Wisata alam Gunung Gajah Mungkur
Travel

Gunung Gajah Mungkur Bakal Jadi Tempat Wisata Alam

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 30 Mei 2021 - 20:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memiliki wilayah yang indah dan bisa dijadikan pusat wisata. Salah satunya di Kabupaten Sukoharjo dengan wisata alam gunung Gajah Mungkurnya.

Selain gunung Gajah Mungkur di kabupaten ini juga ada karisidenan Surakarta (Solo) dimana letaknya sangat strategis ditengah-tengah pulau Jawa yang berpenduduk 150 juta jiwa (data BPS 2019).

Dilalui jalan tol dan lokasinya juga dekat dengan bandara, stasiun kereta api, dan terminal bus, menjadikan Sukoharjo sebagai alternatif jalan-jalan yang tepat, terutama untuk wisata alam nya yang memiliki keindahan dan panorama alam yang menakjubkan.

Machmud Lutfi Huzain, pemuda asal Sukoharjo berusia 30 tahun, berkeinginan untuk mendirikan pariwisata di desa nya itu. Karena menurutnya, desa nya memiliki keindahan dari pemandangan alam nya yang dapat menjadi daya tarik masyarakat serta cocok untuk dijadikan tempat wisata.

“Karena saya dari desa, lahir di desa, saya ingin berjuang membangun desa saya. Karena di desa saya masih tertinggal jauh. Jadi saya mau buat pariwisata, yang sebenarnya desa saya memiliki pemandangan alam yang indah sekali, saya ingin masyarakat Indonesia bisa melihat nya,” tutur Machmud Luthfi Huzain.

Dia menuturkan, telah membeli lahan seluas 28 hektar, untuk membangun pariwisata di desanya. Gunung Gajah Mungkur lah yang menjadi tempat wisata yang akan Ia bangun, tepatnya di Dukuh Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, provinsi Jawa Tengah.

Nantinya tempat wisata ini akan diberi nama Solo Grand View. Pembangunannya akan dilakukan bertahap mulai dari 6 hektar yang nanti pada area wisatanya akan meliputi Infinity Pool, Resto, Villa Resort, Invisible Zoo.

“Akses selama ini melalui Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Tapi kurang strategis. Jadi saya bertekad untuk membuat jalan tembus dari kaki gunung Gajah Mungkur, Desa kedungsono, sampai puncak sejauh 2 KM,” kata Machmud.

“Mohon dukungannya, terutama Pemerintah serta Bapak Presiden Jokowi, dan dalam hal ini kementerian Pariwisata bapak Sandiaga Uno dan Pemda setempat untuk ikut serta mendukung pariwisata yang akan kami bangun ini,” tambahnya.

Di Gunung Gajah Mungkur kita dapat melihat ketinggian dari atas gunung dengan menikmati pemandangan alam yang terbuka jelas dengan leluasa. Terdapat hamparan persawahan Kabupaten Sukoharjo yang tampak begitu luas, karena memang Sukoharjo terkenal dengan julukan sebagai Lumbung Padi Jawa Tengah karena luas sawahnya.

Selain itu, di sebelah timur laut kita dapat melihat Gunung lawu dengan jelas, dan di bentang timur yang terbuka lah tentunya akan menjadikan tempat sunrise yang terlihat jelas, di saat cuaca cerah.

Tak hanya pada saat cuaca cerah. Pada malam hari pun pada puncak Gunung Gajah Mungkur, meski gelap, tetapi tetap terlihat indah karena terdapat cahaya dari kawasan sekitarnya yang begitu menawan. Puncak Gunung Gajah Mungkur juga bisa menjadi spot terbaik untuk mengabadikan momen milky way atau gugusan bintang di langit.

Machmud merupakan pengusaha sukses yang merintis dari budidaya mikroalga. Pemuda ini juga berkesempatan diliput oleh salah satu stasiun acara televisi Trans7 dengan memperkenalkan budidaya spirulina nya yang telah mendunia.

Ia telah memiliki total 12 perusahaan yang bergerak pada bidang bioteknologi, kesehatan, kecantikan, pertanian, property, aplikasi, dan kini juga mulai merambah pada bidang pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro