Pintu masuk Wisata Gumuk Reco, Desa Wisata Sepakung, Banyubiru, Semarang./Bisnis-Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Travel

Kemenparekraf Cari Desa Wisata Paling Menawan

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 1 Juni 2021 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus menyuarakan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Penghargaan dengan tema Indonesia Bangkit itu telah diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno pada Jumat (30/4/2021).

Pada kunjungannya di Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (31/5/2021) Sandiaga Uno menyatakan keberadaan wisata dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

"Kami harapkan masyarakat bisa mendukung dan berpartisipasi pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, dengan begitu desa wisata mampu menggerakkan ekonomi masyarakat Indonesia secara langsung," ujarnya secara virtual yang disiarkan pada instagram resmi @kemenparekraf.ri.

Terdapat tujuh kategori yang dilombakan di Anugerah Desa Wisata 2021 ini yaitu homestay, toilet, souvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif, dan daya tarik wisata desa tersebut.

Seluruh desa wisata di seluruh Indonesia dapat mendaftarkan desanya di ajang tersebut pada situs jadesta.com dari 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

Nantinya pada 7 Desember akan dilanjutkan dengan proses kurasi dan penilaian.

Sandiaga juga mengatakan Anugerah Desa Wisata itu akan berjalan sangat ketat kerena ada banyak sekali desa di Indonesia.

Namun ia mengharapkan bila semua Desa terus semangat dalam kompetisi dalam mempromosikan kekayaan wilayahnya.

"Desa wisata diharapkan akan memikat banyak wisatawan untuk datang dengan begitu berdampak positif bagi warga lokal terutama dalam perekonomian," tutup Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro