Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bekas Gedung Pos Pasar Baru Disulap Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda

Di Jakarta masih banyak gedung bersejarah yang telah memiliki perjalanan yang panjang, Kantor Pos Pasar Baru. Gedung yang dibangun pada 1912 itu akan dialihfungsikan menjadi ruang kreatif publik bagi anak-anak muda yang DNA kreatifnya mengadopsi M Bloc.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  17:30 WIB
Gedung bekas Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta.  - Pos Bloc Jakarta
Gedung bekas Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta. - Pos Bloc Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – Di Jakarta masih banyak gedung bersejarah yang telah memiliki perjalanan yang panjang, Kantor Pos Pasar Baru. Gedung yang dibangun pada 1912 itu akan dialihfungsikan menjadi ruang kreatif publik bagi anak-anak muda yang DNA kreatifnya mengadopsi M Bloc.

Nantinya tempat tersebut akan bernama Pos Bloc Jakarta (PBJ). Saat ini pihak PBJ sedang melakukan tahap renovasi dan menyaring para calon UMKM yang akan bergabung menjadi tenant. Jika tidak ada aral melintang agar PBJ akan dibuka mulai 17 Agustus 2021.

CEO Pos Bloc Jakarta Jimmy Saputro mengatakan bahwa mengelola gedung bekas salah satu kantor pos tertua di Indonesia tersebut adalah kesempatan besar untuk memajukan pelaku ekonomi lokal. Nantinya gedung akan difungsikan sebagai tempat nongkrong kekinian sekaligus ruang kreatif publik dalam lingkup cagar budaya.

"Selain menjadi objek wisata, tempat ini juga akan menjadi objek sejarah bagi para anak muda, serta akan membantu menghidupkan geliat para pelaku ekonomi lokal,” ujarnya secara virtual pada acara Pos Bloc Jakarta Tenant Hunt, Jumat (7/5/2021).

Jimmy menyatakan bahwa menggunakan bangunan yang terletak di Weltevreden atau kini disebut Jakarta Pusat itu adalah tanggung jawab besar. Dengan kekayaan aset bangunan dan sejarahnya yang berharga menjadi tantangan sendiri bagi timnya untuk meramu setiap program, aktivitas, even, kurasi tenant bahkan hingga ke pemilihan musiknya.

Kurasi tahap satu akan dilakukan dari 7 Mei 2021- 7 Juni 2021.

Selain itu, nanti akan ada berbagai program seni, budaya, hiburan berbasis komunitas hingga kolaborasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan rutin diadakan di tempat ini. Semaksimal mungkin bakal mengundang partisipasi publik dan para stakeholder di sekitar kawasan.

Tenant & Buillding Director M Bloc Space Jacob Sura mengatakan PosBlocJakarta akan terdiri dari dua lantai, di mana pembangunannya masih masuk tahap satu. Menurutnya, hanya ada beberapa yang di perbaiki, namun tak ada karekter yang diubah karena bangunan sudah sangat indah.

Direncanakan, proyek PosBlocJakarta akan mencakup pembangunan jembatan yang menjadi akses ke Pasar Baru.

“Semua elemen akan diusahakan tetap harmoni sehingga tidak menghilangkan atau mengubah karakter asli dari gedung. Pos Bloc Jakarta ini akan menjadi destinasi dan histori Jakarta yang ikonik dari perjalanan Batavia,” tutup Jacob.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kafe gedung betawi kantor pos Pos Bloc Jakarta
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top