Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di area Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (18/3/2020). Pengelola TMII secara bertahap melakukan rangkaian tindakan disinfeksi di setiap lokasi wisata dan anjungan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19). Bisnis/Arief Hermawan P
Travel

TMII Ramai Hingga Sore, Pengelola Imbau Pengunjung Tak Usah Datang

Desyinta Nuraini
Sabtu, 15 Mei 2021 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diserbu pengunjung hari ini, Sabtu (15/5/2021). Tampak sejumlah warga dengan kendaraan bermotor berkerumun di pintu gerbang lokasi wisata tersebut.

Dalam sebuah postingan di Twitter, pengunjung mengaku tidak diperbolehkan masuk oleh pihak pengelola padahal sudah memberi tiket secara online. Sementara gambar lain menunjukkan antrean panjang membludak menuju salah satu pintu gerbang masuk TMII.

Kepala Humas TMII Adi Widodo mengatakan pihaknya sengaja memberlakukan buka tutup untuk masuk ke area lokasi wisata tersebut. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kapasitas pengunjung kurang lebih 18.000 orang.

"Kami pertahankan kapasitas 30 persen," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Sabtu (15/5/2021)

Hingga pukul 14.00 WIB katanya tercatat ada 24.000 pengunjung dan 6.000 di antaranya sudah meninggalkan TMII.

Adi menjelaskan sistem buka tutup ini sudah dilakukan 2 kali hingga pukul 14.00 WIB. Pertama pintu kembali dibuka pada pukul 12.00 WIB dan kemudian pukul 14.30 WIB.

Apakah akan dibuka kembali? Kata Adi, semuanya tergantung pada situasi dan kondisi yang terjadi di TMII. Namun, dia menyarankan sebaiknya yang baru berniat untuk pergi ke TMII menjelang sore ini agar mengurungkan niatnya karena pengelola mempertahankan kapasitas pengunjung sebesar 30 persen.

"Kami imbau masyarakat yang ingin berkunjung ke TMII mengurungkan lah daripada kecewa. Tutup loket jam 8 malam," tegasnya.

Sementara itu, Adi menuturkan bahwa protokol kesehatan di TMII diberlakukan secara ketat. Pengunjung akan dicek suhu, wajib mengenakan masker, dan kendaraan yang masuk akan disemprot desinfektan.

"Bagi yang tidak lolos cek suhu minta putar balik [tidak boleh masuk TMII]," ungkapnya.

Di area TMII pun pengelola menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun. Cek suhu juga diberlakukan di setiap wahana di lokasi wisata ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro