Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tujuan Wisata Ramah Muslim di Indonesia

Tidak hanya itu, Lombok juga pernah menyabet sejumlah penghargaan, salah satunya World’s Best Halal Beach Resort dalam World Halal Tourism Award 2016.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 29 April 2021  |  16:50 WIB
Kampung Sarugo sudah cukup dikenal secara lokal Sumatera Barat, namun belum memiliki gaung yang cukup besar untuk skala nasional.  - API
Kampung Sarugo sudah cukup dikenal secara lokal Sumatera Barat, namun belum memiliki gaung yang cukup besar untuk skala nasional. - API

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dan memiliki tujuan wisata yang ramah muslim.

Berdasarkan laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada 2019, sekitar 20 persen dari 14,92 juta turis asing yang datang ke Indonesia merupakan wisatawan muslim.

Saat ini perkembangan wisata ramah muslim telah memasuki fase pasar global. Jadi, melakukan pengembangan moslem friendly tourism wajib dijalankan, guna mendorong Indonesia menjadi pemimpin dalam wisata ramah muslim dunia.

Masih dalam laman Kemenparekraf, lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescentRating, menyebutkan ada 5 destinasi moslem friendly tourism Indonesia yang tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019.

1. Lombok

Lombok merupakan salah satu tujuan wisata ramah muslim yang ada di Indonesia selain memiliki keindahan alam yang mengagumkan.

Lombok pernah menduduki peringkat pertama wisata halal di Indonesia versi “Indonesia Muslim Travel Index” (IMTI) 2019.

Tidak hanya itu, Lombok juga pernah menyabet sejumlah penghargaan, salah satunya World’s Best Halal Beach Resort dalam World Halal Tourism Award 2016.

Saat ini terdapat sekitar 60 restoran bersertifikat halal, 8.456 masjid, dan 60 hotel bersertifikat halal.

Ditambah lagi, Lombok memiliki 25 situs heritage Islam, 98 dari 161 moslem friendly attraction, 7 islamic event, dan 11 paket tur wisata halal.

2. Aceh

Tujuan wisata ramah muslim lainnya di Indonesia adalah Aceh.

Di Aceh, para pelancong dapat mengunjungi tujuan wisata unggulan seperti Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, hingga berbagai pantai cantik yang akan melengkapi liburan di destinasi ramah muslim ini.

3. Sumatera Barat

Daerah lain di Indonesia yang masuk dalam daftar tujuan wisata ramah muslim adalah Sumatera Barat.

Pada World Halal Tourism Award 2016, Sumatera Barat meraih 3 penghargaan, yaitu World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Di daerah ini telah terdapat pembangunan rumah ibadah di seluruh destinasi wisata sebagai bentuk keseriusan mengoptimalkan potensi wisata ramah muslim di Sumatera Barat.

4. Kepulauan Riau

Sama halnya dengan Aceh, Kepulauan Riau menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia.

Berbagai fasilitas destinasi berbasis ramah muslim tersedia di tempat ini. Di Kepulauan Riau, salah satu tujuan wisata favorit umat muslim adalah Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat.

5. Jakarta

Jakarta masuk menjadi salah satu wisata ramah muslim di Indonesia.

Di tempat ini, fasilitas hotel halal sangat lengkap. Terdapat 510 hotel dengan sertifikat halal dan 5 hotel tipe syariah. Jakarta juga memiliki 7.795 masjid, 20 situs heritage Islam, dan 19 muslim friendly attraction.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata halal
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top