Ilustrasi wajan
Kuliner

Pemilihan Alat Masak Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 1 Mei 2021 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wajan atau panci antilengket merupakan salah satu alat masak yang cukup sering digunakan untuk memasak atau menggoreng makanan yang mudah menempel. Alat masak antilengket digunakan banyak orang karena lebih mudah dibersihkan sehingga menghemat waktu dan tenaga.

Namun, beberapa jenis alat masak antilengket memiliki bahan kimia sintetis bernama Perfluorinated Alkylated Substances (PFAS) atau asam perfluorooktanoik yang bisa berbahaya bagi tubuh. Karena itu, dalam memilih alat masak antilengket, sebaiknya menggunakan alat masak yang tidak memiliki kandungan PFAS tinggi.

Saat ini ada banyak pilihan produk alat masak antilengket yang lebih aman dan tidak memiliki bahan kimia berbahaya yang bisa mengontaminasikan racun pada makanan, salah satunya adalah alat masak yang terbuat dari batu maifan.

Batu maifan sendiri merupakan batuan mineral khusus yang telah berabad-abad digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Batu maifan memiliki kemampuan penyerapan yang kuat untuk ion logam berat dan racun di dalam air, serta mengurangi konsentrasi dan menghambat kecepatan reproduksi bakteri. Jadi, selain bebas dari bahan kimia PFAS yang berbahaya, batu maifan justru juga meningkatkan efek pada kesehatan.

Bahan batu maifan pada produk wajan ini membuat pemanasan jadi lebih cepat tersebar merata serta tidak memerlukan banyak minyak. Masakan pun lebih sehat untuk dikonsumsi, terutama bagi yang sedang diet.

Hai Fei Qing selaku Owner Royalstar salah satu penyedia wajan atau frying pan yang terbuat dari batu maifan mengatakan biasanya wajan jenis ini memiliki 5 lapisan perlindungan dan tahan aus hingga 30.000 kali.

“Dengan lapisan antilengket berkualitas tinggi, serta bebas dari PFOA, suatu bahan kimia berbahaya yang biasa digunakan dalam proses pembuatan teflon, pemakaian wajah ini aman dan sehat,” ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro