Muffin SBB alias Sehat, Berserat dan Bermikronutrien. /Philip Indonesia
Kuliner

Yuk Coba, Resep Muffin Sehat dan Mudah untuk Lebaran

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 10 Mei 2021 - 23:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meski Lebaran tahun ini kembali tidak dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman, rasa dan kelezatan makanan bisa menghubungkan jarak yang terpisah. Terlebih, dengan aneka sajian yang sehat dan memperkuat imun tubuh.

Rita Ramayulis, Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, mengatakan selama ini kue Lebaran identik dengan rasa manis, berlemak jenuh, tidak berserat, dan tidak bermikronutrien. Padahal, dalam situasi pandemi, tentu saja kita harus senantiasa meningkatkan imunitas tubuh dan menghindari hal-hal yang dapat menurunkan imunitas tubuh.

"Di antara upaya meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan bijak memilih makanan yang baik untuk kesehatan. Konsumsi gula berlebih, lemak jenuh berlebih serta rendah serat dan mikronutrien itu berisiko melemahkan imunitas tubuh,” ujarnya dalam keterangan pers Philips Indonesia, Senin (10/5/2021).

Oleh karena itu, Rita menyarankan agar disiplin dalam mengonsumsi kue Lebaran, serta menyiasati pemilihan bahan dan cara pembuatannya.

Untuk hal itu, Rita Ramayulis membagikan resep Muffin lezat yang lebih berserat, rendah gula, serta berlemak rantai menengah dan lemak jenuh rendah yang cocok untuk sajian Lebaran.

Muffin SBB (Sehat, Berserat dan Bermikronutrien).

Porsi 4 orang, persiapan 10 menit, waktu memasak 15 menit.

Bahan A :
- 75gr tepung gandum utuh (diayak)
- 1 1/2 sdt baking soda Gluten free
- 1 sdt kayu manis
- Garam sejumput

Bahan B:
- 1 telur ayam kampung
- 2 sdm gula kelapa organik
- 35ml susu
- 40ml sari almond
- 50gr minyak kelapa

Bahan isi dan taburan :
- 75gr cranberry kering

Alat :
- 8 mangkok kertas muffin

Cara membuat:

  1. Campurkan bahan A di mangkok sampai tercampur rata dan sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula dengan kecepatan rendah (kurang lebih 2 menit). Di wadah yang berbeda, kemudian masukkan satu persatu bahan B lalu aduk rata.
  3. Masukkan bahan A ke dalam mangkok bahan B dan campur sampai rata dengan menggunakan spatula.
  4. Masukkan 50gr isian muffin cranberry ke dalam adonan.
  5. Siapkan mangkok kertas muffin. Setiap mangkuk menggunakan dua lapis kertas. Lalu tuang adonan pada ketas dan taburi atas adonan dengan cranberry.
  6. Panaskan Airfyer dengan suhu 200 selama 3 menit, kemudian masukkan muffinnya dan turunkan suhu ke 165, setelah 5 menit turunkan suhu menjadi 145 sampai muffin matang.
  7. Angkat muffin dan sajikan.

Penggunaan air fryer memungkinkan pemanggangan kue dengan menggunakan embusan udara yang dipanaskan sesuai dengan derajat panas yang diinginkan sehingga dapat mematangkan kue tanpa merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro