Les Deux Mangots. /hotellutetia.com
Travel

Menyusul Inggris, Eropa Akhirnya Menggeliat Kembali

Ni Luh Anggela
Rabu, 19 Mei 2021 - 13:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Eropa terbangun dari pandemi dengan kafe di Paris, penjual gelato di Roma, dan taman bir di Bavaria dibuka kembali menjadi ujian utama untuk pemulihan kawasan dalam hal kesehatan dan ekonomi.

Pihak berwenang di seluruh Benua Eropa melonggarkan pembatasan karena tingkat infeksi turun dan vaksinasi meningkat.

Melansir Bloomberg, Rabu (19/5/2021) Italia, episentrum awal krisis di Eropa, akan menghapus jam malam nasionalnya dalam beberapa pekan mendatang, dan pembatasan ketat secara bertahap mereda di seluruh Jerman. Di Prancis, restoran dapat melayani tamu di luar ruangan mulai hari Rabu, dan museum, termasuk Louvre, berencana untuk menyambut pengunjung lagi.

Saat kafe Paris - termasuk bekas tempat nongkrong Ernest Hemingway Les Deux Magots - bersiap, Moulin Rouge yang terkenal ikut serta dalam kegembiraan pekan ini, mengirim penari Can-can ke jalan untuk mempromosikan rencana pembukaan kembali kabaret pada bulan September dengan menampilkan tanggal di bagian bawah rok mereka.

Terlepas dari kegembiraan, masih ada masalah di wilayah tersebut, yang telah kambuh lebih dari sekali dalam upayanya mengalahkan Covid-19. Dan, dengan varian baru yang menular dari India serta menyebar dengan cepat di tempat lain, tindakan untuk mengatasi penyakit akan tetap terlihat.

Di Berlin, pengujian akan diperlukan untuk makan di luar di restoran, yang dapat dibuka kembali pada hari Jumat, dan kehidupan jalanan Paris diperkirakan kurang ramai dibandingkan sebelum pandemi.

"Kami senang bisa buka kembali dan diberkati memiliki lokasi yang luar biasa," kata Paolo Viglianisi, 66, pemilik Paparazzi, sebuah restoran yang terletak di alun-alun yang tenang tepat di belakang gedung opera Paris. "Akan tetapi segalanya tidak akan pernah seperti dulu lagi."

Restoran itu memiliki 39 karyawan sebelum krisis, dan Viglianisi mengatakan dia akan memulai dengan hanya sekitar 15 staf pada hari Rabu. Dia bermaksud untuk mendapatkan kembali sekitar 100 tamu untuk makan siang dan 100 lainnya untuk makan malam - kira-kira dua pertiga dari level sebelum krisis.

“Sinar matahari, cuaca hangat akan membantu, tetapi Anda harus menemukan kembali diri Anda,” katanya di tengah persiapan untuk pembukaan kembali.

Banyak hal yang dipertaruhkan. Setelah awal yang lamban untuk kampanye vaksinasi, pembukaan kembali Eropa mengikuti Inggris dan AS, dan wilayah tersebut tidak mampu untuk tertinggal jauh di belakang.

Komisi Eropa pekan lalu meningkatkan prospek pertumbuhan 2021 untuk kawasan euro menjadi 4,3 persen setelah memperhitungkan dana pemulihan bersama blok 800 miliar euro (US$975 miliar) untuk pertama kalinya. Tapi kecepatan itu masih belum mencapai rebound setidaknya 6 persen yang diharapkan ekonom di AS dan Inggris.

Di Spanyol, restoran dan teater dibuka kembali sekitar dua minggu lalu dengan pembatasan kapasitas dan tutup lebih awal di sebagian besar wilayah. Di Barcelona, permintaan dari penduduk lokal tidak cukup untuk menggantikan jutaan turis yang dulu memadati kota, kata Sergi Ferrer, Presiden Asosiasi Pemilik Toko di Distrik Pantai Barceloneta.

“Jika kami tidak memiliki turis musim panas ini, itu akan menghancurkan kami,” kata Ferrer, yang mengelola sebuah restoran di dermaga kota. “Restoran dipenuhi dengan penduduk setempat pada siang hari pada Jumat, Sabtu, dan Minggu, tetapi keadaan belum cukup baik untuk kami buka pada malam hari.”

Di Roma, mereka memperpanjang jam malam hingga jam 10 malam. Akan membuat perbedaan besar untuk bisnis seperti restoran ikan Ripa 12 di distrik Trastevere yang trendi. Meskipun telah dibuka sejak akhir April, meja di luar ruangan kosong di sore hari, menandakan kebangkitan bisa dilakukan secara bertahap.

"Pelanggan kami adalah orang-orang profesional yang bekerja sampai larut, jarang muncul sebelum jam 9 malam," kata pemilik Vincenzo Colao. Dengan jam malam awal yang diberlakukan hingga minggu ini, "banyak dari mereka tidak muncul sama sekali", katanya, seraya menambahkan bahwa pendapatan telah turun sekitar 70 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Ini serupa di Paris, di mana meja di luar restoran Paparazzi hanya untuk maksimal enam orang, dan diperlukan ruang di antara mereka. Menu juga telah disusun kembali. Viglianisi mengatakan bankir dan pengacara yang pernah dia layani tidak akan datang sesering dulu.

“Bekerja dari rumah tidak akan pernah hilang,” katanya. “Orang akan kembali ke kantor dua atau tiga hari sepekan, lalu mereka akan segera pergi ke pedesaan. Saya akan melakukan hal yang sama jika saya bisa."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro