Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Borderless Healthcare Group Sasar Indonesia untuk Paspor Digital Kesehatan Berbasis Cloud

Riwayat kesehatan dan vaksinasi tersebut saat ini seperti telah menjadi 'paspor' digital kesehatan bagi masyarakat.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  19:10 WIB
Ilustrasi dokter.  - Saint Anthony Hospital
Ilustrasi dokter. - Saint Anthony Hospital

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemeriksaan kesehatan menjadi sebuah kenormalan baru di masa pandemi Covid-19 ini, terutama melalui pemeriksaan tes Covid-19 untuk menskrining dan memastikan riwayat vaksinasi seseorang, khususnya saat akan melakukan sebuah perjalanan luar kota atau bahkan luar negeri.

Selain itu, seseorang yang melakukan perjalanan antar kota atau antar negara pun biasanya harus di karantina selama beberapa waktu untuk memastikan riwayat kesehatannya sebagai salah satu protokol wajib untuk bisa diterima di kota atau negara tersebut. Riwayat kesehatan dan vaksinasi tersebut saat ini seperti telah menjadi ‘paspor’ digital kesehatan bagi masyarakat.

Untuk membantu memberikan layanan kesehatan yang lebih aman bagi para wisatawan sekaligus memacu pariwisata di Indonesia, Borderless Healthcare Group menjalin kerjasama dengan Empower Healthcare menghadirkan paspor digital kesehatan dan layanan telehealth imersif berbasis cloud di Indonesia.

Menerapkan strategi sistem kesehatan protektif, preventif, dan proaktif di masa pandemi ini, diharapkan paspor digital tersebut dapat meningkatkan daya tahan dan layanan perawatan diri sendiri yang mampu memberdayakan adaptasi norma baru di rumah, di tempat kerja, sekolah, dan di masyarakat.

Phil Rickard, salah satu pendiri Empower Kesehatan mengatakan konsumen dapat mengakses berbagai macam layanan telehealth dan layanan COVID-19 dengan aman saat berada di rumah bersama dokter berstandar nasional maupun internasional.

 “Kami berharap dapat memperluas program di Indonesia untuk mendukung industri perhotelan dalam master transformasi pariwisata medis yang direncanakan oleh pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, di masa pandemi ini perhotelan dan resor juga membutuhkan catatan vaksinasi dan testing yang harus disiapkan oleh setiap pendatang atau tamu sehingga dapat mengurangi durasi waktu karantina sekaligus secara bertahap dapat membuka akses para pengunjug mancanegara.

Ahli Kesehatan, Pendiri dan Ketua BHG, Dr Wei Siang Yu, mengatakan bahwa telemedisin telah menjadi norma dan inovasi gaya hidup baru selama pandemi. Menurutnya, saat ini, karantina di hotel dapat menjadi proses yang tidak sulit jika tedapat layanan telehealth dalam kamar yang dapat membantu menyediakan pemeriksaan kesehatan berbasis cloud kepada tamu hotel.

Apalagi, pemerintah Indonesia baru-baru ini mengumumkan akan kembali menggaungkan sektor pariwisata di Indonesia sehingga paspor digital tersebut menjadi sangat penting sebagai jaminan seseorang aman dari penularan virus Covid-19 sehingga diharapkan dapat memacu sektor pariwisata Tanah Air.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan paspor
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top