Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Atomic Superyacht Tawarkan Wisata Ramah Lingkungan Seharga Rp45 Miliar, Berminat?

Kapal, yang disebut Earth 300 itu, dirancang oleh spesialis superyacht Ivan Salas Jefferson. Dengan panjang hampir 300 meter dan tinggi 60 meter, akan mampu menampung 425 orang
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 April 2021  |  14:27 WIB
Atomic superyacht - istimewa
Atomic superyacht - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah kapal bertenaga nuklir yang penuh dengan ilmuwan, aktivis, dan miliarder, mengarungi dunia dan memeriksa keadaan lautan. Itulah impian pengusaha Aaron Olivera, yang percaya bahwa kapal baru ini akan membantu meningkatkan kesadaran lingkungan.

Kapal, yang disebut Earth 300 itu, dirancang oleh spesialis superyacht Ivan Salas Jefferson. Dengan panjang hampir 300 meter dan tinggi 60 meter, akan mampu menampung 425 orang. Sebagian besar dari mereka adalah staf, ilmuwan, dan pelajar, yang bepergian secara gratis. Sejumlah turis kaya, bertempat di suite mewah, akan membayar masing-masing US$3 juta atau Rp45 miliar (kurs Rp15.000) untuk perjalanan 10 hari.

Olivera ingin Earth 300 menjadi ikon arsitektur global yang mendorong orang untuk berpikir lebih serius tentang iklim. Desain modernis, garis bersih, dek observasi kantilever, dan 'ruang sains' kaca 13 lantai dimaksudkan untuk memicu kekaguman.

“Kami ingin menginspirasi siapa pun yang melihatnya untuk menyelamatkan planet ini. Bayangkan jika kita bisa membangun sebuah objek yang akan membangkitkan orang-orang di seluruh planet ini.” ujarnya dilansir dari Bloomberg.

Di luar rencana itu, masih ada jalan panjang untuk mewujudkan superyacht itu. Butuh enam tahun dan US$5 juta untuk sampai ke titik ini, di mana desainnya bisa dibawa ke galangan kapal untuk mengerjakan konstruksi. Olivera mengatakan kelompok tersebut sedang mempertimbangkan galangan kapal di Eropa dan Korea Selatan. Eksekutif Earth 300 memperkirakan total biaya akan mencapai antara US$500 juta dan US$700 juta.

Biaya tertinggi untuk pembangkit listrik tenaga atom tanpa emisi dari Core Power yang berbasis di Inggris, yang mengembangkan reaktor garam cair yang ditanggung kapal, sebuah teknologi yang dipimpin oleh perusahaan nuklir AS yang didirikan Bill Gates, TerraPower.

Dengan kapal yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2025 dan sertifikasi untuk reaktor butuh waktu lima hingga tujuh tahun lagi, kapal tersebut kemungkinan akan berjalan pada awalnya dengan bahan bakar hijau sintetis. Tenaga penggerak atom juga dapat menimbulkan masalah dengan negara-negara seperti Selandia Baru, yang telah melarang kapal bertenaga nuklir berlabuh sejak 1984.

Olivera ingin perjalanan pertama kapal itu mengelilingi Antartika, diikuti dengan pelayaran Arktik. Kapal itu akan dirancang untuk beroperasi selama 300 hari setahun, menghasilkan sekitar US$100 juta dari turis kaya, dengan pendapatan tambahan dari penyelenggaraan acara atau set film, katanya.

Mereka yang membayar 10 suite mewah dengan balkon pribadi juga akan mendapatkan akomodasi untuk staf pribadi di kabin terpisah. Sepuluh suite lainnya akan tersedia untuk apa yang disebut Olivera "Orang-Orang yang Sangat Menarik" orang-orang dari semua lapisan masyarakat yang akan membawa pengalaman atau pengetahuan unik selama perjalanan.

Olivera membayangkan akan mengundang seniman, penjelajah, dan mahasiswa untuk menghabiskan waktu di kapal, bergaul dengan miliarder, tetapi membayar biaya yang lebih rendah atau bahkan bepergian secara gratis.

Bersama mereka, yang bekerja di 22 laboratorium, akan ada sekitar 160 ilmuwan, yang akan melakukan penelitian dan mengumpulkan data menggunakan peralatan kapal dan ribuan sensor bawaan, termasuk apa yang bisa menjadi komputer kuantum komersial pertama yang berlayar di lautan. Olivera mengatakan proyek tersebut akan menjadi "open source", dengan informasi dan fasilitas pemrosesan yang dibagikan dengan upaya penelitian iklim lainnya di seluruh dunia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata yacht
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top