Wisata Prancis. /Istimewa
Travel

Sertifikat Covid Digital Uni Eropa Digunakan 12 Negara Ini

Ni Luh Anggela
Senin, 14 Juni 2021 - 13:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Peluncuran Sertifikat Covid Digital Uni Eropa dibuat untuk memungkinkan pergerakan bebas pelancong antarnegaranya. Sampai sekarang, 12 negara Uni Eropa menggunakan aplikasi ini dan sisa negara blok berada di tahap untuk diluncurkan pada 1 Juli.

Aplikasi seluler gratis ini memberikan bukti digital melalui kode QR bahwa seorang pelancong telah divaksinasi terhadap Covid-19, baru-baru ini dites negatif untuk Covid-19 atau telah pulih dari penyakit.

Sertifikat Covid Digital Uni Eropa mencakup informasi terbatas seperti nama pelancong, tanggal lahir dan informasi yang relevan tentang status vaksin. Data ini tetap ada pada sertifikat dan tidak disimpan atau disimpan oleh negara yang dikunjungi.

Selusin negara anggota Eropa menggunakan Sertifikat Covid Digital Uni Eropa - naik dari tujuh hanya seminggu yang lalu. Melansir Forbes, Senin (14/6/2021) 12 negara tersebut adalah:

- Austria
- Bulgaria
- Kroasia
- Ceko
- Denmark
- Estonia
- Jerman
- Yunani
- Latvia
- Lithuania
- Polandia
- Spanyol

Enam belas negara — 12 negara Uni Eropa lainnya ditambah empat dari luar blok (Islandia, Liechtenstein, Norwegia dan Swiss) telah menyelesaikan fase pengujian dan secara teknis siap untuk mulai menggunakan Sertifikat Covid Digital Uni Eropa kapan saja. Ini termasuk:

- Belgia
- Siprus
- Prancis
- Islandia
- Irlandia
- Italia
- Liechtenstein
- Luxembourg
- Belanda
- Norwegia
- Portugal
- Rumania
- Slovakia
- Slovenia
- Swedia
- Swiss

Selain itu, tiga negara Uni Eropa: Finlandia, Hongaria dan Malta  saat ini sedang dalam tahap pengujian.

Awal bulan ini, seorang juru bicara Uni Eropa mengatakan bahwa aplikasi ini dapat diperluas ke warga dari negara-negara non-Uni Eropa, termasuk Amerika Serikat. Pada prinsipnya, pemegang Sertifikat Covid Digital Uni Eropa harus dibebaskan dari pembatasan perjalanan lintas batas seperti persyaratan karantina.

"Saat ini jika Anda orang Amerika, tidak tinggal di Uni Eropa, Anda bisa mendapatkan sertifikat jika Anda meminta otoritas nasional negara anggota untuk memberi Anda sertifikat itu berdasarkan beberapa bukti bahwa Anda telah divaksinasi, atau memiliki tes Covid baru-baru ini," kata juru bicara Uni Eropa.

Keputusan apakah akan mengizinkan warga negara non-Uni Eropa untuk menggunakan aplikasi ini terletak pada masing-masing negara anggota individu.

Di seluruh dunia, negara-negara memperkenalkan sistem digital yang memungkinkan pihak berwenang untuk memverifikasi status vaksinasi pelancong.

Misalnya, Jepang akan menerbitkan sertifikat vaksinasi Covid-19 kepada warga yang bepergian ke luar negeri musim panas ini. Inisiatif ini akan dimulai dengan versi kertas sertifikat dan diluncurkan akhir tahun ini dengan solusi smartphone berdasarkan Sertifikat Digital Covid Uni Eropa.

Kanada mengadaptasi aplikasi ArriveCAN  gratisnya,yang diperkenalkan pada April 2020 untuk membantu pelancong mematuhi langkah-langkah perbatasan. Sejak akhir November 2020, pelancong yang terbang ke Kanada telah diminta untuk mengirimkan informasi mereka secara elektronik melalui ArriveCAN sebelum naik pesawat. Ini termasuk informasi perjalanan dan kontak, rencana karantina dan penilaian diri terhadap gejala Covid-19. Wisatawan harus siap menunjukkan tanda terima ArriveCAN mereka saat memasuki Kanada.

Sejauh ini, pemerintahan Biden telah menolak gagasan paspor vaksin untuk Amerika Serikat. Tepat sebelum Memorial Day, Direktur Keamanan Dalam Negeri AS, Alejandro Mayorkas, mengatakan bahwa AS juga sedang mencermati dengan cermat pada paspor vaksin untuk perjalanan internasional. Kemudian pada hari itu, DHS tampaknya menolak komentar Mayorkas, mengklarifikasi bahwa tidak akan ada mandat federal untuk paspor vaksin di Amerika Serikat.

Dalam survei Ipsos baru-baru ini, dua pertiga (66 persen) responden di 28 negara itu mengatakan mereka mengharapkan paspor vaksin digunakan secara luas pada akhir 2021. Di Amerika Serikat, 71 persen orang dewasa mendukung paspor vaksin untuk perjalanan internasional. Itu kira-kira sejalan dengan Prancis (70 persen) tetapi mewakili mayoritas yang lebih kecil daripada di Meksiko (86 persen), Australia (86 persen), Inggris Raya (84 persen), China (83 persen), Italia (79 persen), Jepang (74 persen) dan Jerman (73 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro