Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cihuy, Bali Sebentar lagi Mencapai Herd Immunity

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harmadi mengemukakan Provinsi Bali sebentar lagi bisa mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok berdasarkan tingkat kepesertaan vaksinasi.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  12:47 WIB
Wisman di atas kapal cepat yang berlabuh di Pelabuhan Padangbai, Bali, setelah datang dari Gili Trawangan, Lombok.  - Bisnis/Feri Kristianto
Wisman di atas kapal cepat yang berlabuh di Pelabuhan Padangbai, Bali, setelah datang dari Gili Trawangan, Lombok. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harmadi mengemukakan Provinsi Bali sebentar lagi bisa mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok berdasarkan tingkat kepesertaan vaksinasi.

"Kami punya target minimal 3 juta orang Bali divaksin untuk mencapai target kekebalan kelompok 70 persen dari populasi," katanya dalam acara Sosialisasi Bali Bangkit yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan secara daring yang dipantau di Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Sonny mengatakan Bali termasuk provinsi dengan tingkat vaksinasi tertinggi di Indonesia bila dibandingkan dengan daerah lainnya.

Ia melaporkan vaksinasi dosis pertama di Bali hingga saat ini sudah lebih dari 1,5 juta orang dan vaksinasi dosis kedua lebih dari 676.000 orang. Artinya, Bali masih membutuhkan tambahan sekitar 800.0000 peserta vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok sebanyak 3 juta orang.

"Kalau kita lihat gabungan dari keduanya kan sudah lebih dari 2,2 juta orang divaksin. Sebentar lagi bisa mencapai kekebalan kelompok mendukung Bali untuk bangkit," katanya.

Sonny menambahkan tren kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak di Bali sudah sangat baik. "Seluruh kabupaten di Bali itu kepatuhan terhadap masker dan jaga jarak sudah di atas 93 persen," katanya.

Tingkat kepatuhan menjaga jarak dan memakai masker yang berada di bawah angka rata-rata adalah Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar. "Namun, kami sangat mengapresiasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang kami amati setiap hari di dashboard monitoring perubahan perilaku untuk Bali sangat baik," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Bali akan kembali pulih. Ia juga menyatakan pihaknya akan menerapkan langkah-langkah sesuai dengan arahan Presiden untuk membuka kembali pariwisata Bali.

“Kami menyiapkan langkah-langkah sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya secara virtual yang disiarkan secara resmi melalui instagram @kemenparekraf.ri.

Langkah tersebut ialah memantau progres vaksinansi untuk pengendalian Covid 19. Kemudian, mengimbau penerapan protokol kesehatan. Lalu, memastikan industri pariwisata Bali mendapataan bantuan untuk kemampuan bertahan dalam jangka panjang, terutama pada saat pembukaan Bali.

#satgascovid19 #ingatpesanibu
#pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata bali Adaptasi Kebiasaan Baru Kampanye 3M
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top