Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Keindahan Kepulauan Galpagaos, yang Bakal Direstorasi Leonardo Dicaprio

Leonardo Dicaprio berjanji akan merestorasi kepulauan Galpagaos dengan sumbangan 43 juta dolar. Intip keindahan pulau ini yuk
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Mei 2021  |  10:08 WIB
Galpagaos Island
Galpagaos Island

Bisnis.com, JAKARTA - Bintang Hollywood Leonardo DiCaprio telah bekerja sama dengan organisasi konservasi, Re: Wild, dan menjanjikan uang senilai US$43 juta untuk memulihkan Kepulauan Galpagos.

Dia akan membantu upaya konservasi yang dipimpin oleh LSM di seluruh pulau. Dia mengumumkan kolaborasinya melalui saluran Instagram-nya. Program konservasi bertujuan untuk memperkenalkan kembali 54 spesies terancam dan 13 spesies lokal lainnya yang punah ke Pulau Floreana dalam upaya untuk memulihkannya.

Aktor dengan basis penggemar besar di seluruh dunia, dan 48 juta lebih pengikut di Instagram, juga memiliki akun Instagram-nya diambil alih oleh spesialis satwa liar dan restorasi untuk hal yang sama. Dia bertujuan untuk 'membangun kembali' pulau-pulau yang indah, dan mendapat dukungan dari Direktorat Taman Nasional, Kementerian Lingkungan dan Air Ekuador, dan Yayasan Charles Darwin.

Upaya konservasi juga bertujuan untuk melindungi hutan belantara di sini dari pariwisata. Sebagian dari dana tersebut juga akan digunakan untuk program penangkaran, yang bertujuan untuk mencegah kepunahan sejumlah spesies, termasuk iguana merah muda serta sumber daya laut lainnya.

Leonardo DiCaprio dikutip mengatakan bahwa, "Di seluruh dunia, alam liar menurun. Kami telah merusak tiga perempat dari tempat-tempat liar dan mendorong lebih dari 1 juta spesies ke ambang kepunahan. Lebih dari separuh kawasan liar yang tersisa di bumi bisa punah. dalam beberapa dekade mendatang jika kita tidak bertindak tegas ... Pahlawan lingkungan yang dibutuhkan planet sudah ada di sini. Sekarang kita semua harus bangkit menghadapi tantangan dan bergabung dengan mereka. "

Kepulauan Galápagos atau Galapagos adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan. Galapagos terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan.

Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih sedang dalam proses pembentukan. Galapagos memang merupakan salah satu daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia.

Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam.

Kepulauan ini dibagi kepada dua belahan: utara dan selatan khatulistiwa. Garis khatulistiwa melewati bagian utara pulau terbesar, Isabela.

Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam pada 1959, melindungi 97,5% wilayah kepulauan ini. Sisanya diberikan kepada pemukiman manusia yang sudah ada pada waktu itu. Sekitar 1.000 hingga 2.000 orang tinggal di sana. Pada 1972 sebuah sensus dilakukan dan sejumlah 3.488 jiwa tercatat. Hingga 1980-an, jumlah ini telah meningkat hingga 15.000 orang.

Salah satu pemandangan di Kepulauan Galapagos

Pada 1986 lautan di sekitarnya dinyatakan sebagai cadangan kelautan. UNESCO menetapkan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978[2] yang kemudian diperpanjang pada Desember 2001 untuk memasukkan wilayah cadangan kelautan. Yayasan Charles Darwin yang didedikasikan untuk pemeliharaan kepulauan ini didirikan di Belgia pada 1959.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restorasi ekosistem leonardo dicaprio
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top