Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuti Bersama 2021: 3 Tempat Wisata di DKI Jakarta Buka saat Lebaran

Jika Anda ingin menghabiskan cuti bersama Lebaran 2021, ini daftar 3 tempat wisata di DKI Jakarta yang buka selama libur Idulfitri 1442 Hijriah.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 11 Mei 2021  |  13:52 WIB
Cuti Bersama 2021: 3 Tempat Wisata di DKI Jakarta Buka saat Lebaran
Taman Mini Indonesia Indah - wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menetapkan cuti bersama Lebaran 2021 untuk ASN pada Rabu, 12 Mei 2021 sebagai cuti Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Pemerintah juga menegaskan cuti bersama Hari Natal pada 24 Desember 2021. 

Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No.7/2021 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021. 

Adapun, Hari Raya Idulfitri diprediksi akan jatuh pada 13-14 Mei 2021. Namun, pengumuman resmi Lebaran masih menunggu sidang Isbat yang akan digelar sore ini, Selasa (11/5/2021). 

Pemangkasan cuti bersama dan penerapan larangan mudik membuat warga tidak bisa keluar kota selama libur Lebaran 2021. Salah satu opsi yang dapat dilakukan, yaitu berada di rumah atau berlibur ke destinasi wisata di dalam kota. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan pemerintah daerah di wilayah Jabodetabek sepakat untuk membatasi kegiatan wisata selama libur lebaran tahun ini. 

Anies menerangkan seluruh daerah bakal mematok maksimal pengunjung sebesar 30 persen dari total kapasitas. Selain itu, tempat wisata hanya akan menerima pengunjung sesuai KTP domisili. 

“Kawasan wisata hanya menerima pengunjung ber-KTP setempat, jadi tempat wisata di Bogor hanya menerima pengunjung dari Bogor, tempat wisata di Jakarta hanya menerima pengunjung ber-KTP Jakarta,” kata Anies setelah mengadakan rapat koordinasi bersama Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya dan perwakilan dari pemerintah daerah Bodetabek di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/5/2021).

Jika Anda ingin menghabiskan cuti bersama Lebaran 2021, ini daftar 3 tempat wisata di DKI Jakarta yang buka selama libur Idulfitri 1442 Hijriah: 

1. Taman Margasatwa Ragunan

Dilansir dari akun Instagram Resmi @ragunanzoo, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) membuka kunjungan saat hari kedua Idulfitri 1442 Hijriah. 

Masyarakat yang akan berkunjung ke Ragunan, diwajibkan mendaftar online sebelum berkunjung H-1 melalui website resmi Ragunan Zoo atau https://linktr.ee/Ragunanzoo 

Lantaran masih dalam situasi pandemi, pengunjung diwajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan memakai masker dan menjaga jarak. Pihak pengelola juga terus mematuhi protokol kesehatan ketat dengan menyediakan area disinfektan, tempat cuci tangan disegala tempat serta melakukan batasan kunjungan maksimal 30 persen agar tidak terjadi kepadatan pengunjung dan kerumunan wisatawan.

2. Ancol & Atlantis

Taman Impian Jaya Ancol dipastikan tetap buka selama libur Lebaran. Tetapi, taman hiburan di Ibu Kota itu akan menerapkan tes GeNose C-19 khususnya bagi pengunjung wahana air Atlantis. 

Vice President Sea World, Ocean Dream Samudra dan Atlantis Rika Sudranto mengatakan tes GeNose itu diperlukan untuk memastikan setiap pengunjung dalam kondisi negatif Covid-19 sebelum menikmati wahana air tersebut.

"Jadi bukan hanya kereta atau pesawat saja yang menerapkan tes nanti, tapi kami juga akan memastikan bahwa mereka yang masuk Atlantis sudah tidak ada orang tanpa gejala [OTG] atau apapun," katanya, dikutip dari tempo.co, Selasa (11/5/2021).

Rika mengatakan pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Atlantis sebesar Rp105.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya GeNose.  Jika ada pengunjung yang ternyata positif saat tes, maka Ancol akan segera berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat dan dilakukan pengantaran pasien positif tersebut dengan ambulans.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 

Kepala Humas TMII Adi Widodo mengatakan TMII tetap buka selama libur Lebaran. Namun, kapasitas pengunjung maksimal 30 persen. 

"Kapasitas 30 persen, berarti 18 ribu orang dalam suatu waktu. Apabila kapasitas sudah penuh akan dilakukan penutupan akses masuk TMII berkoordinasi dengan aparat Kepolisian," kata Adi Widodo kepada ANTARA, Senin (11/5/2021). 

Adi Widodo melanjutkan bahwa jam operasional TMII dimulai pada pukul 06.00-18.00 WIB. Untuk antisipasi banyaknya pengunjung, Adi mengatakan bahwa pihak pengelola TMII telah menyiapkan sejumlah fasilitas untuk mendukung protokol kesehatan.

"Untuk prokes dari gerbang kendaraan disemprot disinfektan, pengecekan suhu di loket dan wajib mengenakan masker. Beberapa lokasi strategis disiapkan tempat cuci tangan, begitu juga di setiap wahana," ujar Adi. 

Anda dapat membeli tiket masuk TMII dan wahana di dalamnya melalui situs: https://ticket.tamanmini.com/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ancol taman mini indonesia indah lebaran kebun binatang ragunan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top