Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Islandia hingga Denmark, Ini 10 Daftar Negara terbaik untuk Solo Travelers

Mungkin Anda lebih suka merencanakan perjalanan tanpa harus mendengar masukan orang lain. Atau mungkin Anda ingin pengalaman Eat, Pray, Love versi Anda dan berharap untuk melakukan perjalanan di mana Anda akan menemukan banyak hal tentang diri Anda seperti halnya dunia.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  15:58 WIB
Traveling di Chili
Traveling di Chili

Bisnis.com, JAKARTA – Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang pada akhirnya bepergian sendirian. Mungkin beberapa teman Anda tidak bisa bergabung dengan Anda saat berlibur dikarenakan banyaknya pengeluaran.

Mungkin Anda lebih suka merencanakan perjalanan tanpa harus mendengar masukan orang lain. Atau mungkin Anda ingin pengalaman Eat, Pray, Love versi Anda dan berharap untuk melakukan perjalanan di mana Anda akan menemukan banyak hal tentang diri Anda seperti halnya dunia.
 
Apapun alasan Anda, bepergian sendirian bisa menjadi salah satu pengalaman hidup yang paling bermanfaat. Selain Anda bebas memanjakkan diri, Anda juga bisa memanfaatkannya dengan melakukan refleksi, penemuan diri, hingga menemukan teman baru, sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan jika Anda pergi dalam kelompok.
 
Perjalanan mungkin rumit saat ini, tetapi 10 daftar ini bisa Anda gunakan untuk merencanakan petualangan Anda seperti dilansir dari Travel + Leisure, Rabu (9/6/2021).
 
1. Islandia

Ada alasan mengapa Islandia secara konsisten berada di antara tujuan terpanas dalam beberapa tahun terakhir: Negara ini adalah surga bagi pelancong yang menyukai alam terbuka, dengan gua dan gua untuk dijelajahi, gunung berapi dan gletser untuk mendaki, dan spa geotermal untuk berendam dan karena ini adalah negara paling damai di dunia, menurut laporan Global Peace Index baru-baru ini, pelancong solo dapat menjelajahi negara itu tanpa khawatir.

Jika Anda bepergian ke Reykjavik, pertimbangkan untuk melakukan perjalanan sehari ke Blue Lagoon yang selalu populer, atau pergi menonton ikan paus di Teluk Faxaflói. Bagi mereka yang ingin keluar dari kota, Thingvellir National Park menawarkan berkemah, jalur hiking, menunggang kuda, dan celah Silfra air tawar, yang dianggap sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

2. Kosta Rika

Dengan harapan hidup yang tinggi dan tingkat kesejahteraan yang meningkat secara keseluruhan, Kosta Rika menempati urutan nomor satu dari 140 negara pada Happy Planet Index 2020, yang mengukur 140 negara pada kesejahteraan, umur panjang, kesetaraan, dan dampak ekologis.

Kosta Rika telah lama memiliki reputasi sebagai negara paling bahagia di dunia, dan mudah untuk mengetahui mengapa: dari arung jeram menyusuri Sungai Reventazón hingga ziplining melalui hutan hujan yang indah, rappelling ke air terjun, dan hiking di Arenal Volcano National Park. Di Kosta Rika Anda akan menemukan banyak kegiatan luar ruangan untuk meningkatkan semangat petualang Anda.

Jika Anda membutuhkan sedikit istirahat di tengah-tengah semua kegiatan, Arenal memiliki mata air panas yang sempurna untuk bersantai, atau Anda dapat menikmati pasir putih dan satwa liar di Playa Manuel Antonio, pantai tropis di Taman Nasional Manuel Antonio.

3. Selandia Baru

Selandia Baru adalah tujuan populer bagi para backpacker, penggemar luar ruangan, dan pencari sensasi yang mencolok sendiri - mungkin karena ini adalah negara paling damai kedua di dunia, menurut Global Peace Index.

Negara ini adalah surga bagi alam terbuka dan salah satu tempat terbaik untuk bertemu sesama pelancong. Anda dapat berlayar melalui fjord, hutan hujan, dan air terjun Milford Sound; heli-mendaki jalan Anda melalui Franz Josef Glacier; bagian trek (atau semua) dari Tongariro Alpine Crossing; jelajahi Waitomo Glowworm Caves; atau pergi mengamati paus di Bay of Plenty.

Jika Anda membutuhkan waktu luang dari semua petualangan Anda, ikuti perjalanan sehari ke Waiheke Island untuk tur anggur atau pergi ke Hobbiton Movie Set untuk mengembara versi kehidupan nyata The Shire. Dengan begitu banyak yang harus dilakukan, Anda tidak akan melewatkan memiliki teman perjalanan.

4. Meksiko

Ketika datang untuk memilih negara untuk petualangan perjalanan solo, tidak ada dukungan yang lebih baik daripada rekomendasi dari pelancong solo yang telah berkeliling dunia. Ciara Johnson, blogger di Hey Ciara dan solo-female-traveler extraordinaire, telah mengunjungi 60 negara sendirian. Pilihan utamanya untuk perjalanan solo? Meksiko.

"Orang-orang mungkin terkejut mengetahui bahwa negara favorit saya untuk perjalanan solo adalah Meksiko," Johnson mengungkapkan. "Saya telah menghabiskan berbulan-bulan backpacking di wilayah ini dan ada begitu banyak yang bisa ditemukan. Dari berenang bersama hiu paus hingga berenang di cenotes hingga menjelajahi reruntuhan Maya kuno, tidak ada kekurangan hal yang dapat dilakukan dan dilihat."

Johnson telah menjelajahi kota-kota di seluruh Meksiko, termasuk Mexico City, Tulum, Puebla, Oaxaca, San Cristóbal de las Casas, La Paz, dan banyak lagi. "Sebagai pelancong solo, saya menikmati bahwa wilayah ini memiliki infrastruktur backpacker yang cukup mapan," katanya. "Budayanya sangat kaya, orang-orangnya ramah, dan makanannya akan membuat Anda ingin kembali lagi."

Meksiko juga menempati peringkat tertinggi kedua dari 140 negara di Happy Planet Index 2020.

5. Swiss

Swiss dikenal karena keindahannya yang menakjubkan, dan mungkin tidak ada cara yang lebih baik untuk melihat Swiss dengan kereta api. Beli Swiss Travel Pass,yang memberi Anda perjalanan tak terbatas dengan kereta api, bus, dan perahu, dan perjalanan melewati air terjun, hutan, dan danau yang menakjubkan, lalu turun dari kereta untuk mendaki Pegunungan Alpen, mengunjungi kastil abad pertengahan, dan minum anggur Swiss.

Di negara yang menemukan cokelat susu, memanjakan diri dengan suguhan krim yang dekaden adalah hal yang mudah.Tetapi alih-alih hanya mengambil sebatang  Toblerone atau Lindt di toko kelontong terdekat, ikuti tur jalan kaki bertema cokelat di Lucerne dan Zürich, atau kunjungi salah satu dari beberapa pabrik cokelat terkenal di dunia.

6. Chili

Janice Waugh, pakar perjalanan solo di Solo Traveler World, menganggap Chile sebagai salah satu negara terbaik bagi pelancong solo. "Santiago adalah kota modern dan titik awal yang baik," katanya.
 
"Dari sana, pergilah ke selatan ke fjord Chili dan ke Patagonia dan Taman Nasional Torres del Paine, yang menawarkan pendakian spektakuler untuk pendaki pemula serta pakar back-country. Dalam satu perjalanan, Anda akan memiliki pengalaman perkotaan, pelayaran, dan beberapa hiking terbaik di dunia."

Seperti yang ditunjukkan Waugh, lanskap Chile itu beragam. Baik Anda menjelajahi Taman Nasional Torres del Paine atau Gletser San Rafael di Patagonia, mendaki gunung berapi aktif di Lake District,atau berkemah di bawah langit malam yang cemerlang di Gurun Atacama, Anda pasti akan menemukan petualangan yang memenuhi kemewahan Anda.

Di Santiago, petualangan bertemu budaya, dan kota ini mudah dinavigasi dengan berjalan kaki dan sepeda. Anda dapat mendaki St. Christopher Hill atau Santa Lucia Hill untuk menikmati pemandangan ibu kota yang indah, menelusuri toko-toko butik, kafe, dan bar koktail di lingkungan Bellavista, atau menjelajahi banyak museum dan galeri seni di kota ini.

Untuk liburan yang lebih tenang, kunjungi pantai La Serena atau Tongo, atau nikmati mencicipi di salah satu kawasan anggur terbaik di Chili.

7. Belanda

Bagi Anda yang pertama kali melakukan perjalanan solo, Belanda adalah tempat yang tepat. Di Amsterdam, dengan budayanya yang santai dan ramah, lakukan seperti yang dilakukan penduduk setempat: berkeliling dengan sepeda. Mulailah di Vondelpark,taman kota yang populer, lalu bersepeda ke museum terkenal di dunia seperti Museum Van Gogh, melewati kanal dan jembatan kota yang indah di sepanjang jalan.

Pergilah ke Belanda antara pertengahan April dan minggu pertama bulan Mei, dan Anda akan disambut oleh berbagai bunga yang paling dicintai di negara ini: tulip. Keukenhof, juga dikenal sebagai Taman Eropa, terletak tepat di luar Amsterdam dan menawarkan lebih dari 7 juta umbi dan 800 varietas tulip. Atau, pergilah ke Noordoostpolder untuk melihat ladang tulip terbesar di Belanda selama Festival Tulip tahunannya.

8. Spanyol

Spanyol memiliki segalanya untuk menyenangkan semua orang: museum seni, arsitektur cantik, makanan lezat, pantai yang menakjubkan, pemandangan kehidupan malam yang menarik, dan pendakian yang menakjubkan.

Di Barcelona, jelajahi Parc Güell, taman umum yang berfungsi ganda sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Hotel ini menampilkan arsitektur modern, patung, dan mozaik yang dirancang oleh arsitek Catalan Antoni Gaudí. Lanjutkan tur Gaudí Anda di La Sagrada Família, sebelum pindah ke Museum Picasso. Ketika Anda mulai lapar, pergilah ke La Boqueria, pasar tertua di kota ini.

Anda juga dapat menemukan beberapa pantai terbaik di dunia di Spanyol, seperti Pantai Ocata dekat Barcelona dan Pantai Socorro di Tenerife. Para pemberani dan benar-benar petualang dapat bergabung dengan pendakian terorganisir melalui Caminito del Rey di Málaga atau memulai perjalanan mereka di sepanjang Camino de Santiago yang terkenal.

9. Austria

Austria adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pelancong solo yang menyukai budaya yang menarik. Lihat sendiri mengapa Wina dikenal sebagai kota Musik dan menghadiri konser di State Opera House atau Musikverein. Kota ini juga menawarkan lebih dari 100 museum, yang paling baik untuk dijelajahi di antaranya mengalami budaya kedai kopi tradisional Wina. Di Salzburg, latar belakang The Sound of Music, penggemar musikal dapat mengikuti tur bertema kota dan melengkapi perjalanan mereka dengan mengunjungi tempat kelahiran Mozart dan naik ke puncak Benteng Hohensalzburg untuk pemandangan kota yang tak terlupakan.

Tetapi Austria tidak melulu tentang seni, makanan, dan budaya: petualangan juga menanti. Avin Kline, agensi pengembangan web Success Agency, menganggap Austria sebagai tujuan wisata solo favoritnya. Meskipun dia biasanya bepergian dengan istri dan dua anaknya, dia kadang-kadang berangkat dari pangkalan rumah mereka di Florence untuk petualangan solo, terutama ketika itu melibatkan hobi favoritnya: bungee jumping.

10. Denmark

Denmark adalah negara lain yang mudah ditangani untuk pelancong solo. Mulailah di Kopenhagen dan pergilah ke Nyhavn untuk melihat kapal-kapal kayu ikonik kota dan townhouse berwarna-warni yang berbaris di kanal. Setelah itu, berjalan-jalanlah di Tivoli Gardens. Meskipun dicintai karena taman hiburannya, atraksi populer ini juga memiliki taman bunga, air mancur gelembung, dan akuarium.

Penggemar Shakespeare  harus menuju ke Kastil Kronborg: situs Warisan Dunia UNESCO yang menginspirasi Kastil Elsinore di Hamlet. Selama disana, Anda bisa naik kereta ke Hillerød di dekatnya, di mana Anda akan menemukan Kastil Frederiksborg, rumah bagi Museum Sejarah Nasional Denmark.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top