Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Destinasi Alam Menakjubkan di Yogyakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menarik untuk dikunjungi pada setiap sudutnya. Tak hanya Malioboro, Yogyakarta memiliki banyak destinasi yang wajib dikunjungi terutama wisata alamnya.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  15:46 WIB
Gua Jomblang Grubug/ tankapan layar dari YouTube Super Junior Analog Trip
Gua Jomblang Grubug/ tankapan layar dari YouTube Super Junior Analog Trip

Bisnis.com, JAKARTA - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menarik untuk dikunjungi pada setiap sudutnya. Tak hanya Malioboro, Yogyakarta memiliki banyak destinasi yang wajib dikunjungi terutama wisata alamnya.

Mulai dari keindahan gunung, eksotisnya perbukitan, asrinya hutan, cantiknya telaga dan gua ada di kota pelajar ini.

Berikut rangkuman lima tempat wisata alam yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta :

1. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo merupakan gua alam yang terdapat di Pegunungan Menoreh. Gua menakjubkan ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Namun aksenya yang kurang memadai dan masih menjaga alam sehingga hanya memungkinkan kendaraan beroda dua yang masuk. Dan, bagi kendaraan beroda empat hanya yang berukuran kecil yang memungkinkan.

Anda dapat menikmati pemandangan alam pegunungan yang memesona di sepanjang jalan menuju Gua Kiskendo.

Di dalam Gua Kiskendo berhiaskan stalagmit dan stalaktit yang unik, dan indah. Selain itu, di dalamnya juga terdapat aliran sungai bawah tanah. Valume sungai akan bertambah banyak jika musim penghujan tiba.

2. Hutan Bunder

Hutan Bunder merupakan hutan wisata yang berada di jalur lalu lintas Wonosari-Yogya. Ada berbagai jenis pohon yang tumbuh di hutan Bunder, dan yang paling terkenal adalah pohon kayu putih.

Jangan khawatir akan terjebak dengan kehidupan hutan yang minim akses, DDI sana ada fasilitas yang bisa memanjakan wisatawan seperti pendopo, mushola, warung-warung kaki lima dan arena bermain anak.

Anda dapat menikmati rindangnya pepohonan ditemani suara-suara aneka satwa.

2. Gua Jomblang Grubug

Gua satu ini menjadi begitu fenomenal setelah boyband asal Korea Selatan, Super Junior dan juga Seventeen mengunjunginya. Gua Jomblang Grubug terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Untuk menuju kedua gua tersebut cukup menantang dengan medan batuan di sepanjang jalan menuju lokasi gua. Dan, yang membuatnya begitu menarik, wisatawan harus menuruni tebing sekitar 60 meter dengan menggunakan tali. Tali tersebut bukan di tarik menggunakan menggunakan mesin, melainkan oleh sekumpulan pria yang akan memegang tali dari tebing.

Setelah berada di dalam Gua Jomblang, Anda harus menelusuri lorong gua akan menghubungkan Gua Jomblang dengan gua vertikal lainnya yang bernama Gua Grubug.

Lorong tersebut cukup lebar dengan panjang sekitar 500 meter. Setelah sampai di dalam gua, siapapun akan di buat terpana dengan pemandangan cahaya matahari yang menerobos gelapnya gua.

3.Gua Bentis

Gua bentis dihiasi stalagmit dan stalaktit yang indah yang bergerombol kecil memanjang seperti akar.

Dan yang mempercantik adalah warna dari stalagmit dan stalaktit yang lebih gelap dibandingkan dengan warna stalagmit dan stalaktit pada umumnya.

Gua Bentis terletak di daerah Bentis, kawasan Pantai Wediombo, Gunungkidul.

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Cantik dan megah, kiranya ungkapan terima yang bisa menggabarkan objek wisata ini.

Tebing Breksi tidak terbentuk secara alami, tetapi berasal dari bukit batu biasa yang ini menjelma menjadi begitu indah akibat terkikis aktivitas penambangan bahan material bangunan oleh warga sekitar.

Penambangan itu telah berlangsung selama bertahun-tahun sejak tahun 1980-an dan menjadi sumber mata pencarian warga.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Gemericik air tersebut akan membuat tempat tersebut cocok untuk menenangkan pikiran. Terletak di Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunungkidul, air terjun Sri Gethuk menyajikan pemandangan indah dengan batuan berundak-undak di bawah air terjun.

Untuk ke sana, dapat dicapai dengan kendaraan yang harus melewati hutan kayu putih milik Perhutani.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gua wisata yogyakarta
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top