Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Traveler, Ini 10 Negara yang Menerima Wisatawan yang Telah Disuntik Vaksin

Beberapa tujuan wisata telah membuka perbatasan untuk warga negara Amerika Serikat yang telah mendapatkan vaksinasi penuh. Sebelumnya, tujuan-tujuan wisata tersebut menutup perbatasan untuk para pelancong asal Paman Sam.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  15:21 WIB
Hotspot Ekologis Kepulauan Galapagos di Ekuador. - Reuters
Hotspot Ekologis Kepulauan Galapagos di Ekuador. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Pandemi Covid-19 telah membuat sejumlah negara menutup perbatasannya, bahkan spesifik untuk negara tertentu. Namun, vaksinasi yang dilakukan membuat sebuah negara membuka kembali perbatasannya untuk warga negara lainnya.

Dilansir dari Travel and Leisure, beberapa tujuan wisata telah membuka perbatasan untuk warga negara Amerika Serikat yang telah mendapatkan vaksinasi penuh. Sebelumnya, tujuan-tujuan wisata tersebut menutup perbatasan untuk para pelancong asal Paman Sam.

Meskipun begitu, mereka tetap harus memiliki hasil tes negatif Covid-19 terlepas dari status telah divaksinasi jika baru melakukan perjalanan internasional.

Berikut adalah negara-negara yang saat ini menerima orang Amerika yang divaksinasi.

1. Bahama

Bahama menyambut para pelancong yang telah menerima vaksin Pfizer-BioNTech, Moderna, Johnson & Johnson, atau AstraZeneca secara penuh.

Mereka yang mendapat suntikan dibebaskan dari persyaratan pengujian pra-kedatangan serta protokol kesehatan pengujian di pulau.

Bahama juga menyambut pelancong yang tidak divaksinasi, tetapi mengharuskan mereka untuk menunjukkan bukti tes PCR Covid-19 negatif yang diambil tidak lebih dari 5 hari sebelum tiba, mengisi kuesioner kesehatan harian, dan melakukan tes antigen COVID-19 secara cepat pada hari kelima perjalanan mereka.

Anak-anak berusia 10 tahun ke bawah juga dibebaskan dari pengujian.

Semua pelancong ke Bahama harus mengajukan permohonan Visa Kesehatan Perjalanan Bahama dan ikut serta dalam asuransi kesehatan Covid-19.

2. Belize

Belize akan membebaskan persyaratan pengujian Covid-19 bagi pelancong yang dapat menunjukkan bukti bahwa mereka telah divaksinasi penuh.

Wisatawan internasional harus memesan penginapan mereka di "Gold Standard Hotel" dan mengunduh aplikasi kesehatan negara.

Belize juga menyambut pelancong yang tidak divaksinasi, tetapi mengharuskan mereka memiliki bukti tes PCR Covid-19 negatif yang diambil dalam 96 jam perjalanan atau tes cepat negatif dalam waktu 48 jam perjalanan, atau wisatawan dapat diuji setibanya di bandara dengan harga US$50.

3. Kepulauan Virgin Inggris

Kepulauan Virgin Inggris menyambut wisatawan yang divaksinasi penuh dengan tindakan karantina yang lebih pendek mulai 15 Mei.

Wisatawan akan diminta untuk menunjukkan bukti tes PCR Covid-19 negatif dari dalam 5 hari setelah tiba, diuji pada saat kedatangan, dan karantina hingga tes itu kembali negatif. Mereka tidak akan diminta untuk melakukan pengujian lagi.

Wisatawan yang tidak divaksinasi juga dapat berkunjung, tetapi harus dikarantina selama 4 hari dan menjalani tes lagi pada hari keempat selain tes pra-perjalanan dan kedatangan.

4. Kroasia

Kroasia menyambut pelancong yang divaksinasi dari negara-negara, termasuk AS, membebaskan mereka dari pengujian pra-kedatangan atau persyaratan isolasi diri.

Pelancong yang divaksinasi harus tiba setidaknya 14 hari setelah menerima suntikan terakhir dari vaksin dua dosis atau vaksin Johnson & Johnson dosis tunggal.

Semua turis AS, apa pun status vaksinasi mereka, juga harus menunjukkan bukti akomodasi berbayar di hotel, kamp, persewaan pribadi, atau kapal sewaan.

Reservasi tidak cukup, menurut Kedutaan Besar AS di Kroasia , dan harus dibayar di muka.

Sebagai alternatif, Kroasia juga menyambut turis Amerika yang belum divaksinasi tetapi mengharuskan mereka untuk menunjukkan bukti PCR negatif atau tes antigen cepat Covid-19 yang diambil dalam waktu 48 jam setelah tiba atau menunjukkan bukti bahwa mereka telah tertular Covid-19 dan pulih dalam waktu 6 bulan terakhir.

Anak-anak di bawah 7 tahun dengan orang tua atau wali dibebaskan dari syarat itu.

Mereka yang datang dengan tes cepat negatif dan tinggal lebih lama dari 10 hari harus menjalani tes ulang dalam 10 hari tersebut.

5. Ekuador

Turis dengan vaksin Covid-19 dapat memasuki Ekuador dan melakukan perjalanan ke salah satu tujuan pulau paling populer, yakni Kepulauan Galapagos.

Wisatawan yang tidak divaksinasi juga diizinkan mengunjungi Ekuador dan kepulauan-kepulauannya yang terkenal dengan bukti tes antigen negatif yang diambil dalam 72 jam setelah keberangkatan, atau bukti pemulihan baru-baru ini dari Covid-19.

Pengunjung harus mematuhi peraturan jarak sosial dan memakai masker wajah selama mereka menginap.

6. Georgia

Georgia menyambut pelancong AS yang tiba melalui udara yang telah menerima kedua dosis vaksin.

Mereka yang sudah divaksinasi penuh tidak perlu menjalani tes sebelum kedatangan atau karantina saat tiba di sana.

Pelancong yang tidak divaksinasi juga dapat mengunjungi negara itu, tetapi harus tiba dengan tes PCR Covid-19 negatif yang diambil dalam waktu 72 jam, mendapatkan tes PCR tindak lanjut pada hari ketiga setelah tiba di negara itu, dan melengkapi aplikasi dengan rincian kontak mereka dan sejarah perjalanan.

7. Yunani

Yunani berencana menyambut wisatawan yang divaksinasi penuh dan pengunjung asing lainnya dengan antibodi virus corona atau hasil tes negatif tepat pada waktunya untuk perjalanan musim panas.

Negara itu berharap secara resmi menggelar tikar selamat datang pada 14 Mei atau hanya beberapa hari sebelum 17 Mei, waktu Inggris mengatakan akan mengizinkan penduduk untuk melanjutkan perjalanan internasional.

8. Islandia

Islandia menyambut pelancong yang divaksinasi penuh dari AS mulai 6 April tanpa perlu karantina atau menjalani pengujian wajib.

Negara itu juga akan menyambut para pelancong yang dapat menunjukkan bukti bahwa mereka terinfeksi COVID-19 dan sembuh.

9. Israel

Israel akan membuka perbatasannya untuk pelancong yang divaksinasi penuh mulai 23 Mei.

Pada awalnya, kelompok wisata terpilih akan diizinkan untuk berkunjung. Pada Juli, negara tersebut mengharapkan dapat terbuka untuk pelancong individu.

Semua pengunjung ke Israel akan diminta untuk menjalani tes PCR Covid-19 sebelum naik pesawat serta menjalani tes antibodi untuk membuktikan vaksinasi mereka setibanya di Bandara Ben Gurion.

10. Seychelles

Seychelles menyambut pelancong yang divaksinasi penuh ke pantainya yang murni yang berasal dari negara mana pun.

Wisatawan harus membuktikan bahwa 2 minggu telah berlalu sejak mereka menerima dosis kedua.

Mereka juga harus menunjukkan bukti tes PCR Covid-19 negatif yang diambil di laboratorium terakreditasi dalam 72 jam perjalanan.

Wisatawan harus mengisi izin perjalanan kesehatan yang menunjukkan sertifikat vaksinasi, hasil tes, konfirmasi penerbangan, dan rincian akomodasi.

Negara ini akan dibuka kembali untuk semua pelancong - divaksinasi atau tidak - setelah sebagian besar penduduknya divaksinasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top