Hotel syariah/Ilustrasi-rajakamar.com
Travel

Sektor Perhotelan, Pariwisata, Kuliner dan Fesyen Syariah Potensial di Indonesia

Newswire
Sabtu, 5 Juni 2021 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dinilai memiliki potensi besar dalam industri keuangan syariah global, menyusul meningkatnya minat masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan syariah di Tanah Air.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid mengatakan industri keuangan syariah Indonesia berkembang pesat, yang mana pada 2019 berada di urutan keempat, sekarang (2021) transaksi syariah menduduki urutan kedua setelah Malaysia.

Dia mengatakan sektor ekonomi syariah yang berpotensi dikembangkan di Indonesia, selain sektor ekonomi seperti perbankan syariah, lembaga keuangan nonbank, pasar modal, dan rumah sakit Islam, juga industri perhotelan, pariwisata, kuliner halal, dan fesyen.

Menurutnya Indonesia juga memiliki potensi dari sisi industri halal sebesar Rp6,546 triliun. Adapun potensi bisnis industri halal sebesar yang mencapai Rp5,645 triliun.

“Saya yakin Indonesia menjadi kekuatan baru dalam industri syariah yang bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya dikutip dari Antara.

Berdasarkan laporan Islamic Finance Development Indicators (IFDI) 2020 dari Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICD) dan Revinitiv dari 135 negara, Indonesia masuk dalam 5 besar negara berdasarkan nilai aset dengan transaksi 3 miliar dolar AS, di bawah Arab Saudi (17 miliar dolar AS), Iran (14 miliar dolar AS), Malaysia (10 miliar dolar AS).

“Kemajuan ini mencerminkan besarnya peluang Indonesia untuk menjadi kekuatan industri keuangan syariah dunia. Apalagi, market share keuangan syariah kita masih di angka 9,96 persen. Kita terus dorong agar penetrasi industri jasa keuangan syariah terus meningkat,” katanya.

Arsjad mengungkapkan meningkatnya posisi Indonesia di tingkat global tidak terlepas dari dukungan pemerintah yang gencar melakukan riset, sosialisasi, dan edukasi menyangkut keuangan syariah. Di sisi lain, kesadaran masyarakat atas pentingnya industri syariah juga terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro