Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grab Uji Coba Layanan Antar Makanan Pakai Robot

Grab Food menyediakan layanan antar dengan bantuan robot yang akan mulai uji coba di Singapura Juni 2021
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Mei 2021  |  14:50 WIB
Logo angkutan online Grab - Reuters/Edgar Su
Logo angkutan online Grab - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA - Grab Singapura melakukan uji cova layanan pilot robot runner di Paya Lebar Quarter (PLQ) Mall, mulai minggu kedua bulan Juni.

Robot layanan antar ini akan membantu mengkonsolidasikan pesanan di beberapa restoran di dalam mal sebelum menyerahkannya ke mitra pengiriman di titik pengumpulan pusat untuk pengiriman jarak jauh.

Melalui layanan percontohan ini, mitra pengiriman Grab diproyeksikan dapat menghemat waktu antara lima hingga lima belas menit dari waktu yang biasa dibutuhkan untuk menavigasi pusat perbelanjaan dan mengumpulkan setiap pesanan.

Sejak Grab memperkenalkan fitur mix-and-match ke beberapa mal tahun lalu, fitur ini semakin populer di kalangan konsumen karena mereka dapat memesan dari berbagai restoran di dalam mal dan hanya membayar satu biaya pengiriman.

Namun, dengan jumlah pesanan yang meningkat, mitra pengiriman mendapati diri mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk bermanuver melalui kerumunan untuk menemukan banyak restoran di dalam mal. Percontohan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengiriman dengan mengurangi waktu pengiriman secara keseluruhan, dan berpotensi memungkinkan mitra pengiriman untuk memenuhi lebih banyak pesanan per hari.

“Lendlease bangga bermitra dengan Grab dalam proyek percontohan yang menggunakan teknologi untuk memfasilitasi layanan pesan-antar makanan yang lebih aman dan lebih cepat. Dengan lokasi sentral bagi pengendara Grab untuk mengambil pesanan dan penggunaan teknologi untuk mengelola alur kerja logistik, kami akan dapat meminimalkan kontak antar-orang dan melakukan bagian kami untuk menjaga kesejahteraan pengendara, penyewa, dan pelanggan. Kami sedang mengupayakan kolaborasi jangka panjang dengan Grab untuk memenuhi permintaan pelanggan dan meningkatkan pengalaman berbelanja, ”kata Audrey Balakrishnan, Manajer Umum, Paya Lebar Quarter dilansir dari laman resmi Grab.

“Sebagai platform teknologi yang melayani konsumen, pedagang, dan pengendara pengiriman, kami terus mencari solusi inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengiriman secara keseluruhan untuk semua pihak. Ini adalah keseimbangan yang bagus untuk dicapai dan kami percaya bahwa teknologi canggih seperti AI dapat membantu kami melakukannya dengan baik. Lanskap pengiriman makanan berkembang sangat cepat dan kemungkinan inovasi tidak terbatas. Saya bersyukur bahwa Lendlease berbagi rasa lapar yang sama untuk membuat terobosan baru melalui teknologi yang mendalam dan sangat mendukung uji coba ini. Saya yakin ini akan memberi kami pembelajaran yang baik untuk iterasi di masa mendatang dan kami berharap dapat memiliki lebih banyak mitra yang bereksperimen dan mencoba solusi baru bersama kami, ”kata Yee Wee Tang, Managing Director, Grab Singapore.

“Kami telah melihat peningkatan pesanan sejak Grab memperkenalkan layanan mix-and-match mereka ke PLQ Mall. Pelanggan yang sebelumnya tidak mau membayar biaya pengiriman hanya untuk satu cangkir bubble tea sekarang dapat menambahkannya ke pesanan makanan mereka. Bagaimanapun, orang Singapura sepertinya meminum bubble tea dengan segalanya! Jadi saya senang Grab bereksperimen dengan model ini karena salah satu prioritas kami adalah memastikan minuman kami sampai ke pelanggan secepat mungkin agar tetap terasa segar. Tidak selalu mudah bagi pengirim barang untuk mengumpulkan pesanan dari berbagai toko, saya senang melihat hasilnya! " kata Tuan Kang Puay Seng, CEO, Gong Cha.

Tentang Grab Robot Runner

Robot ini dirancang dalam kemitraan dengan Techmetics Robotics yang berspesialisasi dalam merancang berbagai robot seluler otonom. Pelari robot Grab akan memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungannya melalui kecerdasan buatan (AI) dan mengoptimalkannya untuk efisiensi maksimum. Itu juga dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sensor Light Detection and Ranging (LIDAR) built-in untuk mendeteksi rintangan yang masuk, pesan suara otomatis yang memberi tahu pembeli tentang keberadaannya dan kemampuan untuk memindai dan memantau jarak terdekatnya secara real-time ke hindari rintangan mendadak dan cegah tabrakan.

Karena kebersihan sangat penting bagi Grab dan konsumen kami, gerobak makanan pada pelari robot akan dilengkapi dengan kunci kombinasi. Kombinasi tersebut akan diberikan hanya kepada merchant yang berpartisipasi dan staf Grab yang berjaga di lokasi pengambilan, untuk mencegah gangguan oleh orang yang lewat.

Selama fase uji coba, robot runner ini berpotensi melayani hingga 35 merchant GrabFood dan GrabMart di basement dua PLQ Mall dan mengangkut sekitar lebih dari 250 pesanan per hari. Sebagai permulaan, pelari Grab akan memandu pelari robot pada rute idealnya. Ini akan memungkinkannya untuk belajar, beradaptasi dan berfungsi secara efektif dalam pengaturan yang terkendali. Uji coba ini diharapkan berlangsung selama satu bulan dan Grab akan meninjau kinerja dan kelayakannya sebelum memperluas layanan ini ke lokasi lain.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot Grab
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top