Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Teras Santorini, Sepotong Yunani di Timur Jakarta

Santorini merupakan pulau kecil di Yunani yang menjadi salah satu tujuan favorit pelancong dari seluruh dunia. Panorama laut indah dengan deretan bangunan berwarna putih dengan kombinasi biru merupakan daya tarik utama dari pulau yang letaknya sekitar 200 km dari daratan Yunani itu.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 20 April 2021  |  13:50 WIB
Teras Santorini. Jika datang di waktu yang tepat, Anda bisa menikmati hidangan sambil mendengarkan alunan musik dari band atau musisi di panggung kecil secara langsung.   - Teras Santorini
Teras Santorini. Jika datang di waktu yang tepat, Anda bisa menikmati hidangan sambil mendengarkan alunan musik dari band atau musisi di panggung kecil secara langsung. - Teras Santorini

Bisnis.com, JAKARTA - Santorini merupakan pulau kecil di Yunani yang menjadi salah satu tujuan favorit pelancong dari seluruh dunia. Panorama laut indah dengan deretan bangunan berwarna putih dengan kombinasi biru merupakan daya tarik utama dari pulau yang letaknya sekitar 200 km dari daratan Yunani itu.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia tentu tak memungkinkan Anda untuk berkunjung ke sana dalam waktu dekat. Walaupun demikian, Anda tak perlu khawatir karena potongan kecil dari Santorini tersebut di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, lewat Teras Santorini.

Teras Santorini merupakan bagian dari Dos Hermanos Coffee & Cigar yang dimiliki oleh seorang pengusaha asal Maluku, Ewin Ahmad Mesfer. Diperkenalkan pada pertengahan 2020, Teras Santorini sukses menarik perhatian masyarakat dan viral di media sosial.

Walaupun demikian, Mesfer tak mau memanfaatkan kesempatan itu untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Setiap harinya, kecuali Senin pihaknya hanya membatasi jumlah pengunjung maksimal 100 orang mulai 12.00-19.00 WIB. Masing-masing pengunjung diberikan waktu maksimal 2 jam untuk menikmati hidangan dan berfoto.

Selain menjalankan protokol kesehatan, pembatasan itu diterapkan agar pengunjung bisa leluasa berfoto tanpa terganggu oleh pengunjung lain di sekitarnya. Agar Anda tak kecewa lantaran terlanjur datang tetapi tak diizinkan masuk, ada baiknya lakukan reservasi terlebih dahulu lewat kontak yang ada di akun Instagram @santorinijakarta.

Lokasi Teras Santorini berada di Jalan Betung Raya No. 26 Duren Sawit, Jakarta Timur, tak jauh dari RSUD Duren Sawit. Saat berkunjung ke sana, Anda disarankan untuk menggunakan taksi atau sepeda motor karena minimnya tempat parkir yang tersedia untuk kendaraan roda empat.

Tidak ada angkutan umum yang melintas tepat di depan Dos Hermanos Coffee & Cigar atau Teras Santorini. Apabila tetap ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkutan kota terintegrasi Transjakarta Jak Lingko JAK 02 Duren Sawit-Kampung Melayu dan turun di pertigaan Jalan Betung Raya.

Sebelum masuk ke Teras Santorini, Anda akan disambut terlebih dahulu dengan bangunan dengan gaya layaknya sebuah kastil lengkap dengan bangunan bernuansa kayu seperti rumah pohon yang ternyata adalah Dos Hermanos Coffee & Cigar.

Setelah masuk Anda akan disambut oleh petugas yang akan mengkonfirmasi kembali status reservasi serta mencatat pesanan makanan dan minuman. Masuk ke Teras Santorini, Anda dikenakan biaya sebesar Rp100.000 per orang termasuk menu makanan dan minuman yang bisa dipilih sesuai selera.

Menu yang dapat dipilih sebenarnya tak begitu beragam, karena memang Teras Santorini lebih menjual tempat alih-alih makanan dan minuman seperti Dos Hermanos Coffee & Cigar. Namun yang jelas, untuk makanan Anda bisa memilih menu nasi goreng dengan beragam jenis taburan atau campuran, pasta, dan burger.

Adapun, untuk minumannya Anda bisa memilih menu kopi seperti brown sugar latte, hazelnut latte, vanilla latte, caramel latte, dan americano atau menu nonkopi yang cukup unik seperti amboina blue dan tropical sunset.

Menu yang menjadi favorit pengunjung untuk makanan adalah Santorini Classic Cheeseburger. Wujudnya seperti burger keju seperti pada umumnya dengan daging atau patty yang dibuat sendiri dari daging sapi segar tanpa bahan pengawet.

Sensasi rasanya tentu saja. berbeda dengan burger keju yang dijual oleh jaringan restoran cepat saji. Untuk menambah tingkat kepedasan, Anda bisa menambahkan sendiri saus sambal yang disediakan.

Menu lain yang juga layak dicoba adalah pasta berupa spaghetti dengan saus bolognaise atau carbonara.

Kemudian untuk menu minuman, apabila tak ingin menikmati menu kopi amboina blue yang diracik menggunakan sirup khusus dan lemon segar siap menyegarkan dahaga.

Minuman ini merupakan salah satu minuman spesial yang jadi unggulan Dos Hermanos Coffee & Cigar.

Makanan dan minuman yang Anda pesan bisa dinikmati di meja-meja yang tersedia di bagian depan atau sepanjang lorong bangunan. Apabila Anda datang di siang hari tentunya meja yang berada di lorong layak untuk dipilih agar tak terpapar teriknya matahari.

Sementara untuk spot berfoto, Anda dibebaskan untuk mengeksplorasi seluruh sudut bangunan Teras Santorini. Anda bisa naik ke ke lantai dua yang mana tersedia bangunan dengan kubah layaknya sebuah sangkar untuk berfoto.

Anda juga bisa berfoto di balik tembok yang berada di bawah tangga dan berbentuk seperti goa. Apabila Anda datang sendirian, tak perlu khawatir karena ada petugas yang siap membantu untuk mengambil foto terbaik.

Jika datang di waktu yang tepat, Anda bisa menikmati hidangan sambil mendengarkan alunan musik dari band atau musisi di panggung kecil secara langsung. Asyik kan?


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Utang Yunani restoran wisata bahari
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top