Mentega/Istimewa
Kuliner

Ini 11 Langkah Membuat Mentega di Rumah

Newswire
Rabu, 12 Mei 2021 - 19:17
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA – Mentega mungkin bisa menjadikan salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan. Hal itu pun bisa dilakukan mulai dari mengetahui cara membuat mentega.

Mentega yang merupakan produk minyak hewani dan bukan produk nabati tentu saja memiliki kandungan nutrisi. Dalam satu sendok malan mentega terkandung 100 kalori, 12 gram lemak, 7 gram lemak jenuh, 0,5 gram minyak trans 31 mg kolestrol, 0 gram karbohidrat, dan 0 gram gula.

Bahan makanan yang terbuat dari krim susu yang sudah dipasteurisas (dipaksakan) ini, sudah ditemukan berabad-abad lalu. Biasanya mentega digunakan sebagai olesan roti dan biskuit perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan dan kadang bahan ini digunakan untuk menggoreng.

Membuat mentega pun tidak bisa dilakukan secara terburu-buru seperti memperhatikan kualitas susu yang akan nantinya sebagai bahan untuk membuat mentega. Susu yang disiapkan pun haruslah memiliki kondisi yang bersih dan suhu rendah. Berikut cara membuat mentega yang bisa dilakukan di rumah:

  1. Alat dan bahan.

Hal yang paling utama yang disiapkan tentu saja alat dan bahan untuk pembuatan seperti menyiapkan susu segar, garam, dan pewarna Sedangkan untuk alatnya yang harus disiapkan yaitu itu krim separator, Alat pemanas seperti panci dan kompor, terakhir alat pengocok (Churn).

  1. Menyimpan susu mentah didalam kulkas kurang lebih selama 24 jam.

Pada tahap ini masukkan susu ke dalam wadah tertutup dan diamkan kedalam kulkas selama 1 sampai 2 hari.

  1. Perlukan wadah berkapasitas 1 liter penutup wadah dan sendok yang akan digunakan untuk mengambil krim.
  2. Lalu gunakan sendok yang sudah disterilkan untuk mengambil krim yang mengapung dipermukaan susu, lalu pindahkan krim ke dalam sebuah gelas takar lakukan proses tersebut sehingga tidak ada tersisa.
  3. Tambahkan buttermilk atau cairan yang tersisa jika ingin mengkulturisasi mentega agar menghasilkan cita rasa sedikit asam.
  4. Memindahkan krim ke dalam wadah lalu matangkan krim selama 5 sampai 12 jam, letakkan wadah di dalam kotak pendingin, lalu tuangkan air sampai setengah wadah terendam dan diamkan hingga mencapai 24°C.
  5. Lalu dinginkan kembali wadah berisi krim di dalam air es selama 5 sampai 10 menit.
  6. Jika sudah didinginkan kocok wadah berisi krim selama 5 sampai 12 menit, pastikan wadah tertutup rapat dan kocok dengan kuat hingga beratnya terasa bertambah.
  7. Jika proses pengocokan krim sudah selesai maka siapkan wadah, saringan berlubang kecil, kemudian Letakkan kain muslim di atas wadah dan saringan tersebut.
  8. Setelahnya tuangkan mentega dan buttermilk ke atas kain, cuci mentega yang tertinggal di atas kain penyaring dengan air es, hingga berulang sebanyak 2 kali proses pencucian mentega dengan air es.
  9. Langkah selanjutnya cara mmebuat mentega, masukkan kembali mentega ke dalam wadah lalu uleni mentega dengan sendok kayu hingga tidak ada air yang tersisa di mentega. Lalu masukkan mentega ke wadah kedap. Kemudian, simpan wadah ke dalam kulkas. Habiskan mentega dalam waktu maksimal 3 minggu atau juga bisa bekukan mentega selama 6 sampai 12 bulan agar lebih tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro