Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minari, Sayuran Korea Penginspirasi Film Banyak Penghargaan

Film Korea berjudul Minari, garapan sutradara Lee Isaac Chung sukses membawa perfilman Asia bersanding dengan jejeran film Holywood. Berhasil masuk 6 nominasi Oscar 2021 membuat film tersebut selalu menarik untuk di ulas oleh para sineas.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 17 April 2021  |  10:19 WIB
Minari.  - koreajoongangdaily
Minari. - koreajoongangdaily

Bisnis.com, JAKARTA - Film Korea berjudul Minari, garapan sutradara Lee Isaac Chung sukses membawa perfilman Asia bersanding dengan jejeran film Holywood. Berhasil masuk 6 nominasi Oscar 2021 membuat film tersebut selalu menarik untuk di ulas oleh para sineas.

Namun siapa yang menyangka di balik prestasinya, film tersebut mendapatkan inspirasi dari sebuah sayuran bernama Minari.

Minari sebutan orang Korea pada sayuran peterseli air. Uniknya, minari negeri ginseng tersebut memiliki batang lebih panjang dari peterseli di Amerika. Kata Minari itu dari mi yang berarti air, dan nari yang berarti sayur. Itu menunjukkan tumbuhan minari hidup di lahan berair.

Rasanya mirip seperti peterseli dengan cecapan rasa herbal. Minari tumbuh paling subur di bagian selatan Korea Selatan. Ada banyak ladang dan lahan basah dengan sinar matahari yang baik untuk tanaman minari.

Tanaman minari yang sangat umum dan mudah ditanam, yang tersedia hampir sepanjang tahun, mulai populer berkat film pemenang Golden Globe Minari, yang tayang di bioskop lokal bulan ini. Tanaman tertentu, juga dikenal sebagai peterseli air.

Melansir dari koreajoongangdaily, Sabtu (17/4/2021), minari mudah ditanam dan tersedia hampir sepanjang tahun. Sayuran tersebut tumbuh dengan baik di daerah yang lembab dan teduh.

Tingginya yang tumbuh lebih tinggi dan lebih tipis dengan batang lebih ramping akan di labeli harga yang sedikit lebih mahal. Harga rata-rata minari adalah 3.000 won (US$ 2,70) per bungkus.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai minari:

1. Baru Populer Setelah Film Minari

Berbeda dengan naengi, dallae, dan dureup yaitu beberapa sayuran musim semi yang selalu diminati, minari baru-baru ini saja diminati karena pamor film tersebut. Bahkan banyak yang menambahkan tanaman hijau tersebut ke sajian di atas meja makan.

2. Bisa Dimakan Mentah atau Dimasak

Biasanya, yang lebih ramping dan lebih pendek akan dimakan mentah oleh orang Korea. Mereka akan merendamnya sebentar dengan minyak wijen atau gochugaru, yaitu bubuk cabai.

Bagian batang minari lebih banyak digunakan dalam resep masakan guna menambah tekstur yang renyah dan rasa yang menyegarkan. Minari yang dipanen di Cheongdo Gyeongsang utara biasanya lebih pendek ukurannya dan sangat populer karena teksturnya yang lebih lembut.

Biasanya, minari digunakan dalam sup, terutama sup ikan pedas Korea populer yang disebut Maeuntang. Rasa segar dari sayuran akan menawarkan keseimbangan pada kuah kental dari ikan berlemak dan usus yang dicampur dengan gochugaru dan gochujang, atau pasta cabai. Minari juga bisa dipanggang dan disajikan sebagai pelengkap perut babi.

3. Jadi Sajian Kerajaan Sejak Jaman Joseon

Minari sudah disajikan kepada keluarga kerajaan di Dinasti Joseon pada tahun 1392-1910.

Koki pemenang penghargaan Cho Hee-sook dari Hansikgonggan, yang telah diakui oleh Michelin Guide Seoul dan 50 Restoran Terbaik Asia, mengatakan juru masak di istana sering memilih minari setiap kali mereka membutuhkan sesuatu yang hijau di atas meja.

Sayuran tersebut dibuat menjadi jeon, sejenis pancake kecil, atau digulung dengan irisan tipis daging sapi.

“Ini benar-benar cocok dengan daging dan ikan, jadi mudah dipadukan dengan bahan apa pun untuk membuat hidangan dengan nada hijau. Anda juga bisa membuat kimchi dengan minari, dan itulah yang saya pikirkan untuk dilakukan tahun ini dengan paket yang baru saya dapatkan musim ini,” kata Cho.

Dia menambahkan batangnya banyak digunakan untuk makanan yang dimasak di istana sebagai hidangan penutup yang harus terlihat sederhana dan bersih. Namun, saat ini agar tampilan lebih alami, seluruh bagian minari digunakan.

4. Penjualan Meroket

Sejalan dengan pertumbuhan minat, pengecer telah melaporkan bahwa penjualan minari melonjak. GS The Fresh, jaringan supermarket yang dioperasikan oleh GS Retail, mengatakan penjualan minari dari 26 Februari hingga 9 Maret melonjak 170 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pengecer besar lainnya, Emart, mengatakan penjualan minari melonjak 42,4 persen dari 4 Maret menjadi 10 tahun ke tahun, sementara Lotte Mart melihat peningkatan penjualan sekitar 16,3 persen satu tahun dari 1 hingga 10 Maret.

GS The Fresh berspekulasi bahwa film tersebut dinominasikan atau memenangkan begitu banyak penghargaan di festival film ternama telah memberikan kontribusi kepada orang-orang yang lebih memperhatikan tanaman tersebut.

Oleh karena banyak konsumen membeli minari untuk dipanggang dan dinikmati dengan perut babi, pengecer menjalankan promosi yang menawarkan 300 orang pertama yang membeli perut babi dan minari bersama-sama kesempatan untuk memenangkan dua tiket film Minari.

Perusahaan saudaranya GS25, jaringan toko serba ada, juga mulai memasok pabrik.

5. Minari di Restoran

Jika Anda lebih suka mencoba minari yang disiapkan oleh seorang profesional, berikut adalah daftar beberapa tempat di mana dapat memesan tanaman tersebut:

- Salah satu restoran paling terkenal adalah Daeji Sikdang di daerah Euljiro di Distrik Jung pusat Seoul. Restoran yang terkenal dengan samgyeopsal, atau perut babi, menyajikan dagingnya dengan tambahan minari. Anda bisa meletakkan seluruh tanaman hijau tersebut di atas panggangan panas untuk dimasak tepat di sebelah daging sehingga lemak yang keluar dari daging melapisi sayuran.
Teksturnya yang renyah dikombinasikan dengan aromanya yang segar berfungsi sebagai pembersih langit-langit mulut.

-Di Distrik Gangnam, Seoul Selatan. Anda bisa pergi ke Daewoo Sikdang. Ini menyajikan budae jjigae yang juga dikenal sebagai sup tentara, karena hidangan tersebut berasal dari restoran yang terletak di dekat pangkalan militer AS di Korea.

Rebusan berisi semua jenis daging olahan seperti spam dan sosis, lalu campuran dari apa yang banyak tersedia di pangkalan militer sekitar setengah abad yang lalu.
Restoran tersebut menambahkan sentuhan uniknya dengan menambahkan minari di atas sup untuk menyeimbangkan rasa yang kaya.

-Deungchon Kalguksu adalah jaringan restoran yang menyajikan kalguksu pedas, atau mie potong pisau, yang direbus dengan minari. Restoran ini memiliki cabang di seluruh negeri dan menyajikan sup pedas yang direbus di meja, di mana Anda dapat menambahkan minari dan sayuran seperti jamur atau irisan tipis daging sapi mentah yang dimasak dalam sup mendidih.

6. Minari di Rumah

Membuat maeuntang dengan minari itu mudah, cukup tambahkan tanaman tersebut yang telah di cincang ke dalam kaldu dan biarkan masak sekitar satu menit.

Jika Anda ingin memasak sesuatu yang lebih lembut, cobalah membuat jeon dengan minari. Tambahkan air ke buchim garu, atau campuran pancake gurih, dan aduk minari cincang ke dalam adonan. Anda juga dapat menambahkan beberapa makanan laut jika ingin meningkatkan resepnya.

Resep lain yang mudah untuk dicoba di rumah adalah memanggang daging sapi yang diiris tipis dan kemudian membungkusnya dengan minari. Anda bisa memakan minari mentah jika sudah cukup lembut, atau rebus sebentar dalam air garam mendidih
 
Sebagai alternatif, ambillah minari yang sudah direbus lalu tumis dengan kecap untuk membuat banchan, lalu sajikan bersama ikan kecil, nasi dan sup khas Korea.

7. Mudah di Tanam

Anda juga bisa dengan mudah menanam minari di rumah, setelah membeli satu pak dari supermarket. Biasanya dijual dalam satu bundel, yang harus Anda biarkan terikat menjadi satu. Potong daunnya untuk dimakan lalu letakkan batangnya di wadah berisi air. Hanya dalam beberapa hari, daun baru akan mulai bertunas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayuran restoran korea
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top