Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jerman Negara Favorit Tujuan Studi dan Meniti Karir

SMA Pradita Dirgantara yang bekerja sama dengan Goethe Institut menggelar webinar Program Studienbrücke melalui aplikasi zoom.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 22 April 2021  |  13:55 WIB
Autobahn, Jerman - otomotif.net
Autobahn, Jerman - otomotif.net

Bisnis.com, JAKARTA - Jerman merupakan salah satu bagian negara Eropa  yang menjadi favorit untuk menempuh studi. Meski begitu, untuk studi di negara lain tidaklah mudah. Harus ada banyak hal yang di persiapkan, terutama dalam hal biaya dan adaptasi budaya sampai persoalan bahasa.

kemarin, Selasa, (21/4/2021), SMA Pradita Dirgantara yang bekerja sama dengan Goethe Institut menggelar webinar Program Studienbrucke melalui aplikasi zoom.

Webinar tersebut diikuti oleh civitas akademika, para orang tua, dan siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara.

Expert Goethe Institut yaitu Asisten Program Studienbrücke Indonesien, Gregorius Haribudiharjo menuturkan bahwa melanjutkan studi di Jerman merupakan pilihan menarik yang patut dipertimbangkan siswa.

Pertama, dari sisi keamanan, Jerman memberikan jaminan kenyamanan kepada para pendatang yang ingin menempuh studi di negaranya, dimana hal ini bisa dilihat dari angka kriminalitas yang sangat rendah.

Kedua, dengan total penduduk 80 juta, kualitas pendidikan sumber daya manusia di Jerman cukup tinggi. Setiap kota di Jerman memiliki universitas dengan tingkat kualitas yang sama, baik tingkatan kota besar, kota kecil, atau kota yang mungkin jauh dari ibu kota. Sehingga setiap mahasiswa memperoleh kesempatan yang sama untuk lulus.

Ketiga, dengan peminat studi yang cukup tinggi, lingkungan internasional di komunitas para pendatang juga cukup kental, karena mahasiswa yang menempuh studi di Jerman berasal dari berbagai negara. Sehingga, menurut Gregorius, dibutuhkan kepekaan dan toleransi dari pendatang dari Indonesia.

Sementara itu, Dwi Novaldi yang juga merupakan Asisten Program Studienbrücke  Indonesien Goethe Institut menambahkan bahwa setelah lulus kuliah di Jerman, mahasiswa akan mendapatkan visa kerja yang berlaku selama 18 bulan.

“ Bahkan, kemungkinan besar untuk bisa diterima kerja di Jerman sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena Jerman cukup kekurangan tenaga kerja handal di beberapa tahun ke depan,” ungkap Novaldi pada keterangan resmi yang bisnis, Kamis (22/4/21)

Sementara untuk biaya pendidikan, menurut Gregorius, biaya pendidikan di Jerman sangat  terjangkau. Dibandingkan negara Inggris, Australia, dan Amerika, biaya studi di Jerman jauh lebih terjangkau.

Di akhir acara webinar, Novaldi menuturkan bahwa Jerman adalah pilihan menarik dan tepat untuk melanjutkan studi. Cukup banyak testimoni para lulusan di Jerman yang menilai bahwa Jerman adalah negara yang tepat untuk menempuh studi, karir, sampai meniti karir bisnis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jerman kuliah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top