Pemandangan sunrise dari Desa Wisata Karangrejo, Borobudur. /jadesta.com
Travel

Tak Hanya Spot Sunrise, Desa Wisata Karangrejo Punya Homestay Berkelas Dunia

Fatkhul Maskur
Kamis, 17 Juni 2021 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bila Anda kebetulan sedang bertamasya ke Candi Borobudur, tak ada salahnya mampir ke Desa Karangrejo. Ada banyak yang bisa dinikmati di desa wisata ini, termasuk menyaksikan momentum sunrise.

Desa Wisata Karangrejo merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Desa wisata yang satu ini terletak tak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar dua sampai tiga kilometer (km).

Seperti dikutip dari jadesta.com, Kamis (17/6/2021), Desa Karangrejo memiliki beragam aktivitas wisata yang semuanya dikelola bersama antara masyarakat, badan usaha milik desa (bumdes), dan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Salah satunya adalah pengembangan aktivitas wisata di Punthuk Setumbu. Sebelumnya, tempat tersebut hanyalah spot untuk menikmati momentum sunrise saja. Tak hanya spot wisata, desa ini juga menawarkan paket-paket wisata berkeliling desa, termasuk ke tempat-tempat wisata tersebut.

Ada beberapa paket wisata yang akan mengajak pengunjung untuk merasakan kehidupan di desa, seperti bercocok tanam di sawah atau menyusuri sungai naik mobil jeep, Volkswagen (VW), andong, atau sepeda onthel.

Anda juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata, seperti Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, Bukit Barende, hingga Kebun Buah Karangrejo.

Pengunjung juga bisa mencoba melihat langsung kegiatan usaha rumahan yang dilakukan masyarakat untuk memproduksi produk khas Desa Karangrejo. Misalnya, produk gula jawa, keripik ketela, empon-empon, gerabah, hingga miniatur Borobudur dari batu dan bambu. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 125.000 – Rp 750.000 per paketnya.

Desa Karangrejo juga punya wisata rafting buat kalian yang suka kegiatan menantang. Wisatawan akan diajak menyusuri sungai sejauh lebih kurang 12 kilometer yang membutuhkan waktu susur sekitar 4 jam.

Buat yang betah dengan suasana perdesaan yang asri, Anda juga bisa menginap di homestay berkelas dunia. Desa ini punya setidaknya 22 tempat menginap yang tak kalah nyaman dengan hotel berbintang. Tarifnya beragam, mulai dari Rp150 per malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro