Labuan Bajo/Istimewa
Travel

Sandiaga Uno Percepat Pembangunan Destinasi Super Prioritas

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 5 Juni 2021 - 17:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mempercepat pembangunan kawasan destinasi super prioritas di tanah air.

Kelima destinasi super prioritas itu yakni Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, dan Danau Toba.

Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pengembangan 5 destinasi super prioritas terus dilakukan dari berbagai aspek, sesuai arahan presiden. Mulai dari akselerasi infrastruktur yang dikerjakan lintas sektor, implementasi CHSE, hingga penyiapan calendar of event.

"Pembangunan 5 destinasi super prioritas dilaksanakan dengan model orkestrasi pembangunan sesuai dengan tren pariwisata pasca Covid-19: customize, personalize, localize dan small in size dengan berbasis pada pariwisata alam," kata Sandiaga dalam keterangannya.

"Optimalisasi penggunaan teknologi untuk mengurangi kontak fisik (cashless payment, informasi digital), dan perhatian lebih kepada aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan (CHSE)," tambah dia.

Sandiaga juga akan melanjutkan pembangunan pariwisata sesuai RPJMN dengan penyelesaian pembangunan 5 destinasi super prioritas sesuai ITMP, revitalisasi Bali dan destinasi unggulan lainnya, pengembangan SDM Parekraf, pengembangan industri parekraf, perluasan pasar, pengembangan produk wisata, pengembangan ekraf, digitalisasi dan produk.

"Borobudur adalah salah satu destinasi prioritas, namun sesuai arahan presiden, fokus tidak hanya Borobudur namun juga di destinasi super prioritas lainnya. Ada beberapa update pengembangan di kawasan tersebut, di antaranya, akan dibangun akses jalan dan infrastruktur untuk peningkatan lebar dan kualitas jalan masuk ke zona otorita dari Kabupaten Purworejo melalui Desa Sedayu sepanjang 23 km," ujar Sandiaga.

"Kementerian PUPR sudah memutuskan bahwa aksesibilitas akan segera di bangun dengan payung hukum Keppres," dia menambahkan.

Untuk atraksi wisata, ada beberapa titik yang kemungkinan bisa diciptakan suatu atraksi yang berkaitan dengan ecotourism, dan adventure yang dipandu dengan aplikasi. Tentunya pengembangan Borobudur ini akan mampu membuka peluang kerja seluas-luasnya bagi masyarakat setempat.

"Pemerintah melibatkan peran serta masyarakat sebagai unsur utama dalam pembangunan destinasi pariwisata yang tetap menjaga kearifan lokalnya, dengan prioritas program pengembangan antara lain vaksinasi pelaku bidang parekraf, peningkatan kapasitas & sertifikasi SDM, pemberian insentif untuk pemulihan pariwisata," ujar Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro