Ilustrasi kabin pesawat
Travel

Perhatian! Jangan Buang Boarding Pass atau Posting di Medsos, Ini Bahayanya

Jessica Gabriela Soehandoko
Kamis, 17 Juni 2021 - 11:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sering berjalan-jalan dengan mempersiapkan segala kebutuhan, termasuk dengan keamanan Anda.

Namun apakah Anda masih sering sembarang membuang boarding pass Anda?

Jika Anda masih sering sembarang dalam membuang boarding passmu, hal ini tentu dapat berdampak berbahaya bagi dirimu.

Mungkin anda menganggap boarding passmu hanyalah sebuah kertas yang memberi informasi mengenai nomor kursimu. Namun pada kenyataannya, kertas tersebut memiliki informasi mengenai nama lengkap anda, tujuan keberangkatan anda dan selanjutnya, dan waktu kapan melakukan perjalanan. Informasi ini cukup rentan terhadap peretas, yang kemudian akan memanfaatkan teknologi untuk mengetahui segala aktivitas kita.

Dalam masalah pemindaian, tentunya bukan hanya pihak dari maskapai yang dapat mengakses kode tersebut. Sangat mudah di masa kini untuk mengunduh aplikasi pemindaian barcode melalui smartphone kita.

Lalu, bagian apa yang sebaiknya harus paling kita jaga? Bagian nomor akun maskapai yang anda peroleh adalah jawabannya. Melalui nomor akun maskapai, terdapat informasi mengenai miles frequent flier yang terkadang berisi mengenai akun detail anda yakni nomor telepon dan alamat email anda. Bahkan hal ini berpotensi pada tarif harga yang anda bayar, mendapatkan gambaran mengenai keuangan anda, dan informasi alat pembayaran anda seperti kartu kredit.

Jika anda tidak memiliki akun, maka informasi yang tertera dapat tergolong aman. Namun, perlu anda ketahui bahwa risiko tentunya tetap ada. Hal ini dikarenakan masih ada informasi mengenai nama lengkapmu dan informasi detail mengenai penerbanganmu. Hal ini bisa dilacak lebih dalam lagi, terutama jika pihak peretas akan meretas web dari maskapai.

Lebih baik bagi kita untuk memperlakukan informasi boarding pass anda seperti memperlakukan paspor atau ID anda. Jangan tinggalkan boarding pass anda di pesawat ataupun di tempat umum lainnya. Pastikan untuk menyobeknya, dan akan lebih baik lagi jika membuangnya di rumah.

Jangan lupa untuk tidak memposting boarding passmu terutama di media sosial, dan lebih baik untuk memposting awan-awan melalui jendela pesawat, sayap pesawat, dan lain-lainnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro