Leh, India
Travel

Tempat Paling Ekstrem di India untuk Dijelajahi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Juni 2021 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  India adalah negara yang 'beragam', dan merupakan rumah bagi tidak hanya campuran agama, masakan, dan budaya, tetapi juga lanskap yang bervariasi dengan suhu yang beragam.

Sebagian besar negara itu memiliki suhu normal atau sedikit di atas atau di bawah, tapi ada juga tempat di mana Anda bisa mengalami suhu ekstrem.

Berikut adalah daftar tempat yang berhasil memecahkan rekor, dan telah mengantongi predikat sebagai tempat paling ekstrem di India dilansir dari Times of India:

1. Terbasah - Mawsynram

Terletak di distrik East Khasi Hills di Meghalaya, desa ini memegang rekor sebagai tempat terbasah di India, dengan curah hujan rata-rata 11872 mm. Pada tahun 1985, menurut Guinness Book of World Records, tempat ini telah mencatat curah hujan 26.000 mm, setelah itu juga mengantongi gelar tempat terbasah di Bumi. Ini adalah surga tempat yang perlu dikunjungi ketika di Meghalaya.

2. Terpanas - Phalodi

Tempat ini dikenal sebagai tempat terpanas di India, dengan suhu mencapai 51 derajat Celcius. Terletak di zona penyangga Gurun Thar, juga salah satu alasan melonjaknya suhu di sini. Meskipun suhu tinggi, Anda akan menemukan orang-orang menetap di sini serta pengunjung yang datang untuk menjelajahi tempat itu.

3. Terdingin - Dras

Kota indah ini terletak di antara kota Kargil dan Zoji La Pass, juga dikenal sebagai Gerbang ke Ladakh. Duduk di ketinggian 10800 kaki, suhu rata-rata yang tercatat di sini adalah -23 derajat Celcius, menjadikannya tempat terdingin di India, yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Saat musim dingin, suhu bisa turun hingga -45 derajat celsius. Pada Januari 1995, menurut laporan, memecahkan semua rekor, ketika suhu turun hingga -60 derajat Celcius.

4. Terendah - Kuttanad

Meskipun mungkin terdengar aneh, wilayah Kuttanad di Kerala memiliki ketinggian terendah di negara ini, di mana pertanian dilakukan 4-10 kaki di bawah permukaan laut. Juga dikenal sebagai Belanda di India, tempat ini istimewa karena menjadi salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana pertanian dilakukan pada ketinggian yang begitu rendah.

5. Terkering - Leh

Duduk di ketinggian 11500 kaki, kota Leh adalah tempat terkering di India. Meskipun menawarkan iklim gurun yang dingin, suhu selama musim dingin bisa turun di bawah titik beku. Juga, ia menerima curah hujan paling sedikit. Lanskapnya dibayangi oleh puncak Himalaya yang perkasa, dan keindahan alamnya yang tak terhalang memikat para pelancong dari jauh dan luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro