kampanye tolak konsumsi daging anjing dan kucing./Antara
Kuliner

Kuliner Ekstrem di Soloraya Marak: Ada Sate Landak hingga Rica Bulus

Nugroho Meidinata
Sabtu, 17 April 2021 - 13:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Selain kekayaan budaya dan situasi kotanya yang cukup tenang, kawasan Soloraya ternyata juga memiliki beberapa kudapan ekstrem yang lazim ditemukan di sejumlah titik.

Kuliner yang paling terkenal barangkali RW alias Rica Waung (Anjing). Tetapi ada juga kuliner ekstrem lainnya yang menjadi santapan populer bagi warga Solo dan sekitarnya.

Beruntung, pemerintah daerah mulai membatasi peredaran kuliner ekstrem. Baru-baru ini pemerintah kembali melarang peredaran daging anjing untuk konsumsi di wilayah Sukoharjo dan Karanganyar.

Berikut ini deretan kuliner ekstrem yang ada di Soloraya, sebagaimana dikutip dari Solopos.com.

1. Rica-rica Bulus

Di Wonogiri, Jawa Tengah ternyata juga terdapat kuliner ekstrem berupa olahan labi-labi atau bulus air tawar liar. Bulus air tawar ini diolah menjadi rica-rica di Warung Zolebho, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Wonogiri.

Warung ini cukup mudah ditemukan, yakni tak jauh dari Pasar Ngadirojo. Menu andalan dari warung ini tentunya rica-rica bulus dan juga bulus goreng. 

Selain itu, bulus di warung ini juga diolah menjadi sup.

Sebagaimana telah diberitakan Solopos.com sebelumnya, kuliner ekstrem di Soloraya ini mirip kikil atau olahan kulit sapi. Teksturnya dari daging bulus ini kenyal tetapi lembut.

2. Sate Landak

Di daerah wisata Tawangmangu, Karanganyar terdapat salah satu kuliner yang cukup ekstrem bagi beberapa orang, yakni sate landak.

Salah satu penjual sate landak di Tawangmangu adalah Sukatno. Warung miliknya yang berada di Jl Matesih-Tawangmangu KM 2 ini menyajikan menu andalan berupa sate landak yang harganya di 2011 sekitar Rp30.000.

Bukan hanya sate landak, di warung ini juga terdapat aneka kuliner ekstrem lainnya, seperti sate kalong, biawak hingga tupai.

Bagaimana kamu berani mencobanya?

3. Ular Kobra Goreng

Kuliner ekstrem di Soloraya ini berlokasi di Kedai Exstrim di Sidorejo, Kemiri, Mojosongo, Boyolali.

Warung ini khusus menyajikan beberapa kuliner yang tak lazim, salah satunya adalah ular kobra goreng. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Solopos.com, ular kobra goreng ini dihargai cukup murah, yakni Rp10.000 saja per porsi.

Selain digoreng, ular kobra juga diolah menjadi rica-rica. Tak hanya itu, ada pula olahan ular lainnya, yakni rica sanca, sanca gorng hingga sanca penyet. Harganya pun sama, Rp10.000.

Di warung ini kamu juga bakal menemukan menu ekstrem lainnya. Beberapa di antaranya adalah olahan kuda, kodok yang diolah menjadi swike, biawak, walang, tokek, bajing, hingga bulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : Solopos.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro