Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatian! Jangan Buang Boarding Pass atau Posting di Medsos, Ini Bahayanya

Jika Anda masih sering sembarang dalam membuang boarding passmu, hal ini tentu dapat berdampak berbahaya bagi dirimu.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 17 Juni 2021  |  11:41 WIB
Ilustrasi kabin pesawat
Ilustrasi kabin pesawat

Bisnis.com, JAKARTA - Sering berjalan-jalan dengan mempersiapkan segala kebutuhan, termasuk dengan keamanan Anda.

Namun apakah Anda masih sering sembarang membuang boarding pass Anda?

Jika Anda masih sering sembarang dalam membuang boarding passmu, hal ini tentu dapat berdampak berbahaya bagi dirimu.

Mungkin anda menganggap boarding passmu hanyalah sebuah kertas yang memberi informasi mengenai nomor kursimu. Namun pada kenyataannya, kertas tersebut memiliki informasi mengenai nama lengkap anda, tujuan keberangkatan anda dan selanjutnya, dan waktu kapan melakukan perjalanan. Informasi ini cukup rentan terhadap peretas, yang kemudian akan memanfaatkan teknologi untuk mengetahui segala aktivitas kita.

Dalam masalah pemindaian, tentunya bukan hanya pihak dari maskapai yang dapat mengakses kode tersebut. Sangat mudah di masa kini untuk mengunduh aplikasi pemindaian barcode melalui smartphone kita.

Lalu, bagian apa yang sebaiknya harus paling kita jaga? Bagian nomor akun maskapai yang anda peroleh adalah jawabannya. Melalui nomor akun maskapai, terdapat informasi mengenai miles frequent flier yang terkadang berisi mengenai akun detail anda yakni nomor telepon dan alamat email anda. Bahkan hal ini berpotensi pada tarif harga yang anda bayar, mendapatkan gambaran mengenai keuangan anda, dan informasi alat pembayaran anda seperti kartu kredit.

Jika anda tidak memiliki akun, maka informasi yang tertera dapat tergolong aman. Namun, perlu anda ketahui bahwa risiko tentunya tetap ada. Hal ini dikarenakan masih ada informasi mengenai nama lengkapmu dan informasi detail mengenai penerbanganmu. Hal ini bisa dilacak lebih dalam lagi, terutama jika pihak peretas akan meretas web dari maskapai.

Lebih baik bagi kita untuk memperlakukan informasi boarding pass anda seperti memperlakukan paspor atau ID anda. Jangan tinggalkan boarding pass anda di pesawat ataupun di tempat umum lainnya. Pastikan untuk menyobeknya, dan akan lebih baik lagi jika membuangnya di rumah.

Jangan lupa untuk tidak memposting boarding passmu terutama di media sosial, dan lebih baik untuk memposting awan-awan melalui jendela pesawat, sayap pesawat, dan lain-lainnya!

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat tiket pesawat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top