Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukan Cuma Peta Lokasi Wilayah, Ini 8 Hal Aneh yang Terlihat Lewat Google Earth

Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.
Sartika Nuralifah
Sartika Nuralifah - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  12:42 WIB
Gambar Lion King di Google Earth
Gambar Lion King di Google Earth

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mencari alamat lewat Google Earth? Sepertinya hampir semua pengguna smartphone pernah memakainya.

Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.

Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.

Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005, dan sekarang tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows 2000, XP, atau Vista, Mac OS X 10.3.9 dan ke atas, Linux, dan FreeBSD.

Dengan tambahan untuk peluncuran sebuah klien berbasis update Keyhole, Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005 dan 2006, menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasi geospasial.

Globa virtual ini memperlihatkan rumah, warna mobil, dan bahkan bayangan orang dan rambu jalan. Resolusi yang tersedia tergantung pada tempat yang dituju, tetapi kebanyakan daerah (kecuali beberapa pulau) dicakup dalam resolusi 15 meter.

Semisal, Las Vegas, Nevada dan Cambridge, Massachusetts memiliki resolusi tertinggi, pada ketinggian 15 cm (6 inci). Google Earth membolehkan pengguna mencari alamat (untuk beberapa negara), memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk mencari lokasi.

Tapi, ternyata selain memperlihatkan hal-hal tersebut, google earth juga kerap menampilkan gambar atau hal unik yang tidak kita sangka-sangka.

Berikut adalah 8 hal yang unik tidak biasa dan dapat Anda lihat lewat Google Earth :

1. Hutan Gitar

Sebagian besar foto hutan dari udara tidak memiliki bentuk yang istimewa. Namun, berbeda dengan hutan yang ada di Argentina. Bentuk hutan tersebut terlihat seperti gitar. Hutan ini sebenarnya hutan buatan manusia yang dibangun pada tahun 1979 oleh Pedro Martin Ureta, yang ingin memberikan penghormatan kepada istrinya yang meninggal pada saat melahirkan. Hutan gitar ini membentang sepanjang 1 kilometer dan terdiri dari 7.000 pohon. Kordinat hutan gitar ini adalah 33°52'04.4"S 63°59'13.2"W

2. Lion King

Singa sepanjang 147m diciptakan oleh Kebun Binatang Whipsnade di Inggris. Konon, singa adalah ikon dari daerah tersebut. Namun selama Perang Dunia Kedua harus ditutup-tutupi untuk mencegah Jerman menggunakannya sebagai penanda navigasi saat terbang. Singa ini selesai dibuat pada tahun 1933 dengan 800 ton kapur putih. Koordinat Lion King ada di 51°50'55.1"N 0°33'16.6"W.

3. The Potash Ponds

The Potash Ponds adalah sebuah kolam warna-warni yang terletak di tengah gurun. The Potash Ponds berada di Utah. Warna-warni itu adalah hasil dari proses penambangan kalium, diekstrasi, air kalium tersebut dituangkan kedalam The Potash Ponds sehinga mengalami penguapan. Koordinat The Potash Ponds adalah 38°29'0.16″LU 109°40'52.80″W.

4. Simbol Batman

Simbol Batman ini adalah situs Skuadron Tempur ke-44 Angkatan Udara AS. Sebenarnya, tidak diketahui siapa pembuatnya, tetapi symbol tersebut telah ada sejak 1980-an. Koordinat simbol batman berada di 26°21'28.4"N 127°47'01.7"E.

5. Danau Darah

Danau Lago Vermelho adalah danau yang berwarna merah seperti darah. Danau ini terletak di Baghdad, Irak. Pertama kali ditemukan pada tahun 2007. Koordinat Danau Lago Vermelho terletak pada 33.396157° N, 44.486926° E.

6. Space Invanders Buildings

Beberapa orang mengatakan bahwa Space Invanders Buildings terlihat seperti permainan arcade klasik tahun 1978 yaitu Space Ivanders. Ada pula yang menganggapnya seperti sekumpulan kepiting yang sedang bepergian bersama. Space Invanders Buildings terletak di HBD blocks Woodlands, Singapura. Koordinat Space Invanders Buildings adalah 1.4418° N, 103.8074° E.

7. Pulai Berbentuk Hati

Pulau berbentuk hati ini berada di Kroasia. Pulau ini biasa disebut Pulau Galesnjak. Pulau ini tidak berpenghuni, hanya berisi tanaman, pepohonan liar dan dikelilingi oleh pantai yang belum terjamah. Pulau ini ditemukan pada tahun 2009. Koordinat pulau berbentuk hati ini terletak pada 43°58′41.24″N 15°23′1.14″E.

8. Coca-Cola Logo

Untuk memperingati hari jadinya yang ke-100, Coke meletakkan logo mereka di tengah gurun yang berada di Chili. Logo ini terdiri dari 70.000 botol dan membuat iklan Coca-Cola mendapatkan a Guinness World Record pada tahun 1986. Koordinat Coca-Cola terletak di 18°31'45.1"S 70°15'00.0"W.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google unik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top