Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Destinasi di Filipina Ini Menarik Dikunjungi Seusai Pandemi

Sudah setahun lebih aktifitas traveling tertunda karena imbas pandemi Covid-19. Tentunya ini buat para jiwa petualang mulai berontak karena harus menahan rasa rindunya menjelajahi dunia.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 22 April 2021  |  17:06 WIB
Puka Beach. Pasir putih pantai di Boracay.  - pna.gov.ph
Puka Beach. Pasir putih pantai di Boracay. - pna.gov.ph

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah setahun lebih aktifitas traveling tertunda karena imbas pandemi Covid-19. Tentunya ini buat para jiwa petualang mulai berontak karena harus menahan rasa rindunya menjelajahi dunia.

Meski sudah memasuki era adaptasi, masih ada pembatasan sosial untuk bepergian termasuk untuk traveling. Namun, tidak ada salahnya bukan untuk merencanakan perjalanan liburan dari sekarang. Bagi masyarakat Indonesia, bisa menjadikan Filipina sebagai tujuan yang patut dipertimbangkan.

Bahkan Forbes, mendaftar Filipina sebagai salah satu dari tujuh negara yang berpotensi untuk menjadi tujuan wisata utama setelah pandemi Covid-19.

Sebagai negara yang mempunyai lebih dari 7000 pulau, Filipina dikenal oleh para wisatawan dari seluruh dunia berkat pantai yang memukau dan keindahan alam yang menakjubkan. Negara tersebut akan menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan yang mendambakan liburan dengan aman dan nyaman.

Department of Tourism (DOT) di bawah arahan Berna Romulo-Puyat, Philippine Secretary of Tourism, telah secara aktif menerapkan pedoman dan protokol kesehatan serta keselamatan publik yang baru untuk arus keluar masuk wisatawan. Hal itu dilakukan sebagai wujud persiapan menyambut kembali perjalanan wisata yang aman dan nyaman di masa depan.

Berikut adalah 7 destinasi wajib dikunjungi saat ke Filipina :

1. Baguio dan Benguet

Dikenal sebagai Kota Pinus, Baguio adalah kota di Provinsi Benguet, yang dapat diakses dalam waktu 4 hingga 6 jam dari Manila. Terkenal dengan pohon pinus dan cuacanya yang sejuk, Baguio cocok sekali untuk dan mencari kesejukan.

Mirador Jesuit Villa di Kota Baguio menawarkan perjalanan sejarah dan spiritual yang juga menghadirkan atraksi seperti rumah retret Mirador, jalur bambu, stasiun cuaca, labirin, dan kafe outdoor yang menghadap ke kota dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Selain itu, salah satu tempat wisata paling populer di Baguio adalah Museum Bencab, yang memamerkan inspirasi kreatif dari beberapa mahakarya Ben Cabrera, Seniman Visual Art Filipina.

Tujuan wajib berikutnya adalah Winaca Village (Desa Winaca) di Provinsi Benguet, yang mengantarkan pengunjung untuk lebih dekat dengan budaya asli suku Igrogot.

Yang paling baru di Benguet yakni tujuan ekowisata dan agro-wisata seperti Armando's Lemon Farm (Kebun Lemon Armando) dan Polig Berry Farm (Perkebunan Polig Berry).

Pengunjung bisa memetik lemon dan stroberi yang menyatu dengan alam sambil menikmati hasil panen secara langsung.

2. Ilocos Norte

Provinsi Ilocos Norte adalah tempat bagi banyak atraksi yang memamerkan budaya penuh warna dan keanekaragaman ekologi Filipina. Kota Paoay, Paoay Sand Dunes (Bukit Pasir Paoay) yang terkenal akan memberikan pengalaman berada di gurun bagi para wisatawan dengan kegiatan-kegiatan seru seperti sandboarding, ATV, dan naik truk 4x4.

Bagi penggemar sejarah, wajib untuk berkunjung ke Gereja Paroki St. Augustine, yang lebih dikenal dengan Gereja Paoay. Bangunan tersebut salah satu gereja Katolik tertua di Filipina dan di Asia yang dibangun pada tahun 1600-an. Situs Warisan UNESCO mempertahankan pesona arsitekturnya yang unik dan terawat dengan baik, serta memberikan representasi visual tentang pengaruh masyarakat Spanyol dalam budaya Filipina.

Selain itu, Sitio Remedios Heritage Village Resort di Currimao juga membawa wisatawan ke suasana kehidupan masa lalu masyarakat Filipina. Namun, di sana juga akan menawarkan pengalaman berwisata modern untuk liburan yang santai namun penuh makna.

3. Ilocos Sur

Ilocos Sur, Calle Crisologo yang terkenal di Vigan City selalu menjadi destinasi liburan yang menyenangkan bagi wisatawan. Pesona suasana jalan raya kuno yang terpelihara dengan indah, apalagi ketika malam hari dengan suasana lampu jalan yang menyala adalah pemandangan spektakuler yang sayang untuk dilewatkan.

Di sepanjang jalan berbatu Calle Crisologo, terdapat bangunan-bangunan dengan dekorasi detail ala era kolonial Spanyol, yang akan membawa suasana seperti melakukan perjalanan ke masa lalu.

4. Boracay

Liburan ke Filipina belum lengkap jika Anda belum berlibur ke pantai. Pulau Boracay, tentu saja merupakan salah satu yang paling terkenal di Filipina.

Setelah proyek rehabilitasi intensif di pulau Boracay yang dimulai sejak 2019 dan berlanjut sepanjang 2020, sejumlah hotel, restoran, dan tempat wisata lainnya kini siap melayani para wisatawan yang ingin menikmati kehidupan pulau.

5.Batangas

Batangas sangat disukai oleh para wisatawan yang membutuhkan suasana baru. Terkenal dengan kehidupan lautnya yang subur, tempat untuk diving, Anilao, di Mabini, destinasi tersebut patut di kunjungi pada November hingga Mei. Di musim tersebut merupakan saat paling pas untuk terjun mengarungi dunia bawah laut yang tak terlupakan.

6. Rizal

Bagi para pecinta seni Pinto Art Museum dan galeri Art Sector di Provinsi Rizal adalah jawaban yang tepat. Tempat tersebut menawarkan beberapa karya terbaik dari dunia seni kontemporer Filipina.

Awalnya lokasi tersebut terkenal dengan pameran yang bergaya mission-style, dikelilingi oleh taman yang rimbun dan cocok untuk bersantai.

Kemudian, para wisatawan juga disuguhi dengan pemandangan pegunungan dan Danau Laguna yang luar biasa. Hidden gem di provinsi Rizal, adalah Burrow Cafe, dimana pengunjung bisa menyatu dengan alam di ruang rimbun yang dikelilingi hutan lebat.

Lokasi ini juga terkenal dengan menu all-day breakfast and lunch khas Filipina. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus menuruni 76 anak tangga dari jalan utama.

7. Bacolod

Terakhir, bagi para pelancong yang ingin merasakan kehidupan yang manis, datanglah ke Bacolod, ibu kota provinsi Negros Occidental yang sering disebut sebagai ibu kota gula Filipina.

Di sana akan mendapatkan cita rasa kosmopolitan berpadu dengan kehidupan pedesaan di
Bacolod.

Untuk singgah, coba menginaplah di Casa Gamboa dan puaskan diri dengan berfoto di The Ruins. Kemudian nikmati pameran seni visual di Bacolod Art District serta masakan klasik Visayan dari Emma Lacson's House, Ann Co Cakes, dan El Ideal Bakery sebelum beristirahat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi filipina wisata bahari
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top