Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yuk, Eksplorasi Situs Warisan Dunia melalui Tur Virtual Borobudur

Selain warisan budaya yang sifatnya tangible, di kawasan Borobudur juga dapat ditemukan beraneka ragam warisan budaya intangible.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 April 2021  |  20:03 WIB
Para peserta diajak mengeksplorasi situs warisan dan perdesaan di sekitar Candi Borobudur, mengunjungi sanggar-sanggar kreatif yang dimiliki oleh para generasi muda Borobudur dan menikmati pertunjukan istimewa dari para seniman muda Borobudur.  - Borobudur
Para peserta diajak mengeksplorasi situs warisan dan perdesaan di sekitar Candi Borobudur, mengunjungi sanggar-sanggar kreatif yang dimiliki oleh para generasi muda Borobudur dan menikmati pertunjukan istimewa dari para seniman muda Borobudur. - Borobudur

Bisnis.com, JAKARTA - Candi Borobudur telah dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO. Selain warisan budaya yang sifatnya tangible, di kawasan Borobudur juga dapat ditemukan beraneka ragam warisan budaya intangible.

Hilmar Faried, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan bahwa untuk lebih mengembangkan potensi wisata dan warisan budaya yang ada di Borobudur, Kemendikbud tengah menyusun cerita dan narasi tentang Borobudur.

Untuk itulah, pihaknya sangat mendukung penyelenggaraan Virtual Tour Kawasan Borobudur yang diselenggarakan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) Indonesia Jakarta dan Citi Indonesia dengan dukungan Citi Foundation.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 27 April 2021 ini juga didukung oleh Balai Konservasi Borobudur, dan pemandu-pemandu muda dampingan Program Kita Muda Kreatif, yaitu program pemberdayaan pemuda UNESCO-Citi yang menargetkan 300 wirausaha muda di situs-situs warisan dunia di Danau Toba, Borobudur, Prambanan-Klaten, Yogyakarta, Kotatua-Jakarta, Bali, dan Lombok.

“Melalui Virtual Tour ini kita diundang untuk menjelajah Kawasan Borobudur untuk menemukan semua pengetahuan di balik Borobudur. Kami berharap pengetahuan yang sangat bernilai ini akan lebih meningkatkan kesadaran kita dan menginspirasi kita untuk melestarikan budaya kita,” ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Selasa (27/4/2021).

Dalam acara ini para peserta diajak untuk mengeksplorasi situs warisan dan perdesaan di sekitar Candi Borobudur, mengunjungi sanggar-sanggar kreatif yang dimiliki oleh para generasi muda Borobudur dan menikmati pertunjukan istimewa dari para seniman muda Borobudur.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari 27 provinsi di seluruh Indonesia.

Andreas Aan Sugiarto, pemandu muda dari Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, mengaku sangat senang bisa mewakili generasi muda Borobudur sekaligus dapat mempromosikan potensi potensi wisata sekitar kawasan Borobudur yang luar biasa.

“Saya juga memiliki kesempatan untuk belajar menyusun virtual tour sekaligus bertemu dengan para pembimbing hebat dalam Program UNESCO – Citi Foundation ini,” ujarnya.

Moe Chiba, Chief and Programme Specialist for Culture UNESCO Jakarta, mengatakan tur virtual ini merupakan hasil eksperimen luar biasa untuk mempersembahkan karya virtual tour ini dalam rangka Hari Warisan Dunia.

“Dalam kegiatan ini, para pemandu muda Borobudur mengambil bagian secara penuh dalam proses, serta berperan aktif untuk menjadi agen perubahan untuk mendukung pembangunan di sekitarnya,” jelasnya.

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, mengaku sangat bangga dapat mendukung keberagaman sekaligus pelestarian budaya di Indonesia melalui program Creative Youth at Indonesian Heritage Sites atau Kita Muda Kreatif.

“Dalam tahun ke-4 pelaksanaanya, fokus utama program ini adalah untuk turut membangun ekosistem yang mendukung dan berkontribusi pada kehidupan yang berkelanjutan bagi wirausahawan muda di industri kreatif yang tinggal di sekitar situs warisan Indonesia,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

candi borobudur wisata touring
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top