Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

18 Makanan yang Dianggap Langka, Unik dan Aneh dari Berbagai Negara

Ayam Đông Tảo atau ayam naga, terlihat seperti burung yang memakai sepasang sepatu Ugg. Kaki mereka yang terlalu besar adalah ciri khas jenis unggas langka itu. Ayam Đông Tảo memiliki daging yang berwarna gelap, dengan warna yang mendekati warna merah.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 28 April 2021  |  15:00 WIB
Ayam cemani
Ayam cemani

Bisnis.com, JAKARTA -- Ada banyak sekali jenis makanan di dunia ini. Dari tiap negara memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda.
Dari yang sulit dibuat, yang sulit ditemukan bahkan yang berpotensi mematikan untuk dikonsumsi menjadi daya tarik dari sebuah makanan.

Melansir dari insider, berikut 18 makanan paling langka dari penjuru dunia :

1. Ayam ?ông Tao

Ayam ?ông Tao atau ayam naga, terlihat seperti burung yang memakai sepasang sepatu Ugg. Kaki mereka yang terlalu besar adalah ciri khas jenis unggas langka itu. Ayam ?ông Tao memiliki daging yang berwarna gelap, dengan warna yang mendekati warna merah.

Di Vietnam ayam tersebut dibiakkan. Ayam ?ông Tao akan dikonsumsi selama tahun baru Vietnam, tetapi harus lulus standar yang tinggi agar dianggap layak.

Pembeli akan mencari ayam jangkung yang memiliki berat sekitar 5 kilogram dengan daging yang tebal, lalu kaki berwarna merah dan bulu hitam mengkilat.

2. Keju keledai

Sapi Amerika pada umumnya menghasilkan sekitar 28 liter susu per hari. Bila dibandingkan dengan satu liter satu liter yang dihasilkan seekor keledai dalam 24 jam, maka keju keledai sudah terasa sangat eksklusif.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang lebih dekat dengan ASI daripada varietas umum lainnya. Bila kekurangan protein utama dalam susu sapi untuk mengolah keju, berarti proses untuk mengubah susu keledai menjadi keju juga bisa dilakukan.
Isi super dengan rasa pedas dan bersahaja keju dapat dijual seharga $ 500 untuk satu pon.

3. Teripang

Siput laut raksasa ini biasa disebut teripang. Teripang laut memiliki bentuk tubular yang tidak memiliki anggota badan dan mata, tetapi memiliki nilai uang yang sangat besar. Hewan tersebut dapat ditemukan di seluruh dunia tetapi paling banyak ditemukan di
Samudra Pasifik.

Kebanyakan tripang di olah dalam masakan Asia. Mereka disukai karena teksturnya yang tebal dan kenyal, selain itu penuh dengan protein dan antioksidan yang rendah lemak.

Teripang Jepang, penuh paku merah dan oranye, bisa membuat Anda membayar $ 3.500 untuk satu kilo atau sedikit lebih dari 2 pon.

4.Ayam Cemani

Jika Anda belum pernah mengunjungi Indonesia, kemungkinan besar Anda tidak pernah menemukan ayam ini. Ayam berwarna hitam arang dari ampela, bulu, hingga kaki.

Ayam Cemani yang dibesarkan di pulau-pulau di Indonesia memiliki gen dominan yang membuat ayam tampak hitam sampai ke organnya.

Satu ekor dari ayam tersebut bisa berharga sekitar US$200. Karena kekhawatiran penyebaran flu burung, ayam tersebut tidak sering diizinkan untuk diekspor.

5. Kaviar Almas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kaviar sangat langka. Almas berarti berlian dalam bahasa Persia, dan sementara semua kaviar berasal dari sturgeon liar. Kaviar Almas berasal dari telur ikan lainnya dengan warna keemasan yang berasal dari sturgeon albino yang sangat langka yang hidup laut Kaspia.

Kaviar almas memiliki tekstur yang lebih kenyal, dan rasa yang kurang asin tetapi lebih pedas daripada kaviar pada umumnya.

6. Saffron

Saffron adalah rempah-rempah termahal di dunia, dengan satu pon membuat Anda mengeluarkan $ 1.500 atau lebih.
Saffron berasal dari kepala putik bunga saffron crocus, atau bagian dari bunga tempat serbuk sari berkecambah.

Karena setiap bunga hanya menumbuhkan tiga stigma, dibutuhkan 17.000 bunga yang ditanam di lahan seluas seperempat hektar untuk menghasilkan satu pon. Itulah yang membuat harganya tampak sedikit lebih mahal.

7.Jamur matsutake

Jamur matsutake dikenal sebagai raja jamur di Jepang. Di hutan liar, jamur ini langka karena membutuhkan kondisi yang sangat spesifik untuk tumbuh. Bahkan jamur yang sedang mekar rentan menjadi makanan ringan bagi satwa liar.
Banyak yang mengatakan mereka layak diburu karena pedas, aromanya menyengat, dan rasa kayu yang bersahaja.

8. Sup Sarang Burung Walet

Ketika Anda memikirkan sarang burung, Anda mungkin membayangkan gundukan ranting dan daun. Tapi burung walet membuat sarang mereka seluruhnya dari air liur lengket mereka sendiri. Kemudian air liur itu membuat massa yang keras dan transparan untuk menetaskan anak-anaknya. Di alam liar, burung-burung membangun sarang mereka di tepian gua yang sangat tinggi. Biasanya, sarangnya dimasak menjadi sup agar-agar yang penuh protein.

9.Fugu Fugu

Fugu Fugu adalah sejenis ikan buntal yang memiliki hati mata dan ovarium yang beracun jika tidak dibuang dengan benar. Dan akan lebih mematikan daripada sianida jika dikonsumsi. Hal itu memberi reputasinya sebagai makanan paling berbahaya di Bumi.

Karena toksisitas inilah persiapan menyantap ikan fugu sangat diatur oleh pemerintah di Jepang, di mana fugu dianggap sebagai makanan lezat. Koki harus berlatih selama bertahun-tahun sebelum mengikuti ujian ekstensif hanya untuk mendapatkan sertifikasi untuk melayani pengunjung menyajikan fugu. Saat diiris menjadi sashimi, fugu memiliki rasa yang ringan, segar dengan tekstur kenyal.

10. Melon Yubari King

Sekilas melon ini terlihat seperti melon pada umumnya. Faktanya, satu melon Yubari King dijual seharga $ 14.500 pada tahun 2018.

Dan meskipun melon ditanam di rumah kaca dengan suhu terkontrol untuk penanaman sepanjang tahun, mereka masih cukup langka.

Itu berkat TLC yang cermat, para petani membayar hasil panen mereka melalui seluruh proses penanaman, di mana setiap pohon melon dipangkas dari hasil panennya menjadi satu buah. Bahkan buah tersebut mereka pijat dengan tangan untuk memastikan kesempurnaan.

Jika Anda ingin mencicipinya sendiri, bertemanlah dengan orang-orang terkemuka, karena melon Yubari King biasanya dibeli sebagai hadiah.

11. Ham Iberia

Dibesarkan secara eksklusif di Semenanjung Iberia di Spanyol dan Portugal, hiduplah babi Iberia hitam yang berkeliaran bebas di hutan ek berbatu yang dingin. Mereka memakan biji-bijian dan biji pohon ek.

Bagian yang paling di dambakan dari hewan itu adalah kakinya. Kaki babi akan dikubur dalam garam selama 15 hingga 20 hari dan diawetkan secara bertahap selama bertahun-tahun sebelum akhirnya siap untuk dijual.

Kemudian, kaki di diiris tipis seperti wafer dan menghasilkan daging ham asin yang manis. Teksturnya yang berlemak menjadi unik dengan sedikit rasa pedas.

12. Truffle Putih

Truffle secara umum menjadi jenis jamur yang cukup langka. Dan truffle putih membawanya ke level berikutnya. Truffle tumbuh di dekat akar pohon kemiri dan pohon ek di pegunungan Italia. Meskipun jamur liar, dibutuhkan anjing atau babi yang terlatih khusus untuk mencari dengan mengendusnya.

Truffle Alba putih tidak memiliki cangkang luar, memberikan warna emas dengan bentuk menonjol dan rasa yang sedikit berbau bawang putih, lebih kaya rasa, dan bersahaja.

13. Sirup Maple

Kita semua sudah akrab dengan sirup kental manis yang menyelimuti setumpuk pancake pada hari Minggu pagi.

Jadi, mungkin mengejutkan untuk mendengar bahwa kebaikan manis sering kali l merupakan campuran dari ekstrak dan sirup jagung fruktosa tinggi. 40 persen dari sirup maple murni AS disadap dari pepohonan di Vermont.

Dan sementara Anda mungkin berpikir, Hutan pepohonan, semua sirup ini, tidak mungkin begitu langka. Namun, kenyataannya dibutuhkan 44 galon getah untuk membuat satu galon sirup maple asli. Sirup Grade A adalah yang paling enak dan mahal untuk diproduksi, dengan warna keemasan yang lebih terang dan disertai rasa yang lembut.

14.Madu Manuka

Manuka adalah bunga asli Selandia Baru yang mekar hanya selama 12 hari. Setelah lebah melakukan pekerjaannya, madu Manuka tersedia untuk dipanen dalam jangka waktu dua hingga enam minggu yang sangat singkat. Karena itulah sebabnya madu dari bunga khusus ini mewakili sekitar 1 persen madu di dunia. Madu itu memiliki rasa yang kaya dan bersahaja dan lebih tipis dari madu yang mungkin biasa.

15.Garam Islandia

Garam adalah salah satu bumbu paling umum di seluruh dunia, tetapi tidak semua garam dibuat sama. Garam Islandia murni dapat membuat Anda membayar sekitar $ 30 per pon, yang berarti 30 kali lipat harga garam meja biasa.
Itu karena garam ini berasal dari salah satu daerah terdingin dan paling terpencil di Islandia yang dipanen dengan cermat dan diproses dengan tangan. Hal tersebut menjadikannya favorit di antara beberapa restoran terbaik dunia.

16. Keju Parmesan

Seperti Champagne atau Camembert, keju Parmesan adalah makanan teregulasi yang hanya dapat dibuat di wilayah kecil yang menjadi nama makanan tersebut.

Parmesan berasal dari bagian utara Italia yang disebut Emilia-Romagna yaitu sebuah kota bernama Parma. Hanya 329 perusahaan susu yang disertifikasi untuk membuat keju jenis ini di wilayah tersebut.

Oleh karena peraturan yang ketat, hal itu juga berlaku di seluruh dunia. Parmesan dapat berharga lebih dari dua kali lipat harga keju yang lebih umum, seperti keju cheddar.

17.Vanilla Madagaskar

Vanila mungkin tampak bukan barang langka, tetapi kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan vanilla Madagascar kacang utuh asli.
Faktanya, polong panjang ini adalah salah satu tanaman yang paling sulit dipanen di dunia, dengan bunga yang mekar hanya satu kali dalam setahun. Dan perlu diserbuki dengan tangan pada hari yang sama sebelum polong dipanen dan diawetkan selama berbulan-bulan. Dan jika Anda benar-benar baik-baik saja dengan ekstrak vanili, perlu diingat bahwa banyak produk di rak tersebut bukanlah vanili asli, karena bahkan proses itu memakan waktu. Biji vanila perlu direndam dalam alkohol bening hingga dua tahun.

18. Wasabi

Wasabi mungkin tampak seperti makanan yang cukup umum, tetapi kenyataannya, pasta hijau yang biasa dapatkan dengan sushi kemungkinan besar bukan yang asli.

Wasabi tiruan tersebut campuran sayuran akar dari keluarga yang sama, seperti lobak dan mustard. Wasabi asli adalah salah satu tanaman yang paling sulit dibudidayakan dan dipelihara di dunia. Dibutuhkan aliran air yang sangat spesifik, sinar matahari, tanah, dan suhu yang konsisten untuk tumbuh subur. Dan, dibutuhkan waktu sekitar satu setengah tahun untuk tumbuh sebelum dipanen dengan tangan dan digiling menjadi pasta untuk menghasilkan rasa bunga yang lebih bersahaja dan kaya rasa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan langka
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top