Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Unik, Restoran di Jepang ini Tidak Punya Nama

Mie Soba Sen, dengan kuahnya yang beraroma, sangat kuat dan lezat, tersedia di restoran tanpa nama.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 13 Mei 2021  |  15:18 WIB
Restoran soba di Jepang tanpa nama
Restoran soba di Jepang tanpa nama

Bisnis.com, JAKARTA--  Beberapa restoran di Jepang tidak ingin repot memuat papan nama  restoran. Mereka cenderung tak memberi nama karena lebih suka  untuk menyampaikan jenis makanan yang ditawarkan dari pada nama tempat.

Salah satunya, restoran dengan tanda berwarna kuning di Higashikanda, Tokyo yang terletak tidak jauh dari Akihabara. Melansir dari soranews24, Jumat (13/5/2021) tak jauh dari Akihabara, ada tempat soba yang memberi layanan  makanan untuk disantap namun tak  bernama.

Bagian depan hanya bertuliskan soba. Artinya memberi tahu  bahwa restoran tersebut menyajikan mie soba. Bagian tulisan tachigui, bukanlah nama tempat itu juga. Itu hanya istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan restoran berdiri dan makan yang Anda taruh di konter tanpa kursi.

Harga yang ditawarkan tempat tersebut sangat terjangkau. Tapi tidak ada petunjuk. Bahkan noren, kain gorden yang tergantung di depan pintu masuk, hanya bertuliskan soba udon, yang memberi tahu  bahwa pengunjung dapat memilih di antara dua jenis mie tersebut.

Jika diamati  hanya ada  nama makanan: Soba, Udon, Tendon dan Kari. Tidak ada satu petunjuk apa pun tentang  nama restoran itu.

Pria di belakang meja, Maeda, yang ternyata adalah pemilik restoran segera menjawab nama restoran tersebut adalah Soba Sen.  Maeda menjelaskan restoran itu telah berbisnis di sana selama sekitar 50 tahun, tetapi pada awalnya tidak ada nama yang ditetapkan. Orang hanya menyebutnya tempat tanda kuning soba atau Ito, nama pemilik sebelumnya.

"Saya hanya melanjutkan tradisi untuk tidak menuliskan nama restoran di papan nama kami," ujarnya.

restoran tanpa nama di Jepang

Namun, meski apresiasinya terhadap tradisi menghubungkan Soba Sen dengan masa lalunya, Maeda bukanlah pria yang sepenuhnya kuno. Dia bekerja di IT sampai sekitar lima tahun yang lalu, dan bahkan sekarang menikmati membuat PC sebagai hobinya.

"Ibuku bekerja di sini selama 20 tahun, mulai sebagai pekerja paruh waktu dan terus bekerja hingga dia mengambil alih sebagai pemilik dari lima orang pegawai. Sekitar lima tahun yang lalu, dia ingin pensiun, dan tidak ada orang yang bisa mengambil alih darinya. Jadi saya setuju untuk membantu di restoran selama beberapa bulan, dan tanpa saya menyadarinya, saya sudah lama berada di sini sehingga akhirnya saya menjadi pemiliknya," ungkapnya.

Mie Soba Sen, dengan kuahnya yang beraroma, sangat kuat dan lezat, dan terasa lebih enak saat  merenungkan bagaimana mie tersebut dibuat oleh seseorang yang bahkan tidak benar-benar berencana untuk menjadi ahli soba.

Kadang-kadang tidak mengetahui petualangan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya membuatnya semakin spesial, meskipun, seperti pergi ke restoran yang Anda tidak tahu namanya memberi makanan, dan pengalaman, rasa istimewanya sendiri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang makanan restoran
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top