Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Naik Pesawat Saat Libur Lebaran? Ini Tipsnya Saat Pandemi

Penumpang pesawat yang duduk di kursi dekat jendela memiliki lebih sedikit kontak memiliki potensi yang lebih kecil untuk sakit.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 05 Mei 2021  |  13:44 WIB
Dua pramugari melintas di lorong pesawat dalam acara Kartini Flight yang diadakan Sriwijaya Air Group, Minggu (21/42019). - Bisnis/Sriwijaya Air Group
Dua pramugari melintas di lorong pesawat dalam acara Kartini Flight yang diadakan Sriwijaya Air Group, Minggu (21/42019). - Bisnis/Sriwijaya Air Group

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang libur Lebaran, sebagian orang memilih untuk berlibur berwisata ataupun pulang ke kampung halaman meskipun pemerintah melarang mudik. Pesawat adalah akomodasi mayoritas yang digunakan untuk berpergian.

Namun, hal perlu diperhatikan adalah di dalam pesawat merupakan ruang tertutup dengan menggunakan pendingin ruangan. Sehingga Anda perlu memperhatikan keamanan diri selama di pesawat. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar liburan Anda tetap aman.

1. Gunakan masker

Sangat disarankan untuk menggunakan masker dengan minimal dua lapis selama penerbangan. Jenis masker yang disarankan digunakan adalah N95, N99 dan masker bedah karena umumnya masker jenis tersebut lebih efektif untuk menangkal virus.

Anda juga dapat menggunakan masker kain saat berpergian. Pilihlah masker yang terbuat dari bahan katun tebal, dengan kerapatan yang maksimal. Hindari juga menggunakan masker yang memiliki ventilasi karena tidak dapat mencegah penyebaran virus. 

2. Buat Rencana Untuk Pergi ke dan dari Bandara

Sebelum pandemi, naik transportasi umum menjadi pilihan untuk anda pergi ke bandara karena praktis dan murah. Namun, di saat seperti ini Anda perlu mempertimbangkan jarak sosial dan keamanan saat menaiki transportasi umum.

Jika Anda menggunakan transportasi online pastikan selalu memakai masker sepanjang waktu, membersihkan tangan sebelum dan sesudah keluar masuk kendaraan, dan membuka jendela saat perjalanan.

3. Menjaga agar Tangan Selalu Bersih

Di masa pandemi, mencuci tangan seharusnya sudah menjadi sebuah kebiasaan. Sering-seringlah mencuci tangan saat berpergian dengan sabun dan air selama 20 detik.

Jika tidak memungkin, selalu bawa hand sanitizer baik gel ataupun spray untuk digunakan di pesawat. Jangan lupa untuk membersihkan tangan setelah menyentuh permukaan benda. Jika menggunakan hand sanitizer spray, Anda menggunakannya untuk pembersihan permukaan benda sebelum di sentuh.

4. Pilih Tempat Duduk Dekat Jendela

Sebuah studi dari Emory University menemukan bahwa tempat teraman untuk duduk di pesawat adalah dekat jendela, terutama selama musim flu.

Para peneliti mengamati penumpang dan awak pesawat dari 10 penerbangan dengan durasi penerbangan antara 3 hingga 5 jam, hasilnya ditemukan orang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki lebih sedikit kontak dengan orang yang berpotensi sakit.

5. Pilih Penerbangan Terakhir

Salah satu protokol kesehatan yang masih digaungkan adalah menghindari kerumunan dan tidak bergerombol. Hindari bergerombol saat boarding.

Usahakan pilih boarding paling paling terakhir untuk menghindari kemungkinan Anda berdekatan dengan penumpang lainnya saat mengantri atau berjalan di koridor.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat Protokol Pencegahan Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top