang tahun Jakarta.

Country Head of Operations, Helo Indonesia Indira Melik mengatakan bahwa perusahaan ingin masyarakat Jakarta bahkan seluruh masyarakat Indonesia dapat sama-sama merasakan euforia pada momentum selebrasi ulang tahun Ibu Kota di aplikasi Helo. Dan aplikasi tersebut juga menggelar kampanye Memori tentang Jakarta, yaitu ucapan selamat dalam rangka HUT ke-494 Jakarta.

"Ada banyak kampanye seru yang bisa teman-teman ikuti untuk lebih bisa mengenal Jakarta dari berbagai macam aspek. Meskipun kita harus meminimalisir aktivitas di luar rumah, Helo berharap seluruh masyarakat justru bisa merasakan pengalaman baru dalam merayakan HUT Jakarta kali ini dengan cara yang inovatif dan tetap aman," ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (21/6/2021).

Sejalan dengan hal itu, berikut empat inspirasi merayakan HUT Jakarta di rumah secara virtual tahun ini:

1. Berbagi Kenangan Manis Ibu Kota di Platform Digital

Jakarta memiliki sejumlah destinasi dan ikon yang menyimpan banyak memori tersendiri. Sebut saja dari memandang indahnya kota dari puncak Monas, merasakan nuansa Jakarta kuno di Kota Tua, berbelanja kebutuhan pokok di Tanah Abang, berburu kuliner nikmat sepanjang Jalan Sabang, sampai menikmati liburan bersama orang tersayang di Ancol.

Berbagai kenangan manis itu bisa direkam dan dibagikan dalam bentuk foto, video, maupun tulisan yang nantinya bisa dibagikan di platform digital yang menekankan audiovisual seperti Helo. Mengunggah konten tersebut sebagai bentuk kontribusi pada HUT Jakarta.

2. Eksplorasi dan Eksekusi Resep Kuliner khas Jakarta

Bukan rahasia lagi jika Jakarta merupakan surga kuliner bagi para penikmat makanan Nusantara. Di tengah bermunculannya kuliner kekinian, Jakarta tetap bisa mempertahankan keaslian makanan khasnya, seperti kerak telor, soto betawi, nasi ulam, ataupun asinan betawi. Kini, ada banyak resep-resep makanan khas daerah, terutama kuliner Betawi yang bisa dengan mudah dipraktikkan dari internet.

3. Menikmati Hiburan Asli Anak Betawi

Mendiang Benyamin Sueb, aktor sekaligus komedian asal Jakarta menjadi salah satu ikon dunia hiburan betawi bahkan nasional. Belum lagi grup Lenong Rumpi dan Lenong Bocah yang pernah mengisi masa kecil masyarakat, khususnya di Jakarta. Dunia hiburan betawi memang menjadi salah satu aspek yang juga disukai banyak orang mulai dari acara komedi, musik, hingga film. Kendati saat ini kesulitan untuk menyaksikan pertunjukan lenong secara langsung, kini siapa bisa mencari hiburan tersebut secara virtual untuk mengetahui kebudayaan khas betawi.

4. Belajar Jago Pantun

Berbagai acara kebudayaan betawi biasanya menghadirkan pantun, yang terdengar lucu, tapi sebenarnya berisi pesan yang dalam. Menciptakan dan membawakan pantun memang butuh latihan dan keahlian khusus, dan mempelajari soal pantun ini bisa jadi satu cara untuk merayakan HUT Jakarta. Untuk menyaksikan keseruan pantun khas betawi, akan ada Pantun Battle Rap Challenge di aplikasi Helo yang dimeriahkan oleh sejumlah selebriti ternama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro