Ilustrasi traveling keliling dunia
Travel

Sebelum Liburan Keliling Dunia, Simak 7 Tips Penting Berikut Ini

Ni Luh Anggela
Rabu, 16 Juni 2021 - 16:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang untuk membatasi hampir semua pergerakan mereka, termasuk bepergian. Entah kapan pandemi akan berakhir, ini dapat membuat Anda menjadi jenuh dan bosan ketika diharuskan untuk berdiam diri di rumah.
 
Waktu yang dirasa jenuh dan membosankan ini bisa Anda manfaatkan untuk merencanakan perjalanan keliling dunia Anda. Merencanakan perjalanan keliling dunia tidaklah mudah dan memiliki proses yang rumit. Mulai dari fleksibilitas waktu, tujuan hingga anggaran perlu Anda pertimbangkan matang-matang.
 
Melansir lonelyplanet , Rabu (16/6/2021),berikut panduan yang bisa Anda gunakan untuk merencanakan perjalanan keliling dunia. Jadi, saat pandemi sudah berakhir, Anda bisa merealisasikan perjalanan Anda.
 
1. Membeli tiket pesawat keliling dunia (RTW)

Cara paling ekonomis untuk mengelilingi dunia adalah dengan membeli tiket pesawat keliling dunia atau Round the world (RTW) melalui aliansi maskapai tunggal. Ini adalah konfederasi dari beberapa maskapai berbeda yang memudahkan Anda untuk memastikan jumlah tempat yang Anda dapat kunjungi dan membayar semuanya di satu tempat. Ada tiga aliansi maskapai utama yang dapat Anda pilih: Star Alliance, OneWorld dan Skyteam.
 
Setelah Anda memilih aliansi maskapai, Anda dapat membeli satu tiket maskapai RTW yang terdiri dari beberapa bagian yang dipenuhi oleh mitra aliansi tersebut. Aturan tiket RTW bervariasi antara masing-masing aliansi maskapai. Tetapi ada beberapa prinsip umum yang berlaku untuk sebagian besar tiket RTW, apapun grup maskapai yang Anda pilih.
 
Biasanya Anda harus mengikuti satu arah blobal (timur atau barat – tidak boleh mundur); Anda harus memulai dan menyelesaikan di negara yang sama; dan Anda harus memesan semua penerbangan Anda sebelum keberangkatan, meskipun Anda dapat mengubahnya nanti ( ini dapat dikenakan biaya tambahan). Biasanya Anda memiliki waktu satu tahun untuk memulai dari titik awal hingga titik akhir.
 
2. Pertimbangkan untuk mengatur cuti panjang atau menandai hari libur umum

Anda dapat melakukan perjalanan keliling dunia di akhir pekan jika Anda terbang tanpa henti, terutama dengan munculnya penerbangan ultra jarak jauh yang dapat mencatat waktu penerbangan 20 jam. Namun, durasi minimum sebagian besar tiket RTW adalah 10 hari. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tiket keliling dunia Anda, pertimbangkan untuk menimbun hari libur, menandai hari libur umum atau bahkan mengatur cuti panjang. Karena sebagian besar aliansi maskapai memberikan Anda waktu hingga satu tahun untuk menggunakan tiket Anda, Anda dapat memaksimalkan pembelian jika Anda merencanakan dengan baik.
  
3. Cari tahu destinasi tujuan Anda

Cuaca dan musim menjadi salah satu pertimbangan Anda, karena setiap tempat yang akan Anda kunjungi tentu memiliki cuaca dan musim yang berbeda-beda. Oleh karena itu, fokuslah pada apa yang paling ingin Anda lakukan dan mencari tahu kondisi di sana.
 
Secara umum, tamasya kota dapat Anda lakukan sepanjang tahun, tetapi perjalanan di luar ruangan lebih bergantung pada cuaca dan musim yang tepat. Jika ada tujuan yang harus dilihat atau aktivitas yang harus dilakukan, seperti melihat Festival Salzburg di Austria, Anda harus merencanakan jauh-jauh hari dan memesan tiket berbulan-bulan sebelumnya.
 
Terimalah ketika Anda akan berada di beberapa wilayah pada waktu yang salah, meskipun ini mungkin menawarkan manfaat yang tidak terduga.
 
4. Tidak harus terbang di antara setiap titik

Tiket RTW klasik  dan termurah tersebar di beberapa kota besar, misalnya London – Bangkok – Singapura – Sydney – LA. Jika Anda ingin menghubungkan lebih banyak hub offbeat , harga akan naik secara signifikan. Biaya tiket juga didasarkan pada total jarak yang ditempuh atau jumlah negara yang dikunjungi.
 
Ingat, Anda tidak harus terbang di antara setiap titik. Di Australia, Anda bisa mendarat di Perth, melakukan perjalanan darat dan terbang keluar dari Cairns. Atau terbang ke Moskow, naik kereta Trans-Siberia dan terbang terus dari Beijing.
 
Jika anggaran menjadi masalah, habiskan lebih banyak waktu di negara yang lebih murah dan rencanakan liburan hemat di sepanjang perjalanan. Anda akan lebih banyak menghabiskan uang di Paris, Dubai, dan San Francisco daripada di Nusa Tenggara, Budapest dan Buffalo.
 
5. Konsultasikan perjalanan dengan ahlinya

Bicaralah dengan ahlinya sebelum Anda memesan tiket keliling dunia. Anda mungkin sudah memikirkan rencana perjalanan, tetapi pemesan penerbangan RTW yang berpengalaman akan tahu rute mana yang paling cocok dan biayanya paling murah. Beberapa penyesuaian dapat berarti penghematan besar dalam waktu dan uang.
 
Buat anggaran jauh-jauh hari, tidak hanya untuk tiket RTW Anda, tetapi juga untuk seluruh perjalanan. Jangkau teman atau blogger perjalanan yang telah melakukan perjalanan keliling dunia atau pelancong penuh waktu karena mereka dapat menawarkan kiat tentang cara mengatur anggaran untuk perjalanan keliling dunia.
 
6. Bersikaplah fleksibel

Memindahkan tanggal keberangkatan Anda beberapa hari dapat menghemat uang. Penerbangan pertengahan minggu biasanya lebih murah, begitu juga penerbangan pada hari libur seperti Hari Natal. Hindari dari dan waktu yang populer di kalangan pelancong bisnis untuk menghindari harga yang lebih tinggi dan kabin yang lebih ramai.
 
7. Berhati-hatilah

Jika Anda tidak menaiki salah satu penerbangan yang Anda pesan (misalnya karena iseng, Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan darat dari Bangkok ke Singapura daripada naik penerbangan) maskapai Anda kemungkinan besar akan membatalkan semua penerbangan berikutnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro